Resep Pentol Pedas Malang

resep pentol pedas malang

resep pentol pedas malang

Resep pentol pedas Malang – Pencinta pedas pasti sudah tahu dan familiar dengan jenis makanan satu ini. Memiliki pedas yang tak tanggung-tanggung karena menggunakan puluhan cabai rawit merah sebagai bumbu utamanya.

Baca Juga : Cara Membuat Sambel Korek

Bagi kalian yang tidak suka dengan makanan yang pedas, sebaiknya hindari kuliner asal kota Malang satu ini. Karna memang rasanya ekstra pedas, mungkin kalian juga sudah tahu sebelum mencicipinya.

Tampilan pentol satu ini tak jauh beda dengan jenis bakso pentol pada umumnya, hanya saja dalam hidangan ini bumbu yang digunakan ialah berupa sambal cabai yang berwarna merah merekah. Sedangkan pada pentol lainnya hanya menggunakan saus kecap atau sambal kacang.

Nah bagi kalian yang penasaran seperi apa sih, makanan satu ini? Yuk simak Resep Pentol Pedas Malang ala Caraprofesor.com yang wajib kamu coba sendiri di rumah!

Baca Juga : Resep Makanan dari Telur dan Mie

 

Resep pentol pedas Malang mak NYOSS…

Sumber : https://asset.kompas.com/

Bahan-bahan :

– ½ sdm bawang merah goreng
– Bawang putih goreng ½ sdm
– 200 gr daging sapi sengkel segar (potong-potong)
– 1 ¼  sdt garam kasar/krosok
– ½ sdt poly powder (opsional)
– 2 butir putih telur ayam
– 250 gr es batu serut
– 1/8 sdt penyedap rasa
– 1 siung bawang putih (haluskan)
– 1/8 sdt merica bubuk
– 200 gr tepung sagu
– 1 batang daun bawang (iris halus)

 

Bahan untuk sambal :

– 6 siung bawang merah
– 4 cm kencur
– 8 siung bawang putih
– 10 buah cabai merah besar (buang bijinya)
– 15 buah cabai rawit mwrah ( sesuai selera)
– 1 sdt garam
– Gula pasir 1  sdt
– 100 ml air putih

Baca Juga : Cara Memasak Terong Hijau

 

Cara membuat pentol pedas Malang :

1. Pertama, masukkan daging sapi dan juga garam ke dalam penggiling (food processor). Giling sebentar hingga tekstur agak lembut. Bagi yang tidak memiliki food processor, kalian dapat menggilingkannya di tempat penggilingan daging di pasar.

2. Tambahkan bahan seperti poly powder, putih telur, es serut, penyedap rasa, bawang merah goreng, bawang putih, merica bubuk, dan bawang putih goreng. Giling kembali sampai dagig benar-benar lembut.

3. Setelah daging sudah halus, letakkan adonan tersebut ke dalam baskom. Kemudian tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di aduk menggunakan spatula plastik. Aduk adonan hingga kalis .

4. Jika adonan pentol sudah jadi, ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat-bulat seperti saat membuat bakso.

5. Pencetakan adonan memerlukan media air hangat, hala ini agar bakso dapat mengeras dan matang. Rebus pentol sampai matang danmengambang pada permukaan air. Barulah tiriskan.

6. Sembari menunggu baso matang, kamu dapat menyiapkan bumbu sambal untuk baso pentolmu. Caranya : haluskan semua bahan sambal.

7. Kemudian tumis sambal menggunakan sedikit minyak hingga berbau harum. Setelahnya masukkan pentol ke dalam tumisan. Tumis dan aduk hingga keduanya tercampur rata. Beri garam, gula pasir, serta penyedap rasa, lalu beri air secukupnya agar pentol terendam.

8. Aduk hingga rata, kemudian tunggu hingga air susut dan bumbu meresap ke dalam pentol.

9. Jika asudah matang angkat kemudian sajikna selagi hangat.

Baca Juga : Resep Kue Kering Coco Chips

Nah, itulah rangkaian cara membuat resep pentol pedas Malang ala Caraprofesor.com. Gimana Foodies tertarik untuk membuat makanan satu ini?

Baca Juga : Resep Makan dari Singkong