Sebuah Kebun Jagung Berbentuk Persegi Panjang

Posted on

Pertanian meruapakan salah satu bidang yang sangat penting bagi masyarakat. Selain sebagai sumber pangan bagi kita, pertanian juga menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian suatu negara. Namun, saat ini semakin sulit untuk menemukan lahan pertanian yang cukup, terutama di kota-kota besar. Namun, kabar baiknya adalah kita masih bisa menanam di rumah kita sendiri, terutama dengan membuat taman sayur di rumah. Yuk, simak desain kebun sayur di rumah yang bisa kamu terapkan!

Pertama, tentukan dulu lokasi kebun sayur di rumah. Kebun sayur bisa diletakkan di area halaman rumah atau di lahan terpisah yang tersedia. Jika kamu memiliki lahan yang luas, kamu bisa membuat kebun sayur dengan pola tanam berundak seperti tangga. Dengan pola ini, kamu bisa menanam berbagai jenis sayuran sesuai panjang dan lebar lahan yang tersedia. Pastikan bahwa area kebun sayur di rumah terkena sinar matahari yang cukup dan mudah diakses untuk perawatan.

Setelah menentukan lokasi, langkah berikutnya adalah memilih bahan untuk membuat rumah kaca atau greenhouse. Greenhouse bisa dibuat dengan berbagai bahan seperti bambu, kayu, atau PVC. Namun, jika kamu ingin lebih praktis, kamu bisa membeli rumah kaca yang sudah jadi di toko pertanian terdekat. Rumah kaca akan membantu suhu di dalamnya lebih hangat dan dapat melindungi tanaman dari gangguan cuaca seperti hujan dan angin.

Selanjutnya, persiapkan media tanam yang akan digunakan. Pilihlah media tanam yang kaya akan nutrisi agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Media tanam bisa terdiri dari campuran kompos, tanah, dan pasir. Pastikan bahwa campuran media tanam tersebut telah dicampur rata. Setelah itu, taburkan benih sayur di atas media tanam tersebut dengan jarak yang sesuai dengan petunjuk pada kemasan benih. Jangan lupa untuk siram dengan air secukupnya dan tutup media tanam dengan plastic wrap yang berpori.

Baca juga  Syngenta Jagung

Setelah bibit sayur mulai tumbuh, saatnya untuk menempatkannya di dalam greenhouse. Pastikan bahwa sayuran kamu memiliki jarak yang cukup agar tidak saling berebut nutrisi. Kamu bisa mengelompokkan sayuran yang memerlukan media tanam yang sama untuk ditanam di sekitar area yang sama. Misalnya, tanamlah selada, bayam, dan kangkung di area yang sama karena ketiganya memerlukan media tanam yang memiliki tingkat kebasahan yang sama.

Untuk memberi nutrisi lebih pada sayuran kamu, cobalah untuk menambahkan pupuk organik atau pupuk daun. Pupuk organik akan memberikan nutrisi pada tanaman kamu secara bertahap, sehingga sayuran kamu akan terhindar dari overdosis nutrisi dan mendapatkan nutrisi yang sesuai. Sementara itu pupuk daun akan membantu meningkatkan jumlah klorofil pada daun tanaman kamu. Dengan jumlah klorofil yang cukup, warna tanaman kamu akan lebih cerah dan subur serta dapat membantu proses fotosintesis.

Jika kamu memiliki masalah dengan hama dan penyakit pada tanaman kamu, kamu bisa menggunakan pestisida organik atau membuat racikan sendiri dari bahan-bahan alami seperti bawang bombay atau cengkeh. Pestisida organik akan membantu mengatasi masalah hama dan penyakit tanaman kamu, namun tanpa merusak lingkungan di sekitar kamu dan tentunya tanpa membahayakan kesehatan kamu dan keluarga.

Dengan membuat kebun sayur di rumah, kamu tidak hanya menghemat uang untuk membeli sayuran yang cukup mahal, tetapi juga pasti memperoleh hasil panen yang segar dan berkualitas. Selain itu, dengan membuat kebun sayur di rumah, kamu juga dapat berkontribusi terhadap lingkungan sekitar kamu dan membantu mengurangi tingkat polusi dan resiko kekurangan pangan.

Jadi jika kamu ingin merasakan sensasi makan sayuran segar yang dipetik dari kebun sayur kamu sendiri, cobalah untuk membuat kebun sayur di rumah dengan desain kebun sayur di rumah yang sudah kami bagikan. Kamu bisa menyesuaikan ukuran dan tingkat kesulitan dengan kemampuan kamu. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca juga  Manfaat Jagung Dan Beras Merah Untuk Ayam Aduan

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *