Resep Talam Labu Kuning Tepung Terigu

Posted on

Assalamualaikum semua! Hari ini saya ingin memperkenalkan  resepi yang sangat menyelerakan iaitu Kue Talum Labu Kunig. Antara makanan tradisional Indonesia yang menjadi kegemaran keluarga kita. Kue Talum Labu Kunig merupakan hidangan penutup enak dan seimbang antara manis dan gurih.

Keistimewaan Kue Talum Labu Kunig?

Kue Talum Labu Kunig terbuat dari campuran labu kuning dan tepung ketan yang kemudian diberi topping kelapa parut yang dipanggang dengan sedikit garam. Kue ini mempunyai tekstur yang lembut, manis dan gurih pada saat yang sama dengan rasa labu kuning yang lembut di dalamnya.

Inilah yang membuat Kue Talum Labu Kunig sangat spesial dan memberikan rasa yang begitu memikat ketika dikonsumsi baik saat siang atau malam hari.

Cara Membuat Kue Talum Labu Kunig.

Berikut adalah resep lengkap dan cara mudah untuk membuat Kue Talum Labu Kunig dengan hasil yang sempurna :

Bahan-bahan:

  1. 500 g labu kuning dipotong dadu bersihkan bijinya
  2. 200 g tepung ketan putih
  3. 250 ml air
  4. 100 g gula pasir
  5. 1/2 sdt vanili bubuk
  6. 1/2 sdt garam
  7. 2 lbr daun pandan simpulkan
  8. 150 g kelapa parut kasar kukus bersama 1/2 sdt garam sampai matang

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih potongan labu kuning, kukus hingga matang, haluskan dengan garpu atau dalam blender.
  2. Campurkan tepung ketan dengan gula pasir, vanili bubuk dan garam, aduk rata.
  3. Peras air dari daun pandan, campurkan air pandan dengan air, aduk rata.
  4. Tuang adonan tepung ketan kedalam labu kuning, aduk rata hingga tercampur sempurna.
  5. Tambahkan campuran air pandan sedikit demi sedikit sambil diaduk-adukkan hingga adonan menjadi kalis (tidak lengket di tangan).
  6. Panaskan kukusan atau kukusan lapis, siapkan cetakan talam kecil, olesi dengan minyak goreng.
  7. Ambil 2 sdm adonan kukus dalam cetakan lalu kukus selama 10-15 menit hingga matang.
  8. Ambil kukusan talam dan keluarkan Kue Talum Labu Kunig dari cetakan. Kemudian sajikan dengan topping kelapa parut yang sudah dimasak.
Baca juga  Famili Tomat

Sangat mudah kan!? Dalam waktu kurang dari 30 menit, anda dapat merasakan sebuah kudapan kegemaran Indonesia yang sehat dan enak!

Kenapa Harus Mencoba Kue Talum Labu Kunig Ini?

Memang menjadi perdebatan apakah Kue Talum Labu Kunig menjadi hidangan penutup yang paling enak atau tidak, namun setidaknya kita semua sepakat bahwa Kue ini adalah salah satu hidangan penutup tradisional terbaik dari Indonesia!

Selain lezat, Kue Talum Labu Kunig juga memiliki banyak manfaat kesehatan, labu kuning mengandung vitamin A dan kalium yang baik untuk kesehatan mata dan jantung. Selain itu, kelapa parut juga mengandung serat dan juga membantu menjaga keseimbangan tubuh dan metabolisme.

Yuk, cobalah membuat Kue Talum Labu Kunig di rumah Anda dan nikmati kelezatannya di mana saja dan kapan saja! Jangan lupa untuk membagikan resep ini ke keluarga dan teman-teman Anda untuk memperkaya hidangan penutup dalam keseharian mereka.

Talam Labu Kunig

Jangan lupa tag @kulinerenakselalu atau #kulinerenakselalu ketika Anda mencoba resep ini, supaya kami bisa melihat kreasi Anda dan mungkin akan kami repost di akun instagram kami. 😊

Sekian mengenai resep Kue Talum Labu Kunig dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Sampai jumpa di resep selanjutnya!

Simak artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *