Struktur Batang Jagung

Posted on

Pertama-tama, kita musti tau dulu nih perbedaan antara bunga sempurna dan tidak sempurna. Bunga sempurna biasanya punya kelamin yang lengkap baik jantan maupun betina. Sedangkan bunga tidak sempurna hanya punya kelamin satu saja.

Kalo bicara tentang tanaman, bunga ini sangat penting buat proses perkembangan tanaman sendiri. Bunga itu bisa membuat tanaman dapat berbiak dan berkembang secara seksual. Jadi, kalo ada yang bilang kalo bunga itu cuman untuk dekorasi aja, jangan percaya deh!

Nah, buat membedakan mana bunga sempurna dan tidak sempurna, ada beberapa ciri-ciri yang bisa diperhatikan. Untuk bunga sempurna, biasanya kelopak dan mahkota bunga lengkap dengan bagian jantan dan betina dari alat kelamin. Sementara untuk bunga tidak sempurna, biasanya cuman punya satu jenis kelamin aja.

Kalo masih bingung, bunga jagung ini bisa jadi contoh yang baik. Bunga jagung yang sempurna biasanya punya benang sari (alat kelamin jantan) yang panjang dan putik (alat kelamin betina) yang muncul di tengah-tengahnya.

Bunga jagung tidak sempurna, bagaimanapun, cuman punya benang sari atau putiknya saja. Tanpa satu yang lain. Kalo diperhatikan secara seksama, ternyata jagung seringkali menghasilkan bunga jantan di bagian atas dan bunga betina di bagian bawah.

Jadi, kalo kita mau lebih memahami tentang proses perkembangan tanaman dan bagaimana bunga berperan di dalamnya, perbedaan antara bunga sempurna dan tidak sempurna ini bisa menjadi referensi yang baik loh.

Nah, sekarang kita udah tahu perbedaan bunga sempurna dan tidak sempurna kan? Untuk lebih memperjelas lagi tentang perbedaannya, kamu bisa liat deh gambar-gambar yang ada di bawah ini.

Bunga Sempurna

Bunga jagung sempurna

Gambar di atas menunjukkan bunga jagung yang sempurna. Kelopak dan mahkota bunga lengkap dengan bagian jantan dan betina dari alat kelamin. Di tengah-tengahnya terdapat benang sari dan putik yang saling melengkapi.

Baca juga  Cara Buat Sup Jagung Telur

Bunga Tidak Sempurna

Bunga jagung tidak sempurna

Gambar di atas menunjukkan bunga jagung yang tidak sempurna. Bunga ini hanya memiliki satu jenis kelamin saja, entah itu benang sari atau putik. Tanpa satu yang lain.

Jadi, itulah perbedaan antara bunga sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang baik buat kamu yang ingin lebih memahami tentang dunia tanaman.

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *