Sejarah permainan baseball serta teknik bermain yang perlu kamu tahu

Sejarah baseball
Sejarah permainan baseball
image pixabay.com

Halo sahabat Profesor dalam postingan kali ini kita akan membahas mengenai olahraga baseball mulai dari sejarah dan teknik bermain. Meskipun di Indonesia olahraga baseball tidak begitu popular akan tetapi di Amerika hampir semua anak di sana pernah bermain baseball.

Olahraga di baseball memang cukup diminati di Negeri Paman Sam tersebut. Lantas Tahukah anda mengenai olahraga baseball tersebut? Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai olahraga yang satu ini ada baiknya kita mencari tahu Apa itu permainan softball.

Sekilas mengenai permainan baseball

Baseball merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola kecil. Olahraga ini umumnya dimainkan oleh 9 orang dalam satu timnya. Di Indonesia permainan baseball hampir mirip dengan kasti meskipun ada sedikit perbedaan dari sisi peraturan.

Dalam permainan baseball yang paling penting adalah tetap mempertahankan tim agar tetap menjadi batter atau tim pemukul bola. Jika sebuah tim tetap dalam posisi tersebut maka dia akan lebih mudah dalam mengumpulkan angka.

Sejarah permainan baseball

Tidak lengkap rasanya jika kita mengenal olahraga ini tanpa membicarakan sejarahnya. Sejarah permainan baseball dimulai pada tahun 1791 di mana permainan ini mulai dikenal luas di Amerika Serikat. Berita olahraga Inggris Hendry Chadwick pernah mengeluarkan statement pada tahun 1903 bahwa olahraga baseball awalnya dikenal di daratan Inggris dengan nama Rounders. 

Akan tetapi pernyataan ini dibantah oleh Albert spalding yang mengatakan bahwa permainan baseball pada mulanya ditemukan di Amerika Serikat. Ada bukti yang cukup kuat bahwa permainan baseball sebenarnya memang berasal dari daratan Amerika. Beberapa bukti tersebut mengungkapkan bahwa permainan baseball memang awalnya sering dimainkan di kota New York tepatnya di tahun 1823. 

Selain itu, klub baseball yang pertama kali diidentifikasi juga berasal dari Amerika Serikat yang bernama New York Knickerbockers yang dibentuk pada tahun 1845 tepatnya pada tanggal 23 September. 

Untuk menyelesaikan permasalahan mengenai dari mana asal mula permainan baseball dan siapa penemunya, akhirnya dibuatlah sebuah komisi yang dipimpin oleh Abraham Mills. Abraham Mills merupakan seorang presiden keempat dari Liga Nasional Baseball Profesional. Komisi ini telah bekerja selama kurang lebih 3 tahun untuk menyelesaikan kontroversi mengenai penemuan olahraga baseball tersebut.

Hasil temuan dari komisi tersebut menunjukkan bahwa permainan baseball ditemukan oleh seorang bernama Abner Doubleday. Dengan temuan ini maka Abner dinobatkan sebagai Bapak olahraga baseball.

Olahraga baseball juga memiliki organisasi induk yaitu IBAF atau Internasional Baseball Federation. Federasi Baseball Internasional ini dibentuk pada tahun 1938 yang bertujuan mengatur berbagai macam keperluan olahraga baseball mulai aturan main dan pengadaan event olahraga ini.

Terlepas dari lika-liku sejarah permainan baseball akan tetapi olahraga ini masih menjadi favorit bagi kebanyakan warga Amerika Serikat. 

Sejarah baseball di Indonesia

Permainan baseball pertama kali masuk di Indonesia pada tahun 1960. Akan tetapi hingga saat ini masih belum ada informasi resmi mengenai siapa pencetus awal permainan baseball di Indonesia. Menurut kabarnya permainan baseball dibawa oleh para penjajah hingga membuatnya dikenal sampai saat ini.

Meskipun mungkin sedikit berbeda akan tetapi di Indonesia permainan baseball bertransformasi menjadi olahraga lain yang mungkin lebih dikenal dengan istilah kasti. Permainan kasti secara umum berbeda dengan baseball akan tetapi masyarakat Indonesia lebih mengenal olahraga ini dibandingkan dengan baseball itu sendiri.

Olahraga baseball di Indonesia mungkin masih kurang begitu populer dan hanya sedikit saja yang memainkannya. Permainan kasti di Indonesia sering dimainkan oleh anak-anak SD, SMP, hingga SMA. Olahraga ini juga masih belum masuk olahraga profesional sehingga masih kurang diminati terutama bagi orang dewasa.

Teknik dasar bermain baseball

Ada beberapa teknik dasar yang perlu Anda ketahui sebelum bermain baseball, diantaranya sebagai berikut:

Teknik dalam memegang stick

Ini merupakan salah satu teknik bermain baseball yang cukup penting. Teknik dasar ini akan membantu anda dalam memukul bola dengan maksimal. Selain itu, dengan teknik memegang stick yang baik akan mengurangi resiko cedera saat bermain baseball. Caranya Anda harus memegang stik baseball dengan erat menggunakan kedua tangan. Memegang stik baseball dengan menggunakan kedua tangan akan membuat pukulan anda menjadi lebih kencang.

Teknik dalam melempar bola

Teknik melempar bola yang baik dalam permainan baseball tidak boleh anda remehkan. Dengan teknik yang benar maka lemparan bola anda akan bisa maksimal yang tentunya akan membuat bola sulit untuk dipukul lawan.

Seorang pitcher atau pelempar bola dalam permainan baseball harus melempar bola dengan cara mengayunkan tangan ke atas lalu melempar bola sekuat tenaga ke arah batter/pemukul.

Teknik dalam memukul bola

Dalam permainan baseball seorang pemukul bola harus cekatan dan memiliki refleks yang baik. Teknik memukul yang baik juga sangat diperlukan agar bisa mengenai bola secara tepat tepat. Salah satu trik untuk memukul bola adalah dengan tetap fokus dan mengarahkan badan ke arah pelempar bola. Baca juga artikel seputar Sejarah bola voli dunia dan Indonesia serta awal mula penemuannya

Teknik dalam menangkap bola

Di dalam olahraga baseball ada pemain yang bertugas menangkap bola yang disebut dengan catcher. Seorang catcher harus dapat menangkap bola dengan tepat caranya adalah dengan berusaha sedekat mungkin dengan bola. Kecepatan lari serta reflek sangat diperlukan pemain baseball yang bertugas sebagai catcher tersebut.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →