7 Daftar teh untuk menurunkan berat badan paling efektif

Diet
teh untuk diet
image via www.maxpixel.net

Daftar teh untuk menurunkan berat badan yang perlu Anda ketahui dimana diantara ke semua jenis teh ini mampu membakar lemak. Melakukan olahraga ke gym menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membakar kalori lebih banyak. Sehingga dianggap sebagai satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi tahukah Anda jika selain melakukan olahraga mengkonsumsi minuman atau makanan tertentu ternyata sangat baik untuk menunjang program diet anda?.

Salah satu minuman yang sangat baik dikonsumsi saat Anda mencoba untuk diet adalah teh. Teh merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Bahkan, para ilmuwan telah membuktikan bahwa teh memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan kulit. Salah satu manfaat yang paling utama adalah mencegah penyakit jantung serta membantu menurunkan berat badan.

 

Teh untuk menurunkan berat badan

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman alami yang membantu penurunan berat badan. Bahkan mengkonsumsi teh hijau secara rutin dianggap sebagai metode menurunkan berat badan yang sangat baik. Ekstrak dari teh hijau mengandung katekin tingkat tinggi yang merupakan antioksidan alami untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Senyawa bioaktif seperti kafein dan EGCG dalam teh hijau juga memiliki efeka baik dalam metabolisme tubuh. Sehingga mengkonsumsi teh hijau menjadi salah satu cara terbaik untuk melakukan diet.

2. Teh jujube

Jujube merupakan salah satu jenis teh yang cukup unik dimana diantara salah satu manfaatnya adalah untuk menurunkan berat badan. Teh ini sebenarnya dinamai dari sebuah kota di provinsi Yunnan China. Teh jujube merupakan salah satu jenis teh hitam Cina. Teh jujube dihasilkan dari fermentasi melalui reaksi kimia antara bakteri menguntungkan dan proses pengeringan daun teh di bawah sinar matahari.Teh jujube membantu melepaskan lebih banyak lemak dalam darah untuk diubah menjadi energi sehingga sangat membantu sekali dalam menurunkan berat badan.

3. Teh hitam

Mirip dengan teh hijau atau teh putih, teh hitam mengandung banyak nutrisi yang memiliki efek menguntungkan terutama untuk menurunkan berat badan. Teh hitam kaya akan antioksidan flavonoid yang juga dikenal sebagai polifenol. Antioksidan ini memiliki banyak sekali kegunaan utamanya adalah membantu proses penurunan berat badan. Kandungan polifenol dalam teh hitam juga mempromosikan produksi asam lemak rantai pendek sekaligus meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Manfaat teh hitam yang tidak kalah penting lainnya adalah membantu mengurangi gula darah yang pada gilirannya juga sangat berperan penting dalam menurunkan berat badan.

4. Teh Oolong

Teh oolong merupakan salah satu teh tradisional Cina dengan aroma buah dan rasa yang unik. Teh ini bermanfaat mengurangi berat badan dengan cara melakukan pembakaran lemak di dalam tubuh. Kandungan nutrisi yang disebut Ophthalmic polyphenol di dalam teh oolong berguna menjaga metabolisme yang baik serta membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, kandungan kafein dalam teh ini juga berguna meningkatkan metabolisme dan membakar lemak dalam tubuh.

5. Teh putih

Meskipun tidak sepopuler teh hijau dan teh hitam, teh putih juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting dari kedua jenis teh tersebut. Teh putih dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita sekaligus menghancurkan sel kanker. Ini menjadi salah satu alasan bagi anda untuk sering mengkonsumsi teh putih dibandingkan hanya sekedar mencari manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

6. Teh daun Afrika

Teh daun Afrika merupakan salah satu teh yang mungkin sedikit asing bagi anda. Meskipun teh ini tidak begitu terkenal, akan tetapi manfaatnya ternyata sangat banyak sekali untuk kesehatan. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa teh Afrika mengandung bahan alami yang membantu menurunkan berat badan secara efektif. Seperti halnya jenis teh lainnya, teh Afrika juga mengandung antioksidan penting seperti aspalathin dan nothofagin yang berfungsi menghilangkan radikal oksigen berbahaya yang dapat merusak DNA.

7. Teh Matcha

Ingin mencoba menurunkan berat badan? cobalah dengan rutin mengkonsumsi teh matcha. Teh ini sangat rendah kalori sekaligus baik untuk menurunkan berat badan. Mirip dengan teh hijau, teh matcha memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti EGCG. Antioksidan tersebut mendukung penyebaran racun sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat teh matcha sangat baik sekali untuk menunjang program diet anda.

Nah dari daftar ke 7 teh untuk menurunkan berat badan di atas mana yang menurut anda paling memberikan banyak manfaat?. Salah satu tips diet sehat adalah memilih bahan alami yang memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bagi kesehatan anda secara keseluruhan.