resep kue pukis bangka

Resep Kue Pukis Bangka

Posted on

resep kue pukis bangka

Resep Kue Pukis Bangka Kue pukis merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang digemari oleh berbagai kalangan. Walaupun kue pukis ini terkenalnya dari daerah Banyumas, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba dari daerah lainnya, salah satunya dari Bangka nih.

Kue pukis Bangka tidak kalah enaknya dari kue pukis Banyumas, lho. Bangka memang terkenal dengan sajian kue-kuenya yang tebal, manis, dan terasa mewah. Oleh karena itu, tidak heran jika kue khas Bangka yang seperti terang bulan ini dijajakan dengan harga lumayan tinggi karena sudah dijamin kenikmatan rasanya.

Kue pukis Bangka kebanyakan disajikan dengan tambahan topping cokelat ataupun keju. Seiring perkembangan zaman dan trend, kini tersedia juga kue pukis pandan, vanilla, green tea dan lainnya. Sajian kue tradisional ini sangat mudah untuk dibuat. Jadi, Anda bisa membuat kue pukis Bangka sendiri di rumah.

resep kue pukis bangka

Sumber: https://blog.tokowahab.com

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue ini pun bisa dengan mudah Anda dapatkan, dengan membelinya di toko bahan kue ataupun supermarket. Sajian kue ini sangat cocok dinikmati ketika bersantai. ivermectin tabs Sambil ditemani dengan secangkir kopi atau teh hangat, sajian kue ini akan semakin lezat.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep kue pukis Bangka yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Cara Membuat Keripik Pepaya

Resep Kue Pukis Bangka, Sajian Kue Tradisional yang Manis dan Nikmat…

Bahan-bahan:
  • 125 gram terigu
  • 125 ml air kelapa
  • 5 gram ragi instan

resep kue pukis bangka

Sumber: https://www.diadona.id

Bahan Kue:
  • 4 butir kuning telur
  • 210 gram terigu
  • 300 gram gula pasir
  • 2 butir telur utuh
  • 2 gram vanili essence
  • 15 gram susu SKM
  • 13 gram margarin
  • 8 ml minyak goreng
  • 350 ml santan kental dari 2 buah kelapa
Bahan Pengembang:

3 gram baking powder

Bahan Isian:
  • 100 gram keju
  • 10 gram cokelat pasta
  • 30 gram margarin

Baca: Resep Keripik Bawang Seledri

Sumber: https://resepwisatakuliner.blogspot.com

Cara Membuat Kue Pukis Bangka:
  1. Siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti sebuah mixer, sebuah baskom, sebuah kocokan dan sebuah piring saji.
  2. Selanjutnya panaskan mentega atau margarin pada wajan dengan api sedang sampai mencair. Jika sudah mencair, matikan kompor dan diamkan.
  3. Olesi cetakan kue pukis menggunakan margarin secara merata, lalu sisihkan sejenak.
  4. Berikutnya siapkan sebuah wadah atau baskom, lalu masukkan ragi dengan air kelapa. Larutkan kedua bahan tersebut secara merata dengan cara mengaduknya.
  5. Setelah itu, tambahkan tepung terigu kedalamnya. Aduk semua bahan tersebut secara merata, lalu diamkan adonan ini selama kurang lebih 1 jam.
  6. Siapkan wadah lain, kocok telur dengan gula menggunakan mixer hingga bahan ini mengembang dan mengental secara merata.
  7. Lalu tambahkan tepung terigu kedalamnya secara perlahan, kemudian aduk-aduk dengan menggunakan spatula plastik hingga semua bahan ini tercampur secara merata.
  8. Kemudian kocok bahan biang yang sudah difermentasi 1 jam tadi dengan menambahkan santan, susu SKM, margarin cair, minyak goreng dan vanili. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur merata.
  9. Setelah itu, campurkan dengan adonan telur dan aduk kembali hingga semua bahan merata. Diamkan adonan selama kurang lebih 5 jam. Tambahkan baking powder dan aduk merata lagi, lalu saring.
  10. Ambil sedikit adonan dan masukkan cokelat pasta, lalu aduk sampai merata.
  11. Panaskan cetakan pukis, lalu masukkan adonan putih kedalamnya dan tutup hingga adonan hampir matang.
  12. Setelah itu, tuangkan kembali adonan yang sudah diberi cokelat pasta dibagian atasnya, lalu masak hingga matang. Jangan lupa taburi topping pada bagian atasnya. Jika sudah matang, sajikan.

Kue pukis Bangka ini sangat cocok disajikan bersama secangkir teh ataupu kopi sebagai teman bersantai bersama keluarga tercinta. ivermectin for birds dose Cara membuat sajian kue pukis ini sangat mudah bukan?

Anda dapat mempraktekan membuat sajikan kue pukis Bangka ini sendiri di rumah untuk keluarga tercinta. Semoga artikel resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah. ivermectin intolerance in dogs

Baca Juga: Resep Brownies Kukus Amanda 3 Telur

Baca juga  Cara Bikin Bolu Pisang, Renyah dan Enak, Ini Resepnya...