susu jahe

Susu Jahe

Posted on

susu jahe

Susu Jahe – Susu jahe adalah salah satu minuman yang populer di Indonesia. Umumnya, minuman ini disajikan dalam kondisi hangat ini. Anda dapat menjumpai minuman ini di warung kopi atau angkringan di pinggir jalan.

Tidak hanya nikmat diminum saat cuaca dingin, susu jahe juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Susu jahe dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan mampu mencegah risiko penyakit jantung. Benarkah demikian?

Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis jahe untuk mendapatkan khasiat dari minuman ini. Dengan catatan, susu yang dipakai bukanlah susu kental manis maupun susu olahan, melainkan susu organik alias susu sapi murni.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa kandungan nutrisi penting dalam susu organik, seperti zat besi, omega-3, dan vitamin E, jauh lebih terjaga dibanding susu kental manis ataupun susu olahan.

Beragam nutrisi tersebut berperan penting dalam memberikan beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh. Sehingga, perpaduan susu organik dengan jahe pun mampu memberikan Anda manfaat kesehatan yang maksimal.

Lantas bagaimana cara membuat susu jahe spesial? Dan apa saja manfaat susu jahe bagi kesehatan tubuh? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

susu jahe

Cara Membuat Susu Jahe Spesial

Bahan-bahan:
  • 1 gelas susu cair murni, sekitar 250 ml
  • 100 ml air matang
  • 1 buah jahe ukuran sedang atau besar, cuci hingga bersih lalu geprek
  • 3 buah kapulaga
  • 3 buah cengkih
Baca juga  Rahasia Resep Martabak Mini Anti Gagal
Langkah-Langkah Membuat Wedang Susu Jahe:
  1. Langkah pertama, rebus susu cair sampai hangat dengan api kecil. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, rebus air dalam panci. Kemudian masukan semua rempah. Rebus sampai mendidih dan beraroma harum.
  3. Setelah itu, saring kemudian tambahkan susu hangat, aduk sampai merata.
  4. Jika Anda suka manis, Anda dapat menambahkan gula merah, madu, ataupun gula batu secukupnya. Sajikan dan nikmati wedang susu jahe selagi hangat.

Baca Juga: Ronde Jahe

Manfaat Minuman Ini bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu khasiat susu jahe yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Susu organik yang dipakai mengandung nutrisi, seperti kalsium, fosfor, omega-3, vitamin B12, vitamin A, riboflavin, protein, magnesium, kalium, seng, kolin, hingga selenium.

Sebagian dari nutrisi tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga memperkecil risiko terserang berbagai macam penyakit. Fungsi ini semakin maksimal optimal berkat adanya jahe yang memiliki kandungan senyawa bioaktif gingerol.

Senyawa ini mempunyai efek antioksidan dan antiperadangan yang besar sehingga mampu mencegah berbagai penyakit.

susu jahe

2. Mencegah Kanker

Susu jahe dipercaya mampu mencegah risiko penyakit kanker. Susu organik mempunyai kandungan omega-3 yang dipercaya mampu menurunkan penyebaran sel radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu, susu organik juga memiliki kandungan kalsium yang sangat berkhasiat dalam mengurangi risiko kanker usus besar dan rektum. Fungsi ini semakin maksimal dengan adanya jahe. Tanaman herbal satu ini memiliki kandungan komponen 6-gingerol yang berguna sebagai zat antikanker.

Baca Juga: Efek Samping Jahe

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Susu organik mengandung kalium yang tinggi, sehingga mampu membantu menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Alhasil, kandungan tersebut turut mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

Baca juga  Bumbu Kuah Bakso Ayam

Fungsi ini ditunjang dengan adanya tambahan jahe yang berdasarkan sejumlah penelitian, secara signifikan mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.

Sebuah studi lainnya juga mendapatkan hasil temuan yang membuktikan bahwa ekstrak jahe mampu menurunkan kadar kolesterol LDL, sama halnya dengan obat penurun kolesterol atorvastatin.

4. Menjaga Otot dan Sendi

Tidak hanya memiliki kandungan asam amino esensial yang membantu pertumbuhan otot, susu organik juga memiliki kandungan lemak jenuh. Lemak ini mampu menghindari penyusutan massa otot akibat dipakai sebagai energi.

Untuk jahe sendiri, berdasarkan sebuah penelitian, olahan jahe dalam bentuk ekstrak jahe dapat berkhasiat dalam meringankan nyeri sendi akibat osteoarthritis.

Baca Juga: Cara Membuat Teh Jahe

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi susu jahe juga berkhasiat untuk meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi dalam International Dairy Journal mengungkapkan bahwa susu memiliki kandungan nutrisi yang berperan penting meningkatkan fungsi otak serta menghindari penurunan fungsi otak seperti pikun.

Fungsi tersebut juga ditunjang dengan adanya jahe. Karena kandungan antioksidannya, jahe dinilai mampu melindungi tubuh dari peradangan kronis serta stres oksidatif, yang mampu mempercepat proses penuaan.

Rutin mengonsumsi minuman ini dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak, seperti Alzheimer.

Itulah cara membuat susu jahe beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba membuatnya sendiri di rumah.