Resep Dendeng Sapi Ketumbar

Posted on

resep dendeng sapi ketumbar

Resep Dendeng Sapi Ketumbar Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang lezat dan banyak disukai orang. Daging sapi tidak hanya nikmat, tetapi juga sehat bagi tubuh. Di dalam daging sapi sendiri memiliki kandungan protein dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, tiga ons daging sapi memiliki kandungan seng, fosfor, protein, vitamin B kompleks (vitamin B6, riboflavin, vitamin B12, dan niacin). Daging sapi termasuk dapat dijadikan menu makanan sehat untuk diet. Daging sapi dapat diolah menjadi beragam menu makanan lezat, salah satunya dijadikan dendeng.

Dendeng sapi adalah kuliner yang berasal dari daging sapi yang dipotong tipis menjadi serpihan, bagian lemaknya dibuang. Kemudian dibumbui dengan saus asam, asin, dan manis. ivermectina fara reteta Lalu dikeringkan menggunakan api kecil atau dapat juga dijemur. Hasilnya pun menjadi daging yang diawetkan.

Tanpa harus dimasukkan ke lemari pendingin, makanan ini tetap dapat tahan lama. Dendeng sapi sekarang ini banyak dijual di toko, makanan ini cocok menjadi oleh-oleh para pecinta kulineran. cheap ivera Dendeng sapi lalu dimasak dengan tambahan bumbu dan rempah pilihan.

Banyak olahan dendeng yang menjadi favorit banyak orang. Salah satu variasi olahan dendeng sapi yang banyak penggemarnya yaitu dendeng sapi ketumbar. Kuliner ini sangat mudah dibuat, bahan-bahannya pun bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional dan supermarket.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep dendeng sapi ketumbar yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

resep dendeng sapi ketumbar

Sumber: https://www.youtube.com

Resep Dendeng Sapi Ketumbar yang Nikmat dan Lezatnya Dijamin Bikin Nagih…

Bahan:
  • 1/2 kg daging sapi, iris-iris untuk dendeng
  • Air bersih secukupnya
  • 1/2 sdt garam
Bumbu yang Dihaluskan:
  • 1 sdm bawang putih halus, 1 sdt kunyit halus
  • 1 sdt sereh halus, 1 sdt lengkuas halus
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt lada bubuk, 1 sdt kemiri halus
  • 1 sdt jahe halus dan 1 sdm ketumbar bulat (ulek kasar)
Bumbu Tambahan:
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
Cara Membuat:
  1. Cuci bersih daging sapi yang sudah dipotong-potong. Lalu rebus dengan air yang sudah diberi garam, rebus  daging sampai setengah matang. Buang lemak daging yang ada dipermukaan air.
  2. Setelah setengah matang, matikan kompor. Buang air rebusan pertama, dan tiriskan.
  3. Siapkan rebusan air kedua. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Aduk merata, lalu koreksi rasanya.
  4. Setelah itu, masukkan daging, rebus atau ungkep daging sampai bumbu meresap dan daging terasa empuk.
  5. Jika daging sudah empuk, buang air rebusan dengan cara disaring agar bumbu ketumbarnya tidak terbuang.
  6. Tumbuk-tumbuk daging dengan bumbu ketumbarnya hingga daging agak tipis dan agar ketika digoreng garing.
  7. Panaskan minyak goreng agak banyak dalam wajan, lalu goreng daging hingga matang dan garing. Goreng dengan api sedang. Angkat jika sudah matang, sajikan

Dendeng sapi ketumbar siap dihidangkan, nikmati bersama nasi putih hangat yang akan semakin menambah kelezatan dalam menyantapnya. Cara membuat dendeng sapi ketumbar sangat mudah bukan?

Anda dapat mempraktekan membuat dendeng sapi ketumbar sendiri di rumah untuk keluarga tercinta. Semoga artikel resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Rica Rica Entok Kemangi