Semangka Mengandung Vitamin?

Posted on

Semangka mengandung vitamin

Semangka mengandung vitamin – Warna merah yang ada pada buah semangka memanglah sangat menggiurkan, namun selain warnanya yang menggiurkan buah yang satu ini juga kaya akan air. Namun bukan itu saja.

Warna merah buah semangka berasal dari zat likopen yang tentunya memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuhmu. ivermectin vs. albendazole sdn

Secangkir semangka berisi potongan semangka yakni porsi yang dapat Anda konsumsi tiap hari.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai semangka mengandung vitamin beserta manfaatnya untuk tubuh yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Infus Water Jeruk Nipis

Semangka Mengandung Vitamin?

semangka mengandung vitamin
Sumber: https://assets.pikiran-rakyat.com/

1. Semangka Mengandung Likopen

Dengan mengkonsumsi buah semangka secara rutin ternyata dapat membantu meningkatkan fungsi dari organ jantung, hal itu dikarenakan buah semangka mengandung zat likopen yang bisa dilihat dari warna merah buah satu ini. Likopen kapabel menghindarkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Likopen juga berperan penting kepada tenaga tulang, sehingga mengkonsumsi semangka dapat mengurangi risiko osteoporosis. Hebatnya, likopen kapabel menekan risiko terserang kanker prostat, payudara, paru-paru, uterus, dan kolon.

2. Semangka Mengandung Potasium

Buah ini mengandung potasium tinggi yang kapabel mengurangi risiko serangan jantung, menolong menekan kolesterol, menolong sirkulasi darah, serta menjaga detak jantung. Khusus pada daya kerja tulang, potasium mempertahankan kalsium yang akan menjaga tulang-tulang Anda sehat dan kuat.

3. Semangka Mengandung Vitamin A

Cukup makan secangkir potongan semangka yang mengandung 46 kalori, karenanya Anda telah mencukupi 17% dari asupan vitamin A Anda tiap hari. Vitamin A baik untuk mata, kesehatan kulit, dan metode imun tubuh. barata ivermectin

4. Semangka Mengandung Vitamin C

Buah yang satu ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan hanya 1 cangkir jus semangka dapat membantumu mencukupi 20% kebutuhan vitamin C harian. Dengan demikian, metode imun Anda akan diperkuat, dan vitamin C ini melindungi tubuh Anda dalam melawan radikal bebas. Vitamin C juga memiliki peran penting dalam pengerjaan penyembuhan luka. para que sirve la ivermectina en gotas para humanos

5. Semangka Mengandung Vitamin B6

Buah semangka memiliki kandungan B6 yang cukup baik. Vitamin B6 betul-betul diperlukan untuk memproduksi sebagian zat kimia pada otak yang dapat mempengaruhi mood dan perilaku seseorang (serotonin, dopamine, neropinephrine dan gamma-amino butyric acid/GABA).

Ketimpangan akan hal-hal itu cenderung berujung pada mood yang labil, emosi, depresi, serta risiko terkena penyakit Parkinson. Selain itu, B6 kapabel menekan short-term memory, sehingga pantas untuk dikonsumsi oleh pelajar.

6. Semangka Mengandung Antioksidan

Mengonsumsi banyak buah semangka baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan di dalam buah semangka terkandung antioksidan yang membantu mencukupi vitamin C, zeaxanthine, beta karoten, serta lutein. Zat-zat tersebutlah yang akan membantu melindungi matamu dari berbagai gejala yang terkait dengan bertambahnya usia seperti misalnya glukoma dan juga rabun senja.

Itulah sebagian vitamin dan juga zat yang terkandung didalam semangka, dan berikut yakni sebagian manfaat yang dapat kau rasakan untuk kesehatan.

Baca juga: Buah untuk Darah Tinggi

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

semangka mengandung vitamin
Sumber: https://ecs7.tokopedia.net/

Mencegah Kanker

Didalam buah semangka ini terkandung likopen yang dinilai dapat membantu mencegah terjadinya kanker pada sistem pencernaan. Kandungan itulah yang akan membantumu menurunkan resiko terkena kanker dengan mengurangi kadar insulin-like growth factor yaitu protein yang juga terlibat dengan pembelahan sel. Tingkat dari insulin-like growth factor yang tinggi dinilai bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Likopen melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Senyawa ini berfungsi sebagai antiinflamasi dan juga antioksidan yang akan membantu mencegah degenerasi macula yang berkaitan dengan usia.

Mencegah Penyakit Asma

Semangka yakni sumber vitamin C yang betul-betul baik, yang menurunkan risiko asma dan penelitian menampakkan bahwa vitamin C memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Seseorang yang menderita penyakit asma dinnilai mempunyai kadar vitamin C lebih rendah yang ada didalam tubuh oleh karena itu ia mengalami gejala asma.

Meningkatkan Pencernaan

Didalam buah semangka juga terkandung banyak serat yang akan mendukung proses pencernaan yang sehat serta membantu mennjaga pergerakan ususmu agar lebih teratur.

Menurunkan Peradangan

Kandungan likopen serta vitamin C yang cukup tinggi dalam buah ini tentunya akan membantu meredakan peradangan yang terjadi serta kerusakan oksidatif.

Sebuah penelitian menampakkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya likopen dan vitamin C dapat menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh.

Baca juga: Efek Samping Natur-E

Demikian ulasan lengkap mengenai semangka mengandung vitamin serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga  Cara Membuat Es Potong Coklat Jaman Dulu