Sejarah futsal di dunia dan Indonesia serta awal ditemukannya

Sejarah futsal
Sejarah futsal

Futsal adalah olahraga yang mirip dengan sepak bola akan tetapi dengan peraturan yang sedikit berbeda. Ukuran lapangan futsal pun juga tidak sama dengan sepak bola standar.

Jika ukuran lapangan sepak bola standar paling tidak memiliki panjang 90 sampai 110 meter dan dengan lebar 45 sampai 90 m tetapi futsal memiliki ukuran yang lebih kecil.

Selain itu jumlah pemain futsal juga lebih sedikit dibandingkan dengan sepak bola. Lantas tahukah anda apa itu olahraga futsal dan bagaimana sejarah awal mulanya?

Mengenal permainan futsal

Futsal merupakan sebuah olahraga yang secara umum hampir sama dengan sepak bola akan tetapi memiliki jumlah pemain dan ukuran lapangan yang berbeda.

Dalam permainan futsal masing-masing tim biasanya hanya terdiri dari 5 orang saja. Jadi secara keseluruhan permainan futsal hanya terdiri dari 10 orang. Dalam permainan futsal kelincahan serta teknik dribbling sangat penting sekali.

Meskipun sekilas ukuran lapangan futsal jauh lebih kecil dibandingkan dengan sepak bola tetapi ternyata permainan ini jauh lebih menguras tenaga dibandingkan sepak bola. Hal ini dikarenakan dalam permainan futsal bola sangat jarang sekali keluar karena dibatasi oleh jaring. Selain itu, jumlah pemain yang sedikit juga membuat permainan futsal sangat membutuhkan energi yang ekstra. 

Sebenarnya dari namanya sendiri kata futsal merujuk pada sepak bola dalam bahasa portugis dan spanyol. Futsal sebenarnya berasal dari 2 kata yaitu futbol (sepak bola) dan sala(dalam ruangan). Jadi futsal bisa dikatakan adalah sepak bola yang dilakukan di ruangan tertutup atau indoor.

Sejarah futsal di Indonesia

Sejarah futsal di Indonesia diprakarsai oleh Ronny Pattinasarani di mana dia disebut sebagai pelopor olahraga futsal di Indonesia. Roni merupakan seorang pelatih yang memperkenalkan futsal kepada masyarakat sehingga membuat olahraga ini menjadi cukup populer di Indonesia.

Awalnya futsal dikenal di Indonesia pada tahun 1998 hingga tahun 1999. Akan tetapi pada waktu itu permainan futsal tidak sepopuler saat ini. Hingga pada tahun 2000 atas instruksi dari PSSI bung Roni sapaan akrab beliau pernah mengikuti sebuah pelatihan futsal yang diadakan di malaysia. Sejak saat itu permainan futsal mulai dikenal di Indonesia dan menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati terutama bagi kalangan muda.

Penyebaran permainan futsal di Indonesia awalnya terjadi saat bung Roni mendirikan sebuah SSB atau sekolah sepak bola. Selain itu, para pemain sepak bola timnas juga banyak yang bermain futsal sehingga membuat olahraga ini semakin populer.

Meskipun sudah semakin populer di Indonesia akan tetapi hingga saat ini futsal masih belum masuk menjadi salah satu olahraga profesional. Jadi permainan futsal hanya sebagai salah satu sarana olahraga. Ini merupakan salah satu PR  bagi PSSI dan juga dewan futsal nasional untuk membawa futsal menjadi salah satu olahraga profesional di Indonesia.

Sebenarnya jika berbicara mengenai prestasi Indonesia untuk olahraga futsal sudah cukup membanggakan dengan masuk ke peringkat 50 dunia. Selain itu, Indonesia juga pernah berhasil menjuarai federasi sepak bola ASEAN atau AFF futsal yang diadakan pada tahun 2010 lalu.

Federasi futsal Indonesia

Secara umum olahraga futsal masih di bawah naungan PSSI dengan cabang organisasi yaitu Federasi Futsal Indonesia atau FFI. Sebelumnya Federasi Futsal Indonesia awalnya bernama asosiasi futsal Indonesia atau AFI. Dengan adanya induk organisasi futsal tersebut maka diharapkan bisa membuat olahraga ini semakin populer.

FFI di bawah PSSI secara umum bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan berbagai macam event futsal yang diadakan di Indonesia. Salah satu kejuaraan futsal yang pernah diadakan oleh FFI adalah liga futsal profesional Indonesia. FFI saat ini baru saja mengadakan sebuah kongres futsal tahunan yang diadakan pada tanggal 30 november tahun 2017 lalu. 

Kongres tersebut telah dihadiri oleh sekitar 34 perwakilan Asosiasi Futsal Provinsi dan setidaknya 12 klub futsal profesional pria dan 8 klub futsal profesional wanita. 

Liga futsal profesional di Indonesia

Sampai saat ini setidaknya sudah sekitar 11 kompetisi futsal yang diadakan di Indonesia pada rentang waktu 2006 sampai 2007. Pada waktu itu Vamos Mataram berhasil merebut juara dengan mengalahkan Permata Indah Manokwari dengan skor 8-3. Pada tahun 2018 lalu liga futsal Indonesia juga digelar tepatnya pada tanggal 20 januari hingga 6 mei 2018.

Sejarah tim futsal Nasional Indonesia 

Tim futsal Indonesia pertama kali mengikuti ajang kejuaraan AFC pada tahun 2002. Akan tetapi sayangnya pada waktu itu tim futsal Indonesia tidak lolos di babak penyisihan. Akan tetapi di kejuaraan AFF tahun 2003 kemarin Indonesia memiliki prestasi yang cukup baik di mana tim futsal Nasional selalu masuk di urutan tiga teratas.

Tidak mau kalah dengan tim futsal pria, tim futsal Nasional wanita juga berhasil memenangkan piala AFF Futsal Club Cup yang diadakan pada tahun 2016 lalu dengan mengalahkan Thailand Khong Karena FC dengan skor 5-4. 

Peringkat futsal Indonesia

Pada tahun 2018 kemarin kan futsal Indonesia berada di peringkat 56 dunia. Di posisi tersebut Indonesia hanya terpaut 2 angka dari tim futsal Inggris yang masuk ke peringkat 54. Memang prestasi futsal Indonesia di kancah Internasional sedikit lebih baik dibandingkan dengan sepak bolanya. Untuk itu diharapkan PSSI agar lebih serius dalam mengenalkan futsal serta mempromosikan olahraga yang satu ini.

Sejarah futsal dunia

Sejarah futsal dimulai saat Juan Carlos Ceriani di Montevideo mempopulerkan sebuah olahraga yang sama dengan sepak bola akan tetapi dilakukan di dalam ruangan. Perlu anda ketahui bahwa Juan Carlos Ceriani merupakan seorang pelatih Argentina pada tahun 1930-an. 

Keunikan permainan futsal ini telah membuatnya cukup populer terutama di seluruh kawasan Amerika Selatan termasuk Brazil dan Argentina. Bahkan pemain top dunia seperti Ronaldinho diketahui awalnya juga merupakan pemain futsal. Kecepatan serta kemampuan dribbling sangat penting sekali dalam permainan futsal sehingga membuatnya cukup diminati oleh pemain sepak bola.

Selain Ronaldinho, Pele yang merupakan legenda sepak bola Brazil diketahui juga merupakan pemain futsal sebelum akhirnya menjadi pemain sepak bola dunia. Hingga saat ini permainan futsal di Brazil cukup terkenal dan menjadi salah satu olahraga yang paling banyak diminati di negara tersebut. Hal ini tidak mengherankan mengingat Brazil merupakan salah satu negara yang sangat menggemari sepak bola.

Karena sejatinya permainan futsal sama dengan sepak bola maka induk olahraga yang satu ini juga sama yaitu FIFA. Karena kepopuleran futsal terus meningkat terutama di Brazil maka pada tahun 1936 di buatlah aturan khusus dalam permainan futsal tersebut.

Aturan futsal yang pertama kali dibuat secara umum sama dengan yang saat ini kita saksikan. Dengan adanya peraturan tersebut serta masuknya futsal dalam salah satu cabang olahraga di FIFA maka membuatnya semakin populer terutama di kawasan Amerika Latin. Bahkan olahraga ini sekarang sudah menyebar di seluruh dunia hingga ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Penyebaran futsal ke seluruh dunia awalnya dimulai saat olahraga ini masuk di italia pada tahun 1950-an. Pada saat itu permainan futsal dikenalkan oleh seorang pemain sepak bola Amerika Latin yang bermain di serie A (liga sepak bola utama italia).  

Permainan futsal pada awalnya hanya dilakukan para pemain sepak bola untuk mengisi waktu luang saja. Hingga akhirnya permainan ini menjadi sangat populer di Italia dan diminati oleh banyak pemain sepak bola mulai dari yang profesional sampai amatir.

Sedangkan di inggris permainan futsal juga cukup diminati, dimana turnamen futsal pertama kali disponsori oleh London Express. Sedangkan di negara eropa lainnya yaitu Spanyol permainan futsal berkembang cukup pesat lantaran gaya permainan sepak bola Spanyol hampir mirip dengan Amerika Latin.

Sejarah kompetisi futsal

Sejarah futsal terus berlanjut hingga pada tahun 1965 untuk pertama kalinya sebuah kompetisi futsal Internasional digelar, pada waktu itu Paraguay menjadi negara pertama yang menjuarai kompetisi tersebut. Sedangkan kompetisi futsal Internasional selanjutnya mutlak didominasi oleh Brazil sebagai salah satu negara yang mempopulerkan olahraga ini.

Selain itu, di tahun 1980 dan 1984 Brazil juga menjuarai piala Amerika untuk pertama kalinya. Pada tahun 1974 organisasi futsal dunia dibentuk dengan nama The Federacao Internationale De Futebol De Salao / federasi futsal Amerika atau disingkat FIFUSA. Dan Joao Havelange ditunjuk sebagai ketua umum untuk pertama kalinya. Setelah adanya organisasi induk ini maka permainan futsal semakin mendunia.

Setelah itu pada tahun 1982 kejuaraan futsal dunia untuk pertama kalinya digelar di Sao Paulo Brazil. Dan dalam kejuaraan futsal dunia untuk pertama kalinya ini Brazil berhasil keluar sebagai juara. Untuk kejuaraan futsal dunia yang kedua diadakan di spanyol. Ini merupakan kali pertama kejuaraan futsal dunia diadakan di eropa. Dalam edisi kedua tersebut Brazil lagi-lagi berhasil merebut gelar juara. Akan tetapi pada tahun 1988 Paraguay menghambat langkah Brazil dalam merebut gelar juara futsal dunia tersebut.

Setelah permainan futsal semakin mendunia dan populer akhirnya membuat induk sepak bola dunia FIFA menjadi tertarik. Hingga pada tahun 1989 secara resmi FIFA kemasukan futsal sebagai bagian dari sepak bola yang berada di bawah naungan nya. Dengan demikian maka kontribusi futsal dalam mempopulerkan sepak bola semakin nyata.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →