Tabel Kebutuhan Pakan Ayam Petelur

Posted on

Memiliki usaha peternakan ayam petelur tentunya harus memperhatikan kebutuhan pakan yang tepat agar ayam-ayam tersebut dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan telur yang sehat dan berkualitas. Oleh karena itu, penting bagi para peternak untuk menghitung kebutuhan pakan ayam dengan tepat agar dapat menghemat biaya dan menjaga kesehatan ayam dengan baik.

Pengertian Pakan Ayam Petelur

Ukuran Pakan Ayam Petelur

Pakan ayam petelur adalah campuran bahan pangan yang digunakan untuk memberikan asupan makanan pada ayam petelur agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pakan yang tepat akan membuat produksi telur semakin meningkat serta mempercepat pertumbuhan ayam petelur.

Menghitung Kebutuhan Pakan Ayam Petelur

Untuk menghitung kebutuhan pakan ayam petelur, peternak dapat menggunakan rumus sederhana sebagai berikut:

Kebutuhan Pakan Ayam Petelur Perhari = (Jumlah Ayam x Berat Ayam x Kebutuhan Pakan Ayam Petelur) / 1000

Dalam rumus di atas, diperlukan data sebagai berikut:

  • Jumlah Ayam: Jumlah total ayam petelur yang dimiliki oleh peternak
  • Berat Ayam: Rata-rata berat ayam petelur dalam satu kelompok
  • Kebutuhan Pakan: Jumlah pakan yang dibutuhkan oleh satu ekor ayam petelur perhari (biasanya 110-120 gram)

Contoh Penghitungan Kebutuhan Pakan Ayam Petelur

Misalnya peternak memiliki 1000 ayam petelur dengan rata-rata berat 1 kg dan kebutuhan pakan ayam petelur sebesar 110 gram perhari. Maka, kebutuhan pakan ayam petelur perhari dapat dihitung sebagai berikut:

Kebutuhan Pakan Ayam Petelur Perhari = (1000 ayam x 1 kg x 110 gram) / 1000 = 110 kg pakan perhari

Baca juga  16+ Telur Ikan Bandeng

Jenis Pakan Ayam Petelur

Jenis pakan ayam petelur dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Pakan Konsentrat: Jenis pakan ayam petelur yang berbentuk butiran atau pelet kering yang sudah mengandung nutrisi lengkap dan berkualitas. Pakan konsentrat tersebut biasanya terdiri dari biji-bijian seperti jagung, kedelai dan sorghum serta tambahan vitamin dan mineral lainnya.
  2. Pakan Serat: Jenis pakan ayam petelur yang berupa hijauan atau dedaunan seperti rumput, daun kacang atau jerami. Pakan serat mengandung serat kasar yang tinggi serta nutrisi alami lainnya sehingga baik untuk pencernaan ayam petelur.

Memilih Pakan Ayam Petelur yang Tepat

Memilih pakan ayam petelur yang tepat dapat mempengaruhi kesehatan dan produktivitas ayam petelur. Berikut adalah hal-hal yang dapat diperhatikan dalam memilih pakan ayam petelur yang tepat:

  • Memperhatikan kandungan nutrisi: Pastikan pakan ayam petelur yang dipilih mengandung nutrisi lengkap dan seimbang sesuai kebutuhan ayam.
  • Menghindari pakan yang kadaluarsa: Pastikan pakan ayam petelur yang diberikan masih dalam kondisi segar dan memiliki tanggal kadaluarsa yang masih cukup lama.
  • Memilih pakan yang disesuaikan dengan kondisi ayam: Setiap peternak memiliki kondisi dan kebutuhan ayam yang berbeda-beda, sehingga memilih pakan yang disesuaikan dengan kondisi ayam akan lebih baik.

Cara Memberikan Pakan Ayam Petelur

Untuk memberikan pakan ayam petelur, peternak dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah atau tempat pakan ayam yang bersih dan kering
  2. Pakan ayam petelur diberikan secara berkala, biasanya 2-3 kali sehari
  3. Pakan ayam petelur diberikan sesuai kebutuhan, disesuaikan dengan jumlah dan kondisi ayam petelur
  4. Pakan ayam petelur disimpan dalam tempat yang tertutup dan kering, hindari dari serangga ataupun binatang lain yang dapat memakan atau mencuri pakan ayam petelur
Baca juga  Bingkai Dari Bahan Cangkang Telur Dibuat Dengan Cara

Kesimpulan

Menghitung kebutuhan pakan ayam petelur merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh para peternak ayam petelur. Memilih pakan ayam petelur yang tepat juga mempengaruhi produktivitas dan kesehatan ayam petelur. Dalam memberikan pakan ayam petelur, perhatikan juga cara dan frekuensi pemberiannya untuk memastikan ayam petelur mendapatkan asupan makanan yang cukup sesuai kebutuhan.

Baca artikel lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *