Tanaman Kubis

Posted on

Eh, kalian ada yang sudah pensiunan belum nih? Kalau iya nih, coba deh lihat peluang bisnis yang satu ini, yaitu budidaya kubis! Iya, beneran kubis, bukan semangka atau mangga.

Kenapa sih harus budidaya kubis?

Budidaya Kubis

Dengar-dengar sih, kubis ini memiliki permintaan yang cukup tinggi di pasaran, terutama di mall-mall besar. Selain itu, kubis ini juga tahan lama dan mudah diolah, jadi gak perlu khawatir kalau nggak laku di pasaran atau cepat basi.

Cara budidayanya gimana?

Nah, untuk budidaya kubis sendiri cukup mudah lho! Kita hanya perlu menyiapkan lahan yang cukup dan biji-biji kubis yang berkualitas. Tapi jangan lupa ya, untuk menjaga kualitas kubis-mu, pastikan untuk memuaskan kebutuhan air dan pupuknya. Jangan sampai kurang atau kelebihan, nanti malah bikin sakit hati kubis-kubis kita.

Berapa sih modal yang dibutuhkan?

Kalau soal modal sih, bisa disesuaikan dengan kapasitas produksi yang kamu inginkan. Tapi, kira-kira modal yang dibutuhkan dalam satu kali produksi minimal 5 jutaan. Tapi tenang, kalau usahamu berkembang, modal yang kamu keluarkan juga akan semakin bertambah, tapi untungnya juga akan semakin melimpah. Jadi, harus tetap semangat ya!

Ada tips-tips lagi nggak?

Tentu saja ada! Selain menjaga kualitas air dan pupuk yang diberikan, pastikan juga untuk menjaga kebersihan lahan budidaya. Kita gak mau dong kubis kita jadi sarang penyakit dan hama. Selain itu, jangan ragu untuk membuat jaringan dengan pengepul atau distributor kubis, agar produk kita bisa lebih mudah laku di pasaran. Oiya, kalau sudah mulai ada orderan, jangan sampai nggak bisa memenuhi permintaan ya. Kita harus siap untuk meningkatkan kapasitas produksi jika dibutuhkan.

Baca juga  Daun Tomat Menguning

Nah, itu dia sedikit informasi yang aku punya tentang peluang bisnis budidaya kubis untuk pensiunan. Jangan ragu untuk mencoba ya! Semoga sukses dan lancar selalu!

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *