Resep Bobor Bayam Tanpa Kencur

Posted on

Resep Bobor Bayam Enak, Gurih dan Mudah Dibuat di Rumah – Bobor bayam merupakan jenis masakan sayur berkuah yang sangat populer di Indonesia. Biasanya, bobor bayam disajikan sebagai lauk tambahan yang nikmat dan segar, terutama ketika disajikan bersama dengan nasi hangat. Resep bobor bayam yang gurih dan enak ini sangat mudah untuk dibuat di rumah, dan akan menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan makan siang atau malam Anda.

Langkah Pertama: Persiapkan Semua Bahan-Bahan

Resep Bobor Bayam

Untuk membuat resep bobor bayam yang enak, gurih dan mudah dibuat di rumah ini, Anda perlu mempersiapkan semua bahan-bahan yang akan digunakan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang akan digunakan:

  • 1 ikat bayam
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat besar
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula merah
  • 800 ml air
  • 2 sendok makan minyak goreng

Langkah Kedua: Cuci dan Potong Bayam

Cuci dan Potong Bayam

Langkah kedua dalam resep bobor bayam yang enak, gurih dan mudah dibuat di rumah ini adalah mencuci dan memotong bayam yang akan dipakai. Hati-hati saat mencuci bayam, pastikan sisa air sudah dilap dengan bersih. Kemudian, potong bayam menjadi bagian yang agak kecil agar mudah dimasak.

Langkah Ketiga: Tumis Bumbu Halus

Tumis Bumbu Halus

Langkah ketiga dalam resep bobor bayam yang enak, gurih dan mudah dibuat di rumah ini adalah menumis bumbu halus. Tumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum. Kemudian, masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu halus matang dan harum.

Baca juga  Cara Menanam Sawi Aquaponik

Langkah Keempat: Masukan Tomat dan Garam

Masukan Tomat dan Garam

Langkah keempat dalam resep bobor bayam yang enak, gurih dan mudah dibuat di rumah ini adalah memasukkan tomat dan garam. Masukkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil, dan masak hingga tomat layu dan empuk. Setelah itu, masukkan garam sesuai selera.

Langkah Kelima: Masukan Bayam dan Gula Merah

Masukan Bayam dan Gula Merah

Langkah kelima dalam resep bobor bayam yang enak, gurih dan mudah dibuat di rumah ini adalah memasukkan bayam dan gula merah. Masukkan bayam yang sudah dipotong ke dalam air, dan aduk rata. Setelah itu, masukkan gula merah dan aduk lagi hingga gula merah larut dengan baik.

Langkah Keenam: Masak Bobor Bayam

Masak Bobor Bayam

Langkah keenam dalam resep bobor bayam yang enak, gurih dan mudah dibuat di rumah ini adalah memasak bobor bayam. Masak adonan dengan api kecil hingga bobor bayam matang dan kuah meresap dengan sempurna.

Demikianlah resep bobor bayam yang enak, gurih dan mudah dibuat di rumah. Anda dapat menikmati hidangan ini sebagai lauk tambahan untuk nasi, atau sebagai hidangan utama untuk makan siang atau makan malam. Selamat mencoba!

Temukan tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *