Sambal Daun Bawang

Posted on

Ketika datang ke makanan Asia, salah satu yang paling penting adalah sambal bawang. Sambal bawang adalah salah satu jenis sambal yang paling populer di Asia, karena ia menambahkan rasa yang sangat unik dan pedas pada banyak makanan favorit kita.

Resep Sambal Bawang

Resep Sambal Bawang

Sambal bawang sangat mudah untuk dibuat, dan bisa dimodifikasi untuk menjadi lebih pedas atau lebih lembut tergantung pada selera. Berikut adalah resep sambal bawang yang benar-benar lezat dan sangat mudah dibuat:

Bahan:

  • 10 cabai rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdt air jeruk limau
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih cabai rawit merah. Jika diinginkan sambal lebih pedas, sayang untuk menyisakan bagian tangkai. Jangan cuci dan jangan buang biji.
  2. Kupas bawang putih dan bawang merah. Iris tipis-tipis atau cincang kasar sesuai selera.
  3. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai layu. Sisihkan hingga dingin.
  4. Haluskan cabai rawit merah, bawang putih dan bawang merah yang sudah ditumis sampai halus.
  5. Tambahkan perasan air jeruk limau yang telah disiapkan, minyak goreng, dan garam. Aduk rata.

Cara Penyajian:

Sambal bawang siap untuk disajikan dengan berbagai jenis makanan seperti nasi goreng, ayam goreng, atau bahkan pizza. Beberapa orang bahkan hanya menikmati sambal bawang dengan nasi dan sedikit kecap manis.

Variasi:

Untuk membuat sambal bawang dengan rasa yang lebih bervariasi, terdapat beberapa bahan tambahan yang dapat digunakan. Beberapa bahan tambahan yang umum digunakan diantaranya adalah:

  • 1 buah tomat
  • 1 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 sdt gula pasir
Baca juga  Umbi Wortel

Jika diinginkan sambal bawang dengan rasa yang lebih pedas, dapat menambahkan cabai rawit hijau atau lebih banyak cabai rawit merah.

Tidak hanya enak dan menyenangkan untuk dimakan, membuat sambal bawang juga merupakan kegiatan yang membuat banyak orang bahagia. Proses membuat sambal bawang biasanya merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan teman atau keluarga, dan membuat sambal bawang yang enak sering menjadi topik perdebatan yang sangat seru.

Jadi, jika Anda ingin menambahkan sedikit kelezatan Asia pada hidangan favorit Anda, cobalah membuat resep sambal bawang ini, yang mudah dan cepat dibuat, tetapi pasti menghasilkan rasa yang luar biasa. Selamat mencoba!

Simak tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *