Salep Untuk Kulit Berjamur

Posted on

Gentamycin Salep Kulit 5 gram adalah obat generik manufaktur yang digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi kulit. Obat ini mengandung zat aktif gentamycin sulfate yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri atau mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi kulit.

Indikasi

Obat Gentamycin Salep Kulit 5 gram digunakan untuk mengobati infeksi kulit seperti impetigo (infeksi kulit yang menyebabkan luka berkeropeng), folikulitis (infeksi yang terjadi pada rambut atau folikel rambut), furunkel (benjolan berisi nanah), dan faktulitis (infeksi yang terjadi pada kelenjar keringat).

Dosis

Dosis obat Gentamycin Salep Kulit 5 gram tergantung pada jenis infeksi kulit yang dialami dan kondisi kesehatan pasien. Dosis yang direkomendasikan oleh dokter biasanya adalah sebagai berikut:

  • Impetigo: Oleskan salep pada area kulit yang terinfeksi 2–3 kali sehari selama 1–2 minggu.
  • Folikulitis: Oleskan salep pada area kulit yang terinfeksi 2–3 kali sehari selama 5–10 hari.
  • Furunkel: Oleskan salep pada area kulit yang terinfeksi 2–3 kali sehari selama 7–10 hari.
  • Faktulitis: Oleskan salep pada area kulit yang terinfeksi 2–3 kali sehari selama 7–10 hari.

Cara Penggunaan

Sebelum menggunakan obat Gentamycin Salep Kulit 5 gram, pastikan tangan dan area kulit yang terinfeksi sudah bersih dan kering. Oleskan salep pada area kulit yang terinfeksi dengan lapisan tipis dan rata. Jangan mengoleskan salep terlalu tebal, karena hal ini dapat membuat kulit menjadi tidak nyaman atau iritasi. Setelah mengoleskan salep, jangan segera menutup area kulit yang terinfeksi dengan kain atau perban. Tunggu beberapa saat hingga salep meresap dan kering di kulit.

Peringatan

Jangan menggunakan obat Gentamycin Salep Kulit 5 gram jika Anda memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap gentamycin sulfate atau komponen lain yang terkandung di dalam obat ini. Selain itu, sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat atau suplemen lain, sedang hamil atau menyusui, atau memiliki riwayat alergi tertentu.

Baca juga  Jamu Jamur

Efek Samping

Seperti obat-obatan lain, obat Gentamycin Salep Kulit 5 gram juga dapat menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah:

  • Iritasi kulit, ruam kulit, atau gatal pada area kulit yang diobati
  • Mengalami rasa terbakar atau pedih pada area kulit yang diobati
  • Reaksi alergi yang serius seperti sulit bernapas, pembengkakan pada bibir atau lidah, atau gatal-gatal pada seluruh tubuh.

Jika Anda mengalami efek samping yang tidak diinginkan setelah menggunakan obat Gentamycin Salep Kulit 5 gram, segera hentikan pemakaian obat dan segera konsultasikan ke dokter atau apoteker.

Gentamycin Salep Kulit 5 gram

Penutup

Obat Gentamycin Salep Kulit 5 gram merupakan obat generik manufaktur yang digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi kulit. Obat ini hanya bisa digunakan atas rekomendasi atau petunjuk dokter yang menangani kasus penyakit pada kulit. Jangan lupa untuk membaca kembali petunjuk penggunaan dan dosis obat serta peringatan yang tertera pada kemasan sebelum menggunakannya. Selain itu, jika mengalami efek samping atau masalah pada kulit yang diobati, segera hentikan pemakaian dan segera konsultasikan ke dokter atau apoteker untuk mendapatkan saran yang lebih tepat.

Baca artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *