Sel Tumbuhan Bawang Merah

Posted on

Apa yang bisa kita lihat ketika melihat sel hewan dan tumbuhan di bawah mikroskop? Banyak hal yang menakjubkan di balik kecilnya dari segi ukuran. Sel adalah unit dasar dari kehidupan, dan tanpa sel, kehidupan sama sekali tidak mungkin ada.

Sel Hewan

Sel Hewan Pada Mikroskop

Sel hewan lebih kecil dibandingkan dengan sel tumbuhan. Sel hewan memiliki bentuk yang beragam dan tidak mempunyai dinding sel yang kaku seperti sel tumbuhan. Sel hewan dapat ditemukan pada berbagai organ dan jaringan pada hewan. Matanya, kulit, tulang, dan otot terdiri dari jutaan sel hewan yang bekerja secara bersama-sama untuk memastikan fungsi organ tersebut berjalan dengan baik.

Sel hewan memiliki organel sel dalam jumlah yang sedikit dibandingkan dengan sel tumbuhan. Mitokondria merupakan organel yang paling banyak terdapat pada sel hewan, karena bertanggung jawab untuk membuat energi untuk sel hewan. Sel hewan juga memiliki nukleus, yang merupakan bagian terpenting dari sel. Nukleus menjadi pengatur sel dan menentukan semua aktivitas yang dilakukan oleh sel tersebut.

Sel Tumbuhan

Sel Tumbuhan Pada Mikroskop

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang kaku dan terbuat dari selulosa. Ini membuat sel tumbuhan lebih kokoh daripada sel hewan. Bentuk sel tumbuhan juga lebih teratur dan simetris. Sel tumbuhan lebih besar daripada sel hewan, tetapi memiliki jumlah organel yang lebih banyak. Sel tumbuhan juga mempunyai kloroplas, yang bertanggung jawab untuk fotosintesis.

Sel tumbuhan juga mempunyai vakuola, yakni organel yang berperan dalam mengatur konsentrasi zat-zat elektrolit dalam sel. Vakuola mengatur konsentrasi air pada sel dan digunakan sebagai tempat penyimpanan sari-sari hasil fotosintesis. Sel tumbuhan juga memiliki nukleus, tetapi dinding sel yang kaku dan kloroplas membuat sel tumbuhan lebih kuat dibandingkan dengan sel hewan.

Baca juga  Resep Kue Bawang Kentang

Dengan menggunakan mikroskop, kita dapat belajar banyak tentang sel hewan dan tumbuhan. Dari mempelajari sel tersebut, kita dapat belajar bagaimana organ dan jaringan dalam tubuh manusia dan hewan berfungsi, dan layak untuk dipelajari. Keajaiban di balik kecilnya sel yang merupakan dasar kehidupan, membuka pemahaman manusia tentang bagaimana sel bekerja dan bagaimana kita dapat memelihara sel kita agar tetap sehat.

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *