Resep Kikil Sapi Sepanjang

resep kikil sapi sepanjang

resep kikil sapi sepanjang

Resep Kikil Sapi Sepanjang – Kuliner kikil sapi Sepanjang merupakan salah satu kuliner makanan berbahan dasar kikil yang populer di Sepanjang. Sepanjang adalah daerah yang ada di Sidoarjo, tepatnya di Kecamatan Taman. Kuliner daerah satu ini merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak peminatnya.

Selain di Sepanjang, kuliner kikil sapi ini juga populer sampai ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Kikil sapi Sepanjang memiliki cita rasa istimewa antara perpaduan kenyal dan gurih yang terasa sekali. Penggunaan bumbu rempah berlimpah dengan perpaduan cita rasa pedas, membuat kuliner satu ini sangat menggugah selera makan.

Di Jawa Timur, masakan kikil sapi paling banyak ditemui dengan tambahan nasi hangat maupun irisan lontong. Kebanyakan dihidangkan dalam kondisi masih panas, sebab bila sudah dingin kuahnya akan mengental. Jadi, bila Anda membuatnya sendiri di rumah, jangan lupa untuk menghangatkan kembali jika ingin makan lagi. 

Bagaimana Cara Memilih Kikil Sapi yang Berkualitas?

Di beberapa tempat, kikil sapi juga disebut dengan cecek (krecek), dan bisa juga diolah dengan cara dioseng. Mirip dengan cingur, bedanya cingur dari bagian hidung sapi, sedangkan kikil umumnya dari kaki sapi. Untuk mendapatkan kikil berkualitas, umumnya membeli langsung pada pedagang langsung dari jagal.

Tapi bila membeli di pasar tradisional, pilihlah kiki yang berwarna kekuningan tetapi tidak terlalu bersih dan cerah. Walaupun masih ada sisa bulunya sedikit-sedikit, tidak akan menjadi masalah. Hindari juga kikil yang sudah berlendir, terlalu lembek maupun terlalu kaku. Tips terakhir untuk membedakan antara kikil babi dan sapi bisa dketahui dari ketebalannya.

resep kikil sapi sepanjang

Sumber: http://zonasedap.blogspot.com

Kikil babi cenderung lebih tebal serta adanya 3 titik yang umumnya saling berdekatan. Dari baunya saja kikil sapi memiliki bau yang khas daging sapi. Jika Anda sudah tahu tips cara memilih kikil yang enak untuk dimasak, sekarang Anda bisa lanjut menyimak resep lengkap untuk membuat kikil sapi Sepanjang. 

Baca Juga: Resep Soto Daging Bening Jogja

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep kikil sapi Sepanjang yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Resep Kikil Sapi Sepanjang yang Kenyal dan Gurihnya Bikin Nagih…

Bahan untuk Merebus Kikil Sapi:
  • 1 kg kaki sapi
  • 2 siung bawang putih, geprek
  • 10 lembar daun salam
  • 3 ruas jahe, iris tipis
Bumbu Halus:
  • 10 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 buah cabai merah
  • 3 ruas jahe
  • 2 ruas kunyit, bakar
  • 2 ruas lengkuas
  • 10 biji kemiri, sangrai
  • 1/2 sendok teh jinten
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 batang sereh
  • 1/2 buah pala
  • Garam dan gula secukupnya
  • Minyak untuk menumis

resep kikil sapi sepanjang

Sumber: https://dijelas.in

Cara Membuat Kikil Sapi Sepanjanag:
  1. Rendam kaki sapi dengan air panas untuk membersihkannya. Beberapa saat kemudian, hilangkan bulu dengan dikerik dengan pisau. Lakukan secara perlahan.
  2. Bakar bulu-bulu tipis yang masih tersisa agar bersih.
  3. Setelah itu, pisahkan kulit kikil dari tulangnya, lakukan dengan sabar. Kumpulkan semua kedalam satu wadah. Potong-potong sesuai selera.
  4. Sebelum dimasak, rebus terlebih dahulu kikil sekitar 3 jam sampai empuk.
  5. Buang air bekas rebusan, tiriskan dan cuci kikilnya.
  6. Rebus lagi dengan api sedang.
  7. Haluskan semua bumbu halus untuk memasak kikil.
  8. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan serai, tumis sampai matang dan aroma wanginya keluar.
  9. Masukkan semua bumbu yang sudah ditumis tersebut ke dalam rebusan kikil. Masak sampai matang, butuh waktu kurang lebih 3 jam. Angkat.

Kikil sapi Sepanjang siap disajikan, tambahkan pelengkap seperti lontong, taburan bawang, perasan jeruk, dan krupuk yang akan semakin menambah kelezatannya. Cara membuat kikil sapi Sepanjang sangat mudah bukan?

Anda dapat mempraktekan membuat kikil sapi Sepanjang sendiri di rumah untuk keluarga tercinta. Semoga resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Cara Membuat Keripik Pepaya