Tanaman Kangkung Air

Posted on

Budidaya kangkung air adalah salah satu jenis budidaya sayuran yang cukup mudah dilakukan. Kangkung sendiri merupakan jenis sayuran yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Selain rasanya yang enak, kangkung juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Dalam artikel ini, akan dibahas tahapan cara budidaya kangkung air untuk hasil panen maksimal.

Syarat Tumbuh Kangkung Air

Kangkung Air

Sebelum menanam kangkung air, ada beberapa syarat tumbuh yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pertama, kangkung air membutuhkan air yang cukup. Tanah tempat menanam kangkung air perlu diberi air yang cukup. Kedua, jumlah sinar matahari yang cukup. Kangkung air membutuhkan sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Terakhir, pH tanah yang sesuai. Kangkung air membutuhkan pH tanah antara 6,5 hingga 7,5.

Persiapan Media Tanam

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang cocok untuk kangkung air adalah tanah yang subur dan kandungan airnya cukup. Sebelum menanam, dianjurkan untuk membersihkan lokasi penanaman dari gulma dan sampah lainnya. Hal ini dilakukan agar tanaman kangkung air bisa tumbuh dengan sempurna. Setelah itu, pembuatan bedeng. Buatlah bedeng dengan ukuran 1-1,5 meter dengan kedalaman sekitar 15-25 cm. Kemudian, isi bedeng dengan campuran antara tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.

Penanaman Kangkung Air

Penanaman Kangkung Air

Setelah bedeng selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menanam bibit kangkung air. Bibit kangkung air biasanya ditanam dengan menggunakan sistem triangel. Pertama, buatlah 1 buah lubang dengan jarak planting 10-15 cm, kemudian lubang tersebut diisi dengan bibit kangkung air. Setelah itu, buatlah lagi 1 buah lubang dengan jarak planting 25-30 cm. Lubang ini digunakan untuk memberikan jalan pengairan. Lakukan hal tersebut secara bergantian dan lanjutkan hingga seluruh bedeng terisi dengan bibit kangkung air.

Baca juga  Nama Latin Daun Bayam

Perawatan Kangkung Air

Perawatan Kangkung Air

Setelah penanaman, kangkung air membutuhkan perawatan yang intensif agar bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan panen yang maksimal. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan meliputi :

  • Pengendalian hama dan penyakit
  • Pemupukan
  • Pengairan
  • Pembersihan gulma

Panen Kangkung Air

Panen Kangkung Air

Setelah kurang lebih 30 hari, kangkung yang sudah ditanam bisa dipanen. Panen kangkung air dapat dilakukan secara bertahap. Cukup potong bagian pucuk kangkung yang sudah besar saja. Sebaiknya jangan memotong pucuk setiap tangkai karena akan membuat tanaman kangkung air menjadi lemah. Selain itu, juga akan mempercepat pertumbuhan daun-daun baru.

Itulah tahapan cara budidaya kangkung air yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba menanam kangkung air sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Baca tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *