Resep Gulai Udang Kentang Aceh

Posted on

Ingin mencoba menu baru yang lezat dan menggugah selera? Anda bisa mencoba membuat Resep Gulai Kambing Aceh yang pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang. Dengan bumbu rempah khas Aceh yang kental dan cita rasa gurih yang memanjakan lidah, membuat gulai kambing ini sangat cocok untuk dihidangkan bersama nasi hangat dan keluarga tercinta. Simak resep lengkapnya berikut ini.

Langkah Pertama: Bahan-bahan

Resep Gulai Kambing Aceh

Sebelum memulai memasak gulai kambing Aceh, ada beberapa bahan dasar yang harus disiapkan terlebih dahulu. Di antaranya:

  • Daging kambing 500 g, potong sesuai selera
  • Bawang merah 15 butir, cincang halus
  • Cabe 5 buah
  • Kunyit sereh 1 batang, ambil bagian putihnya dan iris tipis
  • Kemiri 5 butir, haluskan
  • Jinten 1 sendok teh, sangrai dan haluskan
  • Garam secukupnya
  • Santan 200 ml
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Minyak untuk menumis

Langkah Kedua: Cincang Bumbu

Resep Gulai Kambing Aceh

Setelah bahan-bahan di atas disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan untuk membuat gulai kambing Aceh. Cincang halus bawang merah, cabai, dan kunyit sereh. Kemudian, haluskan kemiri dan jinten yang telah di sangrai.

Langkah Ketiga: Tumis Bumbu

Resep Gulai Kambing Aceh

Panaskan minyak secukupnya di dalam wajan. Setelah itu, tumis bawang merah, cabai, dan kunyit sereh hingga harum dan layu. Masukkan kemiri dan jinten yang telah dihaluskan, lalu aduk merata dan masak hingga bumbu matang. Anda dapat menambahkan sedikit air jika bumbu terlalu kering dan susah diaduk.

Langkah Keempat: Masukkan daging kambing

Resep Gulai Kambing Aceh

Setelah bumbu matang, masukkan daging kambing yang telah dipotong sesuai selera. Aduk rata hingga bumbu merata dan kambing tercampur dengan bumbu. Lanjutkan dengan mengaduk dan menumis hingga daging kambing terlihat agak kecokelatan.

Baca juga  Cara Mengobati Sakit Mata Dengan Bawang Putih

Langkah Kelima: Masak dengan Santan

Resep Gulai Kambing Aceh

Setelah daging kambing agak kecokelatan, masukkan santan sedikit-sedikit dan aduk perlahan. Masukkan juga daun jeruk ke dalam wajan dan aduk merata. Setelah itu, tambahkan sedikit garam sesuai selera. Masak gulai hingga bumbu dan santan tercampur merata dan kuah kental.

Langkah Keenam: Sajikan Gulai Kambing Aceh

Resep Gulai Kambing Aceh

Terakhir, angkat gulai kambing Aceh dari wajan dan sajikan di atas piring. Hidangkan gulai bersama nasi hangat dan keluarga tercinta. Nikmati kesegaran bahan alami dan sensasi pedasnya yang memanjakan lidah.

Demikian resep gulai kambing Aceh yang bisa dicoba di rumah Anda. Selamat mencoba!

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *