Sejarah sepak takraw, Pengertian, Peraturan, dan ukuran lapangan

Sejarah sepak takraw
Sejarah sepak takraw
image cnnindonesia.com

Sepak takraw merupakan olahraga yang mirip dengan permainan bola voli tetapi menggunakan kaki. Olahraga ini bisa dikatakan merupakan perpaduan antara permainan sepak bola dan bola voli.

Di indonesia permainan takraw memang kurang begitu populer dan masih kalah jauh dengan sepak bola, bulu tangkis, atau permainan voli. Akan tetapi sebenarnya olahraga ini cukup menarik dan bisa melatih ketangkasan. 

Permainan sepak takraw dilakukan dengan cara menjaga agar bola tetap tidak jatuh menggunakan kaki. Permainan ini sangat dikenal di Malaysia dan Thailand dimana keduanya menjadi negara yang cukup mendominasi olahraga takraw.

Sekilas mengenai sepak takraw

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai sejarah sepak takraw ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan olahraga yang satu ini. Sepak takraw merupakan olahraga yang hampir mirip dengan sepak bola karena menggunakan kaki. Permainan ini juga sering dianggap sebagai voli kaki dan cukup populer di Malaysia dan Thailand.

Selain kaki, dalam permainan sepak takraw seorang pemain juga diperbolehkan menggunakan kepala, lutut, serta dada. Salah satu teknik yang paling umum untuk melakukan smash dalam permainan sepak takraw adalah dengan cara salto. 

Permainan takraw begitu dikenal di beberapa negara Asia Tenggara termasuk Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Di beberapa negara seperti Indonesia dan Singapura permainan ini disebut sebagai sepak takraw. Sedangkan di Malaysia terkadang olahraga sepak takraw juga disebut sebagai sepak raga.

Sejarah penemuan sepak takraw kuno

Permainan sepak takraw sudah dikenal sejak abad ke-15 masehi. Permainan sepak takraw pada awalnya diketahui telah ada dan sering dimainkan pada masa kesultanan Malaka. Bukti sejarah ini tertulis dalam teks yang berbahasa melayu dengan sebutan sejarah melayu.

Menurut sejarahnya, permainan bola takraw berawal dari sebuah kejadian ketika seorang raja melayu yang bernama Muhammad beserta anaknya yitu Sultan Mansyur Shah terkena lemparan bola yang terbuat dari rotan. Kejadian ini tidak sengaja dilakukan oleh seorang Tun besar yang merupakan anak dari Tun perak, dalam sebuah permainan yang disebut sepak raga.

Bola tersebut mengenai kepala sang raja hingga membuatnya terjatuh ke tanah. Kejadian ini tentu membuat sang raja menjadi sangat marah dan lantas menikam Tun besar tersebut. Peristiwa ini memicu kemarahan dari beberapa saudara Tun besar sehingga mereka merencanakan untuk melakukan balas dendam dengan membunuh sang raja. 

Akan tetapi usaha saudara Tun besar untuk membalas dendam berhasil digagalkan oleh Tun perak. Dia juga mengatakan bahwa Tun perak tidak akan mengangkat raja Muhammad sebagai pewaris sultan. Setelah itu, sultan Mansyur Shah dengan segera memerintahkan anaknya untuk pergi meninggalkan Malaka sekaligus mengangkat raja sebagai seorang pengusaha besar di pahang.

Selain di Malaka, sejarah sepak takraw juga bersumber dari negara Thailand khususnya di bangkok. Menurut sebuah sumber cerita ini dimulai pada tahun 1785 di sebuah kota wat Phra Kaeo di mana di kota tersebut ada sebuah bangunan yang menggambarkan sosok dewa dalam ajaran Hindu.

Di sana menggambarkan bahwa ada seekor kera yang diyakini sebagai hanuman memainkan sebuah permainan yang saat ini dikenal sebagai sepak takraw. 

Sejarah sepak takraw modern

Sejarah sepak takraw modern
Image scorum.com

Perkembangan sepak takraw modern dimulai dari tahun 1866 dimana pada waktu itu telah didirikan sebuah organisasi yang bernama Asosialisasi Olahraga Malaysia. Asosiasi tersebut telah membuat sebuah aturan dalam permainan sepak takraw. Aturan inilah yang nantinya digunakan dalam permainan sepak takraw modern.

Awalnya organisasi tersebut mengenalkan sebuah olahraga yang mirip dengan permainan bola voli akan tetapi menggunakan rotan sebagai bolanya dan dimainkan menggunakan kaki. Hingga akhirnya beberapa tahun kemudian olahraga ini menjadi cukup populer dan dimasukkan di salah satu materi pendidikan yang dicantumkan dalam kurikulum di beberapa sekolah malaysia.

Selain Malaysia, beberapa negara Asia Tenggara lainnya juga mulai mengenal olahraga sepak takraw tepatnya pada tahun 1940-an. Pada waktu itu permainan sepak takraw sudah memiliki aturan yang berlaku sehingga bisa dimainkan dengan lebih baik dan atraktif. Olahraga ini juga sudah dikenal dengan nama sepak takraw. 

Sepak takraw sebenarnya berasal dari dua bahasa yaitu sepak dan takraw, sepak merupakan bahasa melayu yang berarti menendang, sedangkan takraw merupakan bahasa thai yang merujuk pada sebuah bola yang terbuat dari anyaman. Jadi singkatnya sepak takraw juga bisa disebut sebagai menendang bola yang terbuat dari anyaman.

Sejarah sepak takraw dunia

Seiring meningkatnya ke populeran sepak takraw membuat olahraga ini mulai dikenal di beberapa negara khususnya Asia Tenggara. Olahraga takraw kabarnya pernah dipertandingkan dalam sebuah pesta di kawasan Asia Tenggara atau yang sering disebut sebagai SEAP Games (South Asia Paninsulars Games).  Event ini dilakukan setiap 2 tahun sekali dan diikuti oleh beberapa negara Asia Tenggara termasuk Thailand laos Malaysia dan Singapura.

Negara anggota SEAP Games mulai bertambah akibat terjadi perluasan area Asia Tenggara sehingga mencakup beberapa negara di sekitarnya seperti Indonesia, Brunei Darussalam dan Filipina. Selain itu, nama event olahraga ini juga sempat mengalami perubahan dari yang sebelumnya bernama SEAP Games menjadi SEA Games atau South Asian Games.

Selain di SEA Games permainan sepak takraw juga dipertandingkan dalam beberapa event olahraga seperti Asian Games. Ini menandakan bahwa kepopuleran sepak takraw sudah mulai menyebar khususnya di kawasan asia. Ada beberapa kejuaraan sepak takraw di antaranya adalah King’s Cup Thailand, World Woman Sepak Takraw Championship, World Youth Sepak Takraw Championship dan dan Merdeka Games. 

Pengertian sepak takraw

Setelah kita mengetahui mengenai sejarah awal mula sepak takraw menyebar ke seluruh dunia sekarang kita akan mencari tahu apa sih sebenarnya pengertian sepak takraw menurut para ahli. Berikut beberapa penuturan para ahli seputar olahraga yang satu ini:

Menurut prawirasaputra sepak takraw merupakan sebuah olahraga yang umumnya dilakukan oleh dua orang yang saling berhadapan dan dipisahkan dengan sebuah jaring yang disebut net. Setiap tim yang bertanding terdiri dari setidaknya 3 orang di mana satu diantara ketiganya bertindak sebagai tekong (pemain yang bertugas melakukan servis). 

Sedangkan menurut Darwis dan Basa permainan sepak takraw merupakan sebuah olahraga yang menggabungkan ketiga unsur olahraga lainnya seperti bola voli, sepak bola, dan bulu tangkis. 

Sedangkan menurut sulaiman pengertian sepak takraw adalah sebuah permainan yang menggunakan bola dari rotan.

Ukuran lapangan sepak takraw

Ukuran lapangan sepak takraw

Permainan sepak takraw menggunakan sebuah lapangan dengan bentuk persegi panjang di mana terdapat beberapa garis di bagian tengahnya. Secara umum lapangan sepak takraw memiliki dasar warna hijau dengan garis putih tebal. Bentuk lapangan ini sekilas hampir mirip dengan lapangan bulu tangkis.

  • Ketentuan ukuran lapangan sepak takraw standar adalah:
  • Lebar lapangan sepak takraw harus 6,1 m dengan panjang 13,42 meter.
  • Garis yang ada di lapangan sepak takraw biasanya memiliki ketebalan kurang lebih 5 cm.
  • Di lapangan sepak takraw terdapat dua buah lingkaran yang berada di tengah area masing-masing tim. Ukuran lingkaran ini memiliki diameter sekitar 61 cm.
  • Di dalam lapangan sepak takraw juga terdapat sebuah garis seperempat lingkaran yang digunakan untuk melempar bola saat tekong akan melakukan servis. Ukuran garis seperempat lingkaran tersebut memiliki jari-jari kurang lebih 90 cm.
  • Tinggi tiang net yang digunakan dalam permainan sepak takraw yaitu 1,55 m (untuk laki-laki) dan 1,45 m (untuk perempuan). Ukuran tersebut sama persis dengan tinggi net itu sendiri 
  • Jaring yang digunakan untuk net sepak takraw adalah sebuah anyaman nilon dengan diameter lubang sekitar 4 sampai 5 cm. 
  • Untuk bola yang digunakan dalam permainan sepak takraw merupakan sebuah anyaman yang bisa terbuat dari rotan atau plastik dengan ketentuan lingkaran 42-44 cm untuk putra dan 43 sampai 45 cm untuk putri. Bola tersebut rata-rata memiliki berat sekitar 170 hingga 180 gram untuk putra dan 150-160 gram untuk putri.

Peraturan permainan sepak takraw

Seperti halnya kebanyakan jenis olahraga lainnya di dalam permainan sepak takraw juga terdapat beberapa peraturan untuk membuat permainan ini semakin menarik untuk dimainkan. Berapa peraturan sepak takraw tersebut diantaranya adalah:

Penskoran

Secara umum permainan sepak takraw dilakukan dengan format 3 kali kemenangan di mana masing-masing set atau game terdiri dari 21 poin, kecuali jika terdapat skor imbang 20-20 maka akan diadakan tambahan 2 poin dengan maksimal 25 poin. Khusus untuk set terakhir jumlah poinnya hanya 15 dan akan diberikan tambahan 2 poin jika masing-masing tim mengumpulkan 14 poin. Untuk maksimal skornya sendiri adalah 17 di set yang terakhir ini.

Pelanggaran dalam sepak takraw

Dalam permainan sepak takraw ada beberapa aturan main yang jika hal itu dilanggar akan membuat lawan mendapatkan poin di antaranya adalah:

  • Seorang pemain tidak boleh menerobos ke garis area lawan entah itu dilakukan dengan sengaja atau tidak.
  • Seorang pemain juga tidak diperbolehkan menyentuh net dengan alasan apapun.
  • Masing-masing pemain atau tim diperbolehkan memainkan bola sebanyak 3 kali dan tidak boleh lebih dari itu.
  • Servis harus dilakukan di area bulatan sedangkan pemberi umpan berada di garis seperempat lingkaran.
  • Seorang pemain dilarang memukul bola menggunakan tangan tetapi diperbolehkan melakukannya dengan kepala, kaki, atau dada.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →