Resep Kepiting Asam Manis Jagung

Posted on

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi resep yang mungkin dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mencoba masak-masak di rumah. Resep yang akan kami sajikan adalah Resep Kepiting Asam Manis Yang Lezat Dan Segar.

Kepiting asam manis adalah salah satu hidangan seafood yang cukup populer di Indonesia. Biasanya, hidangan ini disajikan dalam bentuk kepiting yang direbus dan kemudian dicampur dengan bumbu yang asam dan manis. Bumbu yang digunakan dalam hidangan ini terdiri dari beragam bahan seperti saus tomat, bawang putih, bawang merah, cabai, gula, cuka, dan kecap asin. Semua bahan ini kemudian diolah hingga menjadi bumbu yang memiliki cita rasa yang khas dan enak.

Untuk membuat hidangan ini, pertama-tama Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

– 1 ekor kepiting
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 2 siung bawang merah, cincang halus
– 1 buah tomat, potong kasar
– 3 buah cabai merah, iris serong
– 3 buah cabai hijau, iris serong
– 3 sdm saus tomat
– 1 sdm kecap asin
– 1 sdt gula pasir
– 2 sdm air jeruk nipis
– 100 ml air

Langkah selanjutnya adalah memasak kepiting. Kepiting yang akan dimasak harus benar-benar segar dan sudah dibersihkan. Anda bisa merebus kepiting dalam air yang sudah direbus selama sekitar 5-7 menit atau hingga matang. Kemudian angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di atas wajan atau penggorengan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian tambahkan tomat dan cabai. Tumis hingga tomat dan cabai layu.

Masukkan saus tomat, kecap asin, gula pasir, dan air jeruk nipis ke dalam tumisan tersebut. Aduk rata dan masak hingga bumbu tercampur dengan baik. Setelah itu, masukkan kepiting yang sudah direbus tadi ke dalam wajan atau penggorengan. Aduk rata hingga kepiting terbalur dengan bumbu. Tuangkan air dan masak kembali hingga bumbu meresap.

Baca juga  Jagung P21

Kepiting asam manis siap disajikan! Hidangan ini sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat dan irisan mentimun. Selain itu, hidangan ini juga bisa menjadi salah satu hidangan yang cocok untuk dihidangkan dalam acara-acara khusus seperti arisan atau acara makan bersama keluarga.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah, kami menyarankan agar menggunakan kepiting yang segar dan berkualitas. Selain itu, pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bumbu juga berkualitas. Hal ini akan mempengaruhi rasa dan aroma dari masakan yang anda hasilkan.

Dalam pembuatan hidangan ini, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera. Misalnya, Anda bisa menambahkan potongan nanas atau pepaya untuk memberikan aksen rasa yang lebih segar dan manis pada hidangan ini.

Demikianlah resep Kepiting Asam Manis yang dapat kami bagikan. Semoga resep ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam berkreativitas dalam dunia masak-memasak di rumah.

Simak artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *