Sejarah bulu tangkis di Indonesia dan dunia serta aturan mainnya

sejarah bulu tangkis
image everythingaboutbadminton.files.wordpress.com

Permainan bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup diminati di Indonesia setelah sepak bola. Ya sepakbola memang menjadi salah satu olahraga yang paling banyak digemari dan memiliki banyak sekali penonton Setia.

Meskipun demikian, bulu tangkis sebenarnya tidak kalah dibandingkan sepak bola dari sisi penggemar. Hanya saja karena sepak bola adalah permainan tim dan cukup merakyat sehingga banyak masyarakat yang menjadi penggemar olahraga sikulit bundar tersebut.

Tapi dalam artikel ini kita bukan membahas mengenai sepak bola, melainkan olahraga yang telah mengharumkan nama Indonesia yaitu bulu tangkis. Alasan utama Kenapa bulu tangkis begitu digandrungi masyarakat Indonesia lantaran prestasi Indonesia sendiri di Kancah internasional cukup Gemilang di olahraga yang satu ini.

Lantas Tahukah Anda bagaimana perkembangan sejarah bulu tangkis mulai dari awal diciptakannya hingga sampai saat ini?

Berikut ulasannya mengenai sejarah lengkap permainan bulu tangkis:

Sejarah awal permainan bulu tangkis

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai permainan bulu tangkis mulai dari peraturan serta ukuran lapangannya, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu asal muasal permainan yang satu ini.

Asal mula permainan bulu tangkis Sebenarnya ada dua versi, versi yang pertama berasal dari Mesir kuno. Sedangkan versi lainnya mengatakan bahwa Permainan bulu tangkis berasal dari Tiongkok. Menurut sejarahnya sendiri permainan bulu tangkis telah ada di Mesir selama rentan waktu kurang lebih 2000 tahun yang lalu. 

Sedangkan di Tiongkok permainan bulu tangkis awal mulanya tidak seperti yang terlihat saat ini. Nama olahraga bulu tangkis awalnya disebut jianzi yang merupakan sebuah permainan seperti bulu tangkis akan tetapi tidak menggunakan raket. 

Meskipun sedikit berbeda, akan tetapi aturan permainan dari jianzi tersebut hampir mirip dengan bulu tangkis yaitu tetap menjaga kok untuk tidak jatuh.Jika ada satu pemain yang menjatuhkan kok itu artinya nilai atau poin akan diberikan kepada lawannya. 

Sejarah bulu tangkis dunia

Sejarah bulu tangkis dunia dianggap diawali oleh negara Inggris dimana pada masa lalu anak-anak disana telah memiliki permainan tradisional yang bernama “Battledore and shuttlecock”. 

Hampir mirip dengan bulu tangkis pada umumnya, permainan ini menggunakan shuttlecock dimainkan dengan tongkat. Kemiripannya juga terletak pada di mana kedua pemain harus menjaga agar shuttlecock tidak jatuh ke tanah. Jadi kedua pemain harus memukul shuttlecock selama mungkin.

Namun permainan bulu tangkis baru benar-benar dikenal oleh dunia yaitu pada abad ke-17. Pada waktu itu permainan bulu tangkis sudah diberi nama badminton yang berasal dari sebuah nama istana di Inggris yaitu badminton house.

Awalnya seorang keluarga di Inggris yaitu Duke of beafourt mengadakan sebuah kompetisi permainan bulu tangkis yang diadakan di istana. Permainan yang digunakan sebenarnya hampir sama dengan Battledore and shuttlecock akan tetapi keluarga ini memberikan sedikit improvisasi dengan menambahkan tali di tengah alat untuk memukul shuttlecock tersebut. Dari sinilah awal mula permainan bulu tangkis modern dikenal seperti saat ini. 

Setelah itu, pada akhir tahun 1850-an permainan yang awalnya bernama Battledore and shuttlecock yang telah dimodifikasi oleh keluarga Duke of beafourt justru menjadi semakin banyak digemari. Sehingga pada tahun 1860 melalui sebuah pamflet buatan Isaac Spraat nama permainan ini diubah menjadi badminton Battledore new game, dan selanjutnya dikenal sebagai badminton.

Sejarah bulu tangkis di Indonesia

Sejarah bulu tangkis di Indonesia
image www.allenglandbadminton.com

Setelah kita membahas panjang lebar mengenai perjalanan permainan bulu tangkis di Kancah internasional yang awal mulanya diprakarsai oleh Inggris, Sekarang kita akan mencari tahu bagaimana olahraga yang satu ini berkembang di negara kita Indonesia.

Sejarah awal permainan bulu tangkis di Indonesia dimulai dari tahun 1930-an. Pada masa itu permainan badminton atau bulu tangkis sudah mulai dikenal. bulu tangkis awalnya berada di bawah sebuah perkumpulan olahraga atau yang disebut ikatan sport Indonesia (ISI). Akan tetapi sejarah bulu tangkis di Indonesia sedikit terhambat akibat adanya perang dunia 2.

Meskipun demikian, bulu tangkis kembali dikenal di Indonesia setelah negara tercinta ini merebut kemerdekaannya, tepatnya pada tahun 1947 permainan bulu tangkis mulai banyak diminati kembali setelah sebelumnya vakum lantaran sebuah peperangan. 

Hingga pada tahun 1948 bulu tangkis di Indonesia mulai benar-benar dikenal masyarakat luas lantaran Presiden pertama Indonesia yaitu Insinyur Soekarno telah membuat sebuah kampanye yaitu nasional bilding. Kampanye ini merupakan sebuah langkah untuk membangun bangsa Indonesia secara besar-besaran.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan semangat perjuangan serta membangun kembali Indonesia setelah perang berlangsung. Dan bulu tangkis dianggap sebagai salah satu olahraga yang menyatukan bangsa Indonesia. Bahkan Presiden Soekarno pada waktu itu berupaya untuk menjadikan Indonesia meraih kesuksesan di Kancah internasional pada cabang olahraga bulu tangkis ini.

Presiden Soekarno juga sangat yakin bahwa Indonesia akan mampu berada di 10 besar sebagai penguasa bulu tangkis di dunia yang telah dicanangkan melalui Keppres Nomor 263/1953. Pada waktu itu, Indonesia telah sukses menjuarai Thomas cup yang diselenggarakan di Singapura.

Prestasi ini tentunya telah memberikan semangat yang lebih pada bangsa Indonesia karena negara yang baru merdeka ternyata mampu bersaing di tingkat Internasional dengan menjuarai Thomas Cup. Perolehan ini juga yang membuat para pemuda Indonesia semakin ingin mengikuti jejak seniornya untuk meraih kesuksesan serupa dengan lebih menekuni olahraga bulu tangkis.

Era kejayaan bulu tangkis Indonesia

Kejayaan awal

Era kejayaan bulu tangkis Indonesia dimulai pada tahun 1960 hingga 1970. Pada waktu itu Indonesia benar-benar merajai olahraga bulu tangkis di Kancah internasional. Salah satu pemain bulu tangkis Indonesia yang cukup terkenal yaitu Rudi Hartono bahkan telah masuk ke dalam Guinness book of  World Record sebagai pemegang rekor juara All England.

Selain Rudi Hartono, nama lain yang mendapatkan prestasi Gemilang di partai ganda adalah Tjunjun dan Johan Wahyudi dimana keduanya berhasil meraih juara ganda putra hingga 6 kali. Pada tahun 1980-an cina mulai muncul sebagai pesaing terberat Indonesia dalam merebut berbagai gelar juara bulu tangkis dunia. Pada tahun 1981 di kejuaraan All England Indonesia hanya bisa menjadi juara melalui Lim Swie King.

Kebangkitan

Dan pada kejuaraan Piala Thomas, Indonesia hanya bisa menang saat Piala Thomas tahun 1984 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia. Meskipun demikian, pada era tahun 1990-an Indonesia kembali berjaya di cabang olahraga bulu tangkis tersebut. Selama sekitar 1 dekade Indonesia benar-benar menguasai hingga pada tahun 2000. 

Dan puncaknya pada tahun 1992 tepatnya di ajang olimpiade Barcelona Tim bulu tangkis Indonesia mampu membawa medali emas. Dan yang lebih mengesankan adalah pada Olimpiade tersebut Indonesia telah mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya membawa pulang medali emas dengan rincian 2 medali emas, 2 medali perak serta 1 medali perunggu.

Setelah itu, 4 tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 1996 Indonesia kembali membawa pulang medali emas melalui cabang olahraga bulu tangkis tersebut. Dalam kejuaraan tersebut, medali emas yang didapat oleh Kontingen Indonesia dipersembahkan oleh pasangan ganda putra yaitu Rexy mainaky dan Ricky subagja.

Dan kedigdayaan Indonesia di ajang Piala Thomas telah dibuktikan dengan menjuarai kejuaraan tersebut hingga 5 kali secara beruntun mulai tahun 1994 hingga tahun 2000. Sedangkan untuk kejuaraan All England Indonesia setidaknya sudah pernah 3 kali juara yang dipersembahkan oleh Ardi Wiranata pada tahun 1991, dan Hariyanto Arbi pada tahun 1993 dan 1994. Untuk Piala Uber sendiri Indonesia sudah dua kali menjuarai nya tepatnya pada tahun 1994 dan 1996.

Induk olahraga bulu tangkis

Meskipun tidak setenar sepak bola akan tetapi bulu tangkis cukup diminati di dunia. Sehingga banyak negara-negara yang memiliki induk organisasi bulu tangkis dalam rangka mengembangkan olahraga yang satu ini di negara tersebut. Berikut daftar induk organisasi olahraga bulu tangkis di Indonesia dan dunia:

Organisasi bulu tangkis dunia

Sejarah bulu tangkis di dunia memang sangat erat kaitanya dengan organisasi Yang menaungi nya yaitu IBF. IBF sendiri merupakan singkatan dari international badminton Federation yang telah didirikan pada tahun 1934. 

Ada 9 negara yang menjadi pelopor berdirinya organisasi bulu tangkis dunia tersebut. Negara-negara tersebut diantaranya adalah Inggris, Skotlandia, Irlandia, Denmark, Canada, Belanda, Selandia baru dan Prancis. Setelah diprakarsai oleh 9 negara di atas ada banyak negara lain yang ikut bergabung bersama organisasi bulu tangkis dunia tersebut. Hingga saat ini setidaknya ada 108 Negara yang telah bergabung ke organisasi bulu tangkis dunia tersebut.

Secara umum internasional badminton Federation memiliki setidaknya lima tingkat kepengurusan yaitu mulai dari Executive board, BWF Council, BWF commission, BWF committees, serta management team.

Organisasi bulu tangkis Indonesia

Pada awalnya organisasi bulu tangkis Indonesia pertama kali berdiri dengan nama PORI (persatuan olahraga Republik Indonesia). Hingga tepatnya pada tahun 1951 organisasi tersebut diubah namanya menjadi Persatuan bulu tangkis Seluruh Indonesia atau disingkat PBSI. Nama PBSI sendiri sebagai induk organisasi bulu tangkis di Indonesia telah bertahan hingga saat ini.

PBSI sendiri sudah terdaftar dan menjadi anggota IBF yang merupakan induk bulu tangkis dunia. Setidaknya ada tiga tingkatan kepengurusan pada Induk organisasi bulu tangkis Indonesia ini. Pertama PBSI sendiri merupakan pengurusan bulu tangkis di tingkat pusat.

Serta di bawahnya ada lagi pengurus daerah atau pengda yang merupakan kepengurusan bulu tangkis pada tingkat daerah atau provinsi. Sedangkan di bawah pengda ada lagi pengurus cabang atau pengca yang merupakan kepengurusan bulu tangkis pada tingkat kabupaten atau kota.

Peraturan permainan bulu tangkis

Secara umum permainan bulu tangkis atau badminton bisa dilakukan oleh dua atau 4 orang. Permainan badminton yang dilakukan oleh dua orang disebut sebagai partai tunggal dimana masing-masing tim hanya terdiri dari satu orang.

Sedangkan permainan badminton yang dilakukan oleh empat orang juga disebut sebagai partai ganda di mana masing-masing tim terdiri dari 2 pemain. Ada dua jenis permainan ganda yaitu ganda campuran dan ganda biasa. Ganda campuran artinya masing-masing tim terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Untuk wasit sendiri dalam permainan bulu tangkis biasanya terdapat satu orang wasit utama dan 4 lainnya bertindak sebagai Hakim Garis. Hakim garis dalam permainan bulu tangkis bertugas untuk melihat apakah bola keluar atau masuk.

Perhitungan angka bulu tangkis

Permainan bulu tangkis memiliki peraturan dalam hal penghitungan angka atau skorsing dengan ketentuan seperti berikut:

Tipe perhitungan angka dua kali kemenangan. Format 2 kali kemenangan ini telah dikenalkan pada tahun 2006 kemarin di mana sebuah Tim akan memenangkan pertandingan jika mampu mengalahkan lawannya dua game langsung. Akan tetapi jika skor imbang 1-1 maka pertandingan bulu tangkis akan dilanjutkan di game ketiga sebagai penentu pertandingan. 

Secara umum, perhitungan angka dalam permainan bulu tangkis terdiri dari 21 poin pada masing-masing set/game. Dan apabila terdapat kedudukan yang sama di akhir point seperti 20-20 maka akan diberikan tambahan dua angka atau yus. Penambahan 1 poin ini akan terus dilakukan hingga 1 tim bisa melampaui poin tim lawannya dua angka.

Ukuran lapangan bulu tangkis

Lapangan bulu tangkis memiliki bentuk persegi panjang yang dibatasi dengan garis berwarna putih. Berbeda dengan sepak bola yang memiliki ukuran lapangan tidak menentu, dalam bulu tangkis ukuran lapangannya telah ditentukan secara standar yaitu dengan panjang lapangan 13,40 m yang dipakai untuk partai tunggal maupun ganda.

Sedangkan untuk lebarnya sendiri antara permainan ganda dan tunggal memiliki ukuran yang berbeda, di mana perbedaan ukuran tersebut ditandai dengan adanya garis tepi di samping kanan dan kiri.

Untuk partai bulu tangkis tunggal ukuran lebar lapangannya adalah 5,8 m. Sedangkan ukuran lapangan bulu tangkis dari sisi lebar untuk permainan ganda yaitu 6,10 m. Di samping lapangan bulu tangkis terdapat sebuah garis dimana garis ini harus terlihat mencolok dari dasar warna lantainya. Diameter garis lapangan bulu tangkis setidaknya 40 MM. 

Sedangkan untuk net antara tim ganda dan tunggal memiliki ukuran yang sama yaitu dengan panjang 6,1 m tinggi 1,55 m dan lebar 0,67 m. 

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai sejarah bulu tangkis di Indonesia dan dunia serta peraturan singkat bulu tangkis yang mungkin masih belum Anda ketahui.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →