Teknik Elektro

teknik elektro

teknik elektro

Teknik elektro – Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya di dalam kehidupan sehari-hari. Di jurusan ini akan dibekali dengan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Anda juga akan banyak mengkaji metode pembangkit dengan sumber daya baru, metode penyimpanan energi, dan metode pemeriksaan penghematan energi.

Baca Juga: Sistem Komputer

Teknik Elektro

teknik elektro

Dalam jurusan ini mempunyai beberapa hal yang diajarkan agar mendapat pengetahuan dan keahlian dalam bidang tertentu.

  1. Pengetahuan dan Keahlian
  2. Kebisaan mendesain sistem
  3. Kebisaan eksperimen
  4. Kebisaan melakukan analisis
  5. Kebisaan memecahkan masalah bidang rekayasa teknik
  6. Pemamhaman matematika
  7. Pemahaman fisika

Jurusan Teknik Elektro

teknik elektro

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknik Elektro.

  1. Seseorang dengan kualifikasi pendidikan Teknik Elektro sangat diperlukan hampir di seluruh bidang industri untuk mengatasi beragam masalah kelistrikan dan sistem peralatan elektronik.
  2. Lulusan jurusan ini banyak diperlukan oleh banyak perusahaan untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik. Anda tak perlu khawatir akan prospek kerja jurusan ini.
  3. Pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi yang semakin pesat perlu perlindungan sumber energi manusia yang mumpuni. Meski saat ini lebih dari satu Perguruan Tinggi terasa menawarkan jurusan Teknik Telekomunikasi, keperluan pakar di bidang ini tergolong tinggi.
  4. Perusahaan-perusahaan dengan suplai tenaga listrik besar seperti pada industri minyak dan gas sangat memerlukan lulusan dari Teknik Elektro.
  5. Anda yang gemar melakukan eksperimen juga bisa bekerja di laboratorium untuk melakukan serangkaian tes pada desain baru dari suatu penemuan di bidang rekayasa teknik.

Prospek Kerja

Bidang yang paling terkenal di Teknik Elektro ialah tenaga listrik (arus kuat). Tak heran banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri energi dan tenaga listrik sebagai target utama. Meski demikian, prospek kerjanya terbilang sangat luas.

Hampir seluruh industri perlu Sarjana Teknik Elektro, terasa dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, juga bio engineering. Lulusan Teknik Elektro yang bekerja di industri telekomunikasi misalnya, memegang peran penting di dalam melakukan kodefikasi informasi menjadi tanda listrik. Selain itu, lembaga pemerintah seperti Kementerian ESDM juga perlu lulusan jurusan ini.

Luasnya prospek kerja lulusan Teknik Elektro juga diimbangi dengan bervariasinya jenjang karier yang ditawarkan. Dengan bekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada biasanya rata-rata gaji awal lulusan ini berada pada kisaran Rp5.000.000. Besaran ini tentu sangat tergantung pada kebisaan, pengalaman yang dimiliki, juga tempat tempat bekerja. Berikut lebih dari satu pilihan karier yang bisa anda geluti:

  1. Product Manager
  2. Bagian Perencanaan Produk Otomotif
  3. Perancang dan Teknisi Mesin
  4. Teknisi dan Operator Pabrik
  5. Teknisi Robot (Robot Engineer)
  6. Dosen

Di jurusan ini, anda akan berkutat dengan aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnet selama 4 tahun atau 8 semester supaya bisa lulus menyandang gelar Sarjana Teknik. Secara umum, ada tiga bidang yang menjadi fokus di jurusan ini, yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi. Bidang teknik tenaga listrik terjalin dengan pembangkitan dan transmisi energi listrik dari satu tempat ke tempat lain.

Jadi, anda akan belajar langkah membangun sistem distribusi tenaga listrik. Sedangkan bidang elektronika fokus pada material di beragam konfigurasi atau struktur yang bisa menyesuaikan aliran listrik. Teknik telekomunikasi fokus pada upaya rekayasa di dalam mengirim informasi dari satu titik ke titik lain. Selain ketiga bidang tadi, anda bisa juga menentukan teknik sistem kendali, teknik instrumentasi, atau lainnya sesuai dengan yang fokus kajian di kampusmu nanti.

Mata kuliah yang akan anda jumpai di bangku perkuliahan antara lain Rangkaian Listrik, Medan Elektromagnetik, Mikroprosesor, Sistem Kontrol, Sistem Telekomunikasi, Teknik Digital, Bahan-bahan Listrik, Pengukuran Beban Listrik, Konversi Energi, dll. Jika anda menginginkan melanjutkan belajar ke jenjang pascasarjana tentu saja bidang kajiannya akan makin lama spesifik. Anda tinggal menentukan universitas yang sesuai dengan minatmu, bisa di di dalam atau di luar negeri.

Nah, itulah sedikit informasi tentang teknik elektro yang merupakan salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja besar dan luas. Semoga anda dapat terbantu tentang informasi di atas dan terima kasih sudah membaca.

About Neizam Taufiq

Menulis atau memberi informasi adalah salah satu hal yang bisa membuat seseorang dikenal oleh orang lain. Tulisakan apa yang ingin dituliskan dan lakukan apa yang ingin di lakukan.

View all posts by Neizam Taufiq →