Rumus Fcr Ayam Broiler

Posted on

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang jadwal pemberian obat dan vitamin untuk ayam broiler. Ayam broiler adalah jenis ayam petelur yang dibesarkan untuk diproduksi sebagai daging. Dalam pembesaran ayam broiler, perawatan yang baik sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Salah satu perawatan yang perlu diperhatikan adalah pemberian obat dan vitamin. Terdapat jadwal pemberian yang harus diikuti agar ayam broiler dapat tumbuh dengan sehat dan optimal.

Berikut adalah jadwal pemberian obat dan vitamin ayam broiler:

Daftar Isi

Minggu 1-2

Jadwal Pemberian Obat Dan Vitamin Ayam Broiler

Pada minggu pertama hingga kedua, ayam broiler diberikan multivitamin dan mineral. Hal ini bertujuan untuk membantu pertumbuhan massa tulang dan mengoptimalkan metabolisme protein. Selain itu, pada minggu ke-2, ayam broiler juga diberikan vitamin E dengan dosis yang diberikan sebanyak 5-10 mg/kg bahan pakan.

Minggu 3-4

Jadwal Pemberian Obat Dan Vitamin Ayam Broiler

Pada minggu ketiga hingga keempat, ayam broiler diberikan obat cacing untuk mencegah infeksi parasit. Selain itu, ayam broiler juga diberikan all-in-one vitamin untuk membantu menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Obat ini juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Minggu 5-6

Jadwal Pemberian Obat Dan Vitamin Ayam Broiler

Pada minggu kelima hingga keenam, ayam broiler diberikan obat sipilis untuk mencegah dan mengobati penyakit sipilis. Selain itu, ayam broiler juga diberikan probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaannya dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam ususnya. Probiotik juga membantu meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga pertumbuhan ayam broiler lebih optimal.

Minggu 7-8

Jadwal Pemberian Obat Dan Vitamin Ayam Broiler

Pada minggu ketujuh hingga kedelapan, ayam broiler diberikan vitamin C dengan dosis yang diberikan sebanyak 20-30 mg/kg bahan pakan. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam broiler serta membantu mengurangi stres pada ayam broiler yang disebabkan oleh proses pemanenan.

Baca juga  Maskot Ayam

Minggu 9-10

Jadwal Pemberian Obat Dan Vitamin Ayam Broiler

Pada minggu kesembilan hingga kesepuluh, ayam broiler diberikan suplemen kalsium dan vitamin D3. Suplemen ini berguna untuk membantu pertumbuhan tulang pada ayam broiler. Selain itu, ayam broiler juga diberikan obat mata untuk mencegah penyakit mata dan antibiotik untuk mencegah infeksi bakteri dan penyakit.

Itulah jadwal pemberian obat dan vitamin untuk ayam broiler yang dapat diikuti untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selalu perhatikan dosis dan jangan memberikan obat dan vitamin yang tidak diperlukan. Lakukan perawatan dengan baik dan benar serta jaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya agar ayam broiler tetap sehat dan optimal.

Baca tulisan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *