Taji Ayam Jago

Posted on

Hari ini, saya ingin berbicara sedikit tentang ayam Burma atau Bima yang memang terkenal lincah. Saya menemukan sebuah gambar yang menunjukkan karakteristik dari ayam ini. Saya amat terkesan dengan penampilan mereka.

Penampilan Ayam Burma

Ayam Burma atau Bima merupakan jenis ayam jago yang mempunyai tubuh yang kecil dan ramping. Kaki mereka relatif panjang dan ramping, yang sangat membantu dalam menambah kecepatan dalam gerakan mereka.

Alasannya adalah karena ayam Burma sering digunakan dalam pertarungan ayam atau taji di Thailand, di mana mereka telah melatih ayam-ayam tersebut untuk bergerak yang cepat dan lincah untuk menang dalam pertarungan.

Ayam Burma atau Bima

Tahu kah Anda bahwa para peternak ayam Burma bahkan menunjukkan rasa bangga ketika ayam-ayam mereka memenangkan pertarungan di ajang-ajang taji? Tentunya ini tidak dapat dipahami oleh kebanyakan orang.

Dalam gambar yang saya temukan, terlihat ayam Burma tersebut mempunyai bulu yang indah dan tebal. Warna bulunya yang coklat kehitaman dengan sentuhan warna emas pada leher dan kepalanya memberikan kesan yang sangat elegan.

Pertarungan Ayam Burma

Sejarah pertarungan ayam tercatat di sejumlah situs sejarah dan dianggap sebagai seni dan budaya, khususnya di Thailand. Pertarungan ayam dulu merupakan pertarungan yang diadakan di kerajaan, dan para raja dan bangsawan diantara kerajaan tersebut bahkan mengambil bagian dalam ajang tersebut.

Namun, banyak aktivis yang telah memprotes kegiatan ini karena dianggap kejam dan sadis karena ayam-ayam tersebut harus melawan sampai mati. Beberapa negara seperti Inggris dan Amerika bahkan telah membatasi dan melarang pertarungan ayam.

Baca juga  40+ Cetakan Telur Rebus

Namun di Thailand dan beberapa negara lain, pertarungan ayam masih menjadi hal yang biasa dan bahkan dianggap sebagai hal yang prestisius. Bagi para peternak ayam Burma, taji adalah kegiatan kompetitif yang dianggap membanggakan dan menghasilkan uang.

Karakteristik Ayam Burma

Ayam Burma menjadi terkenal karena keterampilan bertarung mereka, tetapi mereka juga dijaga telurnya karena dianggap mempunyai gizi yang tinggi. Selain itu, ayam Burma juga menjadi burung hias karena penampilan mereka yang indah dan bulu-bulunya yang sangat menawan.

Ayam Burma memiliki karakteristik umum sebagai ayam jago, tetapi dengan pekerjaan seperti seorang prajurit (dalam taji), mereka mempunyai semangat juang dan ketangkasan yang luar biasa. Ayam Burma memiliki jumlah fibril otot yang lebih besar dari ayam jantan normal yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan lebih cepat dan lebih kuat.

Karakteristik lain dari ayam Burma adalah kekebalan tubuh yang sangat baik. Mereka tahan terhadap beberapa jenis penyakit ayam jago yang umum dijumpai di sebagian besar peternakan ayam di seluruh dunia. Oleh karena itu, mereka lebih disukai oleh peternak-peternak ayam jago yang ingin menghindari pengeluaran berlebihan dalam hal kesehatan ayam.

Kesimpulan

Namun, meskipun karakteristik ayam Burma yang merupakan daya tarik sendiri di kalangan peternak ayam jago, terlepas dari kecenderungan manusia untuk menyukai segala sesuatu yang berbeda dan tidak biasa, kita juga harus mempertanyakan kebijakan manusia untuk mengambil keuntungan dari pertarungan ayam ini yang dianggap kejam dan sadis. Sebaiknya kita menyeimbangkan antara aspek budaya dan kemanusiaan dalam memandang pertarungan ayam Burma.

Namun, dari segi penampilan, ayam Burma memang luar biasa elegan dan indah. Bagi para penggemar burung atau ayam hias, ayam Burma menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dimiliki. Saya sangat terkesan dan terpesona dengan karakteristik ayam Burma dan keahlian bertarungnya.

Baca juga  Nama Ayam Petelur

Baca artikel lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *