Tanaman Sayuran yang Diambil Manfaatnya pada Bagian Bunga

Posted on

tanaman sayuran yang diambil manfaatnya pada bagian bunga

Tanaman Sayuran yang Diambil Manfaatnya pada Bagian Bunga – Sayuran yang ditanam tujuannya yakni untuk dimanfaatkan bagian-bagiannya sebagai keperluan bahan makanan. Oleh karena itu, tanaman sayur bisa dibedakan menurut bagian yang bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. 10bet

Pembagian jenis tanaman sayuran menurut morfologi yang bisa dimanfaatkan yaitu sayuran daun, sayuran buah, sayuran bunga, sayuran akar atau umbi, sayuran batang dan tangkai. Namun, pada artikel kali ini kami hanya akan membahas mengenai tanaman sayuran yang diambil manfaatnya pada bagian bunga saja.

Bunga atau dikenal juga dengan kembang adalah alat reproduksi pada tumbuhan berbunga magnoliophyta dan angiospermae, (tumbuhan berbiji tertutup). Terdapat benang sari dan putik di dalam bunga. Pada tanaman sayur berbunga yang kerap dimanfaatkan untuk dimasak dan dimakan yaitu bunganya.

Lantas apa saja tanaman sayuran yang diambil manfaatnya pada bagian bunga? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Tanaman Sayuran yang Diambil Manfaatnya pada Bagian Bunga

1. Bunga Turi

Turi adalah pohon kecil yang tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pohon turi juga mempunyai bunga atau umum disebut kembang turi yang kerap diolah masyarakat menjadi beragam menu masakan, seperti pecel, lalapan sampai aneka tumisan.

Tidak hanya berbentuk unik, tumbuhan yang mempunyai nama lain sesbania grandiflora ini juga mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan. Kembang turi ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C hingga Folat yang dinilai bermanfaat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. خوارزمية الروليت

tanaman sayuran yang diambil manfaatnya pada bagian bunga

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang masih dari keluarga tanaman kubis. Sampai sekarang ini, sayuran ini dikenal sebagai sumber makanan yang memiliki kandungan berbagai jenis nutrisi dan gizi. Terlebih, brokoli juga diketahui sebagai sayuran dengan nutrisi tinggi.

Brassica oleracea atau brokoli ini kaya akan beragam nutrisi, khususnya vitamin dan mineral. Termasuk juga kandungan gizi berupa fitonutrien yang mempunyai banyak khasiat kesehatan bagi tubuh. Sayuran hijau yang berbentuk seperti pohon kecil ini termasuk dalam kategori sayuran bernutrisi tinggi.

tanaman sayuran yang diambil manfaatnya pada bagian bunga

3. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran yang masih masuk ke dalam keluarga kubis-kubisan. Selain itu, kembang kol merupakan sayuran yang memiliki kandungan berbagai macam serat dan vitamin B. Kembang kol juga memiliki kandungan senyawa tanaman unik yang mampu mengurangi risiko sejumlah penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Sayuran sejenis kembang kol memiliki kandungan zat-zat alami yang melindungi lengkungan dan cabang pembuluh darah. Sebab, daerah tersebut yang paling rentan terhadap peradangan, sehingga zat tersebut mampu menjadi pelindung jantung yang kuat.

Kembang kol mudah untuk dijumpai dan diolah menjadi beragam menu makanan. Sayuran satu ini cukup tinggi serat sehingga mampu menunjang fungsi pencernaan sehat.

Baca Juga: Manfaat Biopori Bagi Lingkungan

tanaman sayuran yang diambil manfaatnya pada bagian bunga

4. Tebu Telur

Bunga Tebu atau umum disebut Tebu Telur merupakan termasuk jenis sayur-sayuran. Namanya dalam bahasa latin yaitu Saccharum edule Hasskarl. Jika di Jawa, Tebu Telur disebut Tiwu Endog atau Terubus.

Sementara di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur terkenal dengan nama Tebu Endog atau Tebu Terubuk. Hal yang menyebabkan bunga tebu ini disebut dengan nama Tebu Telur, yaitu karena teksturnya mirip dengan telur ikan.

5. Bunga Bawang

Bunga bawang mempunyai aroma dan rasa yang mirip kucai, namun batangnya lebih renyah. Sayuran yang satu ini kaya kalium, serat, dan zat besi. Sehingga, sayuran ini baik untuk penderita diabetes dan penyakit jantung.

Bunga bawang juga dapat diolah menjadi menu masakan yang sangat lezat, lho. Anda dapat mengolah bunga bawang menjadi masakan kuah santan atau masakan tumis dan dimasak bersama tempe, tahu atau ikan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Kunyit di Tangan

6. Bunga Pepaya

Walaupun bunga pepaya memiliki rasa yang sedikit pahit, namun banyak orang yang begitu menyukai bunga satu ini. Bunga pepaya dapat diolah menjadi menu masakan tumis yang sangat menggugah selera. Ditumis dengan ikan teri, udang, daun pepaya, atau bumbu terasi, bunga pepaya akan terasa semakin mantap.

Namun, tidak semua jenis bunga pepaya dapat dikonsumsi. Bunga pepaya yang memiliki rasa ramah di lidah yaitu bunga pepaya gantung. Ciri bunga pepaya gantung yaitu bunganya kecil-kecil, jumlahnya banyak, dan umumnya menggantung di dekat pangkal batang daun.

7. Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang mempunyai warna merah muda berbentuk kuncup sepanjang jari telunjuk. Selain itu, bunga kecombrang mempunyai cita rasa yang khas dan cukup asam. Bunga kecombrang biasanya dimasak menjadi masakan tumis, campuran sambal, dan masakan berkuah. افضل موقع مراهنات عربي

Baca Juga: Budidaya Ayam Kampung

8. Bunga Genjer

Sayuran yang juga diketahui dengan nama paku rawan ini memiliki bentuk yang mirip dengan tanaman eceng gondok. Namun, tanaman satu ini tidak mengapung di permukaan air. Umumnya dijumpai di dekat perairan dangkal atau di sawah.

Batang genjer yang masih muda mempunyai tekstur renyah. Sedangkan batang dan daun yang telah tua cenderung pahit. Setiap batangnya memiliki kandungan kalsium, vitamin B, fosfor, dan serat tinggi.

Genjer sering kali disebut sebagai sayurnya orang miskin, sebab tergolong gulma yang tidak dibudidayakan. Hanya diolah oleh warga desa apabila tidak terdapat bahan makanan lainnya. Sayur ini umumnya diolah menjadi tumisan atau urap sayur.

Itulah berbagai tanaman sayuran yang diambil manfaatnya pada bagian bunga. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah pengetahuan Anda.

Pencarian terkait:

  • sayur kembang turi language:id