Resep Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih

resep lupis ketan tanpa kapur sirih

resep lupis ketan tanpa kapur sirih

Resep lupis ketan tanpa kapur sirihKue Lupis merupak salah satu makanan tradisonal yang banyak menyedot perhatian banyak lapisan masyarakat. Terbuat dari beras ketan yang dibentuk menjadi seperti lontong atau bisa juga berbentuk segitiga dan dibungkus dengan daun pisang.

Lupis ketan, memiliki citarasa yang manis karna adanya saus gula merah yang disitramkan di atasnya. Selain itu pada lupis juga terdapat kelapa parut yang gurih, sehingga kedua perpaduan rasa tersebut memberi citarasa tersendiri pada lupis.

Apalagi ditambah dengan lupis yang memiliki tekstur yang sangat kenyal. Sehingga tak heran makan satu ini kerap di buru masyarakat sebagai hidangan yang sangat cocok menjadi pendamping kopi ataupun teh di pagi hari.

Tahukah kalian jika kekenyalan dari lupis karena adanya bahan yang spesial yaitu kapur sirih. Namun tak usah hawatir jika dirumah kalian tak ada kapur sirih, kalian tetap bisa kok membuat kue lupis tanpa kapur sirih.

Hasilnya juga tetap kenyal dan dapat tahan lama. Agar tak salah dalam langkahnya dan agar sesuai dengan ekspektasi. Yuk simak tips dan triknya berikut ini berdasarkan resep lupis ketan tanpa kapur sirih dari Caraprofesor.com berikut ini.

 

LANJUTKAN BACA ARTIKEL :

Resep Brownies Chocolatos Legit

Cara Memasak Terong Hijau

Resep Puding Jelly Nutrijel

Cara Memakai Serum Hanasui

 

Resep Kue Lupis Ketan Tanpa Kapur Sirih

resep lupis ketan tanpa kapur sirih
Sumber : https://4.bp.blogspot.com/

Bahan-bahan :

Daun pisang, secukupnya (bersihkan)
Tusuk gigi (secukupnya)
1/2 sdt garam
800 gram beras ketan (rendam 1 – 2 jam, kemudian cuci sampai bersih)
Parutan kelapa dari 1/2 bagian buah kelapa

 

Saos gula merah :

250 gram gula merah  (serut)
Tepung maizena 1 sdm (campur dengan sedikit air)
1 gelas air
Sejumput garam

 

Cara Membuat Kue Lupis Segitiga Yang Enak Dan Kenyal :

1. Pertama-tama, siapkan panci kecil untuk merebus air gula. Masukkan gula merah serut, air dan sejumput garam. Aduk-aduk sampai gula mencair.

2. Setelahnya, masukan tepung maizena yang sudah dicampur sedikit air. Tuangkan adonan tepung tersebut ke dalam panci gula merah, aduk sampai rata dan bertekstur kental. Sisihkan terlebih dahulu.

3. Setelah saus gula merah jadi, sekarang lanjut membuat lupisnya. Caranya, ambil daun pisang yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong lebar. Setelahnya, lipat daun pisang dengan bentuk segitiga. Isi dengan beras ketan yang tadi sudah direndam. Kemudian tusuk  menggunakan tusuk gigi sebagai kunciannya agar tidak lepas saat direbus. Lakukan cara satu ini hingga semua beras ketan habis.

4. Didihkan air di dalam panci untuk merebus lupis.

5. Setelahnya, masukkan bungkusan beras tadi ke dalam panci. Rebus selama kurang lebih 1 – 2 jam agar hasilnya lebih kenyal dan tahan lama. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

6. Sembari menunggu agar bungkusan lupis dingin. Kamu dapat membuat adonan toping kelapa parut, langkahnya yaitu campurkan parutan kelapa dengan 1/2 sendok teh garam. Aduk hingga kedua bahan tercampur rata, lalu kukus selama 10 menit.

7. Langkah selanjutnya kamu dapat menyajikannya, dengan susunan lupis ketan, kemudian beri taburan kelapa parut barulah kemudian siram dengan saos gula merah.

8. Lupis ketan tanpa kapur sirih siap dihidangkan dan disantap.

BACA JUGA : Resep Kue Kering Coco Chips

Sangat mudah dan praktis kan langkah pembuatannya, pasti kalian semua bisa mencobanya sendiri di rumah asalkan mau berusaha. Semoga ulasan tentang resep lupis ketan tanpa kapur sirih di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba!