Resep Sanggar Cempedak

Posted on

Sanggar cempedak adalah salah satu hidangan tradisional yang menggabungkan rasa manis dan gurih dari buah cempedak yang diolah dengan cara yang khas. Dalam artikel ini, kami akan berbagi resep sanggar cempedak yang dapat Anda coba di rumah. Dengan sentuhan manis dan gurih yang lezat, hidangan ini cocok dinikmati sebagai camilan atau makanan penutup yang memanjakan lidah Anda.

Resep Sanggar Cempedak

Bahan-Bahan:

  • 10 buah cempedak, matang
  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 ml santan kental
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Siapkan Cempedak: Kupas kulit cempedak dan keluarkan bijinya. Pisahkan daging cempedak menjadi bagian-bagian kecil.
  2. Campurkan Tepung: Dalam sebuah wadah, campurkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata.
  3. Tambahkan Santan: Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental dan tidak bergerindil.
  4. Celupkan Cempedak: Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Celupkan potongan cempedak ke dalam adonan tepung hingga terbalut rata.
  5. Goreng Cempedak: Goreng cempedak dalam minyak panas hingga kuning keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan: Sanggar cempedak siap disajikan sebagai camilan lezat. Anda juga bisa menambahkan taburan gula atau keju parut di atasnya untuk variasi rasa.

Keuntungan dan Kesimpulan

Dengan mengikuti resep sanggar cempedak di atas, Anda dapat menciptakan hidangan yang menggabungkan kelembutan cempedak matang dengan cita rasa adonan tepung yang gurih. Kelezatan sanggar cempedak ini cocok dinikmati hangat-hangat sebagai hidangan penutup atau camilan istimewa. Selamat mencoba!

Terima kasih telah mengunjungi artikel ini dan mengenal lebih dekat tentang resep sanggar cempedak. Dengan resep ini, Anda dapat menciptakan hidangan yang lezat dan memanjakan lidah Anda.