Seni Bonsai

Posted on

Hai, teman-teman!

Ga sabar mau sharing nih tentang teknik unik dalam membuat karya seni bonsai dari kayu mati

foto kayu mati yang dicari-cari

Kali ini kita mau bahas nih tentang bonsai kayu mati yuk! Seni bonsai itu sendiri memang sudah terkenal banget sejak dulu, tapiisinya paling cuma spesies pohon-pohon mahal yang di-import gitu. Nah, kali ini kita mau bahas tentang bonzai yang lebih affordable alias bisa didapatkan dengan lebih mudah, yaitu dari kayu mati. Yang perlu diingat adalah, pada kesempatan kali ini ga akan membahas tentang teknik membuat bonsai secara keseluruhan, melainkan hanya teknik khusus yang diperlukan dalam membuat bonsai kayu mati.

1. Memilih jenis kayu yang tepat

foto kayu mati yang digunakan sebagai bahan bonsai

Kayu mati yang akan digunakan sebagai bahan bonsai harus dipilih dengan detail. Sebagai acuan umum, kayu yang dibutuhkan untuk membuat bonsai kayu mati adalah kayu yang sudah kering dan cukup kuat untuk ditekuk dan dibentuk sesuai keinginan kita. Sebagai referensi, kayu jenis cemara atau juniper bisa menjadi bahan yang cukup baik untuk bonsai kayu mati ini.

2. Menentukan bentuk dasar bonsai kayu mati

foto bonsai kayu mati yang dijadikan seni rupa hijau

Pertama-tama, bentuk dasar bonsai kayu mati harus ditentukan terlebih dahulu. Bentuk dasar ini akan menentukan bentuk akhir bonsai yang akan kita buat nanti. Dan ingat yah, saat menentukan bentuk ini pastikan bahwa kayu yang digunakan sudah sepenuhnya kering agar tidak mudah patah atau deformasi.

Baca juga  Bonsai Kawista Batu Juara

3. Menentukan Teknik Pemangkasan

foto teknik pemangkasan bonsai

Teknik pemangkasan yang benar adalah kunci sukses dalam membuat bonsai. Nah, untuk bonsai kayu mati, teknik pemangkasan sangat diperlukan agar bentuk bonsai bisa lebih terlihat natural. Cobalah gunakan teknik pemangkasan tumpul agar permukaan potongan kayu terlihat natural dan tidak terlalu bersih dan lurus. Jika ingin membuat bonsai dengan bentuk raw dan alami, tidak ada salahnya menggunakan teknik pemangkasan yang tumpul dan alami.

4. Teknik Menghitamkan Kayu

foto teknik menghitamkan kayu

Teknik menghitamkan kayu adalah tips yang wajib diingat jika ingin membuat bonsai kayu mati yang tampak natural, old school dan memiliki nuansa seni yang kuat. Untuk menciptakan efek hitam, kayu harus direndam dalam minyak saat kayu masih dalam keadaan lembap. Setelah itu, kulit kayu akan berubah warna menjadi hitam dan menampilkan tekstur kayu yang unik.

5. Menggunakan Warna-warna Kayu yang Berbeda

foto bonsai kayu mati dengan warna-warna kayu yang berbeda

Bonsai kayu mati bisa dibuat menjadi karya seni yang lebih menarik dengan menggunakan kayu yang memiliki warna dan tekstur yang berbeda. Dengan kondisi seperti itu, akan menambahkan tampilan yang lebih baik pada bonsai dan menciptakan nuansa seni yang lebih kuat lagi. Coba gunakan kayu yang memiliki tekstur dan warna yang kontras untuk menghasilkan bonsai kayu mati yang unik.

Nah, temen-temen itu tadi beberapa tips unik dalam membuat karya seni bonsai kayu mati. Semoga tips ini bisa membantu teman-teman dalam membuat bonsai kayu mati yang indah dan memiliki nuansa seni yang kuat. Selamat mencoba dan selamat menciptakan bonsai kayu mati cantikmu!

Baca postingan lainnya seputar Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *