Resep Es Cappucino Cincau Gula Merah

Posted on

resep es cappucino cincau gula merah

Resep Es Cappucino Cincau Gula Merah – Cincau adalah bahan minuman yang terbuat dari bahan alami. Cincau sendiri memiliki tekstur yang lembut dan kenyal menyerupai jelly. Namun, cincau juga terbilang menyehatkan, lho.

Di pasaran, biasanya Anda bisa menemukan dua jenis cincau, yaitu cincau hijau dan cincau hitam. Cincau hijau berasal dari tanaman Mesona procumbens. Sedangkan, cincau hitam berasal dari Mesona palustris BL. Meskipun keduanya berasal dari tanaman berbeda, keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Biasanya es cincau menjadi minuman yang disukai dan favorit banyak kalangan. Minuman ini memang bisa meredakan dahaga saat buka puasa. Cincau sendiri sering dihidangkan dan dicampur dengan santan dan juga gula merah, agar membuat minuman ini begitu manis dan segar.

resep es cappucino cincau gula merah

Sumber: https://www.idntimes.com

Selain itu, Anda pun bisa berkreasi dengan cincau untuk membuat minuman yang nikmat untuk keluarga. Salah satu kreasi es cincau yang saat ini populer yaitu es cappucino cincau gula merah. Cara membuat sajian minuman yang satu ini sangat mudah sekali, bahan-bahannya pun bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Jadi, Anda bisa membuat es cappucino cincau gula merah sendiri di rumah deh. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep es cappucino cincau gula merah yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: Resep Brownies Kukus Amanda 3 Telur

Resep Es Cappucino Cincau Gula Merah yang Segar dan Manisnya Memanjakan Tenggorokan…

Bahan-bahan:
  • 200 gram cincau hitam
  • 5 bungkus bubuk cappucino
  • 1 liter susu cair full cream
  • 200 gram gula merah
  • 2 sdm gula pasir (tidak perlu jika tidak suka manis)
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
  • 350 ml air
  • Es batu secukupnya

resep es cappucino cincau gula merah

Sumber: https://mymilk.com

Cara Membuat Es Cappucino Cincau Gula Merah:
  1. Pertama, serut cincau menggunakan parutan keju. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah, lalu campurkan gula merah, air, daun pandan dan gula pasir.
  3. Jika sudah tercampur, lalu panaskan di atas api sedang sambil terus diaduk sampai gula larut. Angkat dan diamkan sampai uap panas hilang dan larutan gula menjadi dingin.
  4. Seduh bubuk cappucino dengan susu yang sudah dipanaskan.
  5. Siapkan gelas saji, lalu masukan serutan cincau hitam pada gelas. Disusul tuangkan cappucino yang sudah diseduh bersama susu cair kurang lebih setengah gelas.
  6. Selanjutnya masukan es batu sesuai selera. Sentuhan terakhir, siram larutan gula merah. Es cappucino cincau gula merah siap disajikan.

Es cappucino cincau gula merah siap disajikan dan dinikmati. Cara membuat sajian minuman es cappucino sangat mudah bukan? Anda bisa mempraktekan membuat es cappucino cincau gula merah sendiri di rumah untuk keluarga tercinta. Semoga artikel resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Es Kuwut Nutrijell