Sebutkan Contoh Aktivitas Masyarakat Dalam Upaya Pembangunan Sosial Budaya

sebutkan contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya

sebutkan contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya

Sebutkan contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya – Pembangunan sosial dan budaya merupakan bagian integral dari prioritas pembangunan nasional keempat yang sama dengan Propenas 2000–2004. Pembangunan nasional keempat terdiri dari tiga poin penting, yaitu membangun kesejahteraan rakyat, menambah mutu kehidupan beragama, dan ketahanan budaya.

Baca Juga: Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Pembangunan Sosial 

Sebutkan Contoh Aktivitas Masyarakat Dalam Upaya Pembangunan Sosial Budaya

Dikutip dari buku Pembangunan Nasional yang ditulis oleh Heliarta (2020: 2), pembangunan adalah suatu sistem aktivitas yang dilakukan dalam rangka mengembangkan perubahan-perubahan keadaan menjadi lebih baik lagi. Pembangunan yang dilakukan oleh negara selanjutnya mempunyai tujuan untuk mewujudkan cita-cita untuk mendorong masyarakat atau sekumpulan individu ke arah yang lebih baik lagi.

Ilustrasi Pembangunan Sosial Budaya

Pembangunan sosial budaya adalah pembangunan yang dirancang untuk menambah taraf hidup masyarakat. Dilansir dari bappenas.go.id, tujuan dari pembangunan sosial budaya adalah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan meningkatnya mutu hidup yang layak dan bermartabat, dan juga memberikan perhatian utama pada tercukupinya kebutuhan dasar masyarakat.

sebutkan contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya

Pembangunan sosial budaya tidak hanya menjadi tanggung jawab yang dilakukan oleh pemerintah saja. Masyarakat juga bisa berperan dengan melakukan aktivitas-aktivitas dalam upaya pembangunan sosial budaya. Berikut 5 contoh upaya pembangunan sosial yang bida dilakukan sebagai anggota dari masyarakat Indonesia:

Menjaga Kerukunan Antar Warga Masyarakat

sebutkan contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya

Menjaga kerukunan antara warga masyarakat adalah salah satu hal yang utama. Dengan menjaga kerukunan maka akan terciptanya lingkungan masyarakat yang harmonis dan menjadikan lingkungan lebih sejahtera.

Menyelesaikan Kasus yang Terlihat di Lingkungan Masyarakat dengan Musyawarah

sebutkan contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya

Dengan banyaknya warga di sekitar kita pasti akan ada perbedaan pendapat. Tapi hal inilah yang justru bisa lebih mempererat tali silaturahmi masyarakat. Kesalahpahaman yang ada lebih baik diselesaikan dengan musyawarah untuk mencapai mufakat. Dengan begitu masyarakat bisa meminimalisir perselisihan dan menekan adanya kesenjangan sosial diantara warga masyarakat.

Membangun Industri Pariwisata yang Mempunyai Tujuan untuk Melestarikan Warisan Budaya

Di setiap daerah pasti memiliki budaya dan kesenian yang unik dan istimewa. Dengan lbebih mengembangkan kesenian dan budaya yang ada di tengah masyarakat, Membuat daerah tersebut memiliki daya tarik yang bisa menjadi salah satu peluang untuk menaikkan taraf hidup masyarakat dan menambah pendapatakn daerah tersebuat.

Gotong Royong dalam Membersihkan dan Membangun Lingkungan

Untuk terciptanya lingkungan yang sehat dan sejahtera, pastinya butuh ditingkatkan lagi dari segi kualitas lingkungan dan juga melakukan pembangunan yang memadai. Dengan begitu akan terciptanya lingkungan yang bersih sehat dan ramah untuk seluruh masyarakat sekitar.

Melakukan Pembangunan yang Mempunyai Tujuan untuk Menambah Kesejahteraan Rakyat

Dengan melakukan pembangunan yang bertujuan untuk menambah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah hal yang sekarang ini sedang menjadi perhatian utama pemerintah daerah. Dengan membangun suatu hal yang memiliki tujuan untuk menambah kesejahteraan rakyat. Sepertihalnya pembangunan tempat atau objek wisata yang bertujuan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat sekitar

Adapun sasaran umum yang dicapai dalam pembangunan sosial budaya Indonesia adalah meningkatnya taraf hidup, menurunnya laju pertumbuhan masyarakat, menurunnya angka kelahiran total, menurunnya angka kematian kasar, meningkatnya ketahanan sosial dan budaya, meningkatnya kedudukan dan guna perempuan, meningkatnya partisipasi aktif pemuda, dan juga meningkatnya pembudayaan dan prestasi olahraga.

Nah, semoga informasi di atas tentang upaya pembangunan sosial budaya. Lalu bagaimana menurut anda? coba sebutkan contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya menurut pendapat anda sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat dan terima kasih sudaah membaca.

About Neizam Taufiq

Menulis atau memberi informasi adalah salah satu hal yang bisa membuat seseorang dikenal oleh orang lain. Tulisakan apa yang ingin dituliskan dan lakukan apa yang ingin di lakukan.

View all posts by Neizam Taufiq →