Resep Ayam Bakar Padang Tanpa Santan

resep ayam bakar padang tanpa santan

resep ayam bakar padang tanpa santan

Resep Ayam Bakar Padang Tanpa Santan – Apakah Anda pecinta masakan Padang? Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan kuliner masakan Padang pasti sudah tidak asing juga dengan hidangan ayam bakar Padang. Ayam bakar Padang merupakan salah satu menu yang asli berasal dari Sumatera Barat, tepatnya dari kota Padang.

Ayam bakar khas Padang ini memanglah mengutamakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Selain itu juga tidak lupa dengan perpaduan cabai yang membuat rasanya menjadi pedas, cocok dengan cita rasa khas masakan Padang. Hidangan ayam bakar Padang merupakan sajian yang lezat serta nikmat.

Sajian ini sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan sepiring nasi hangat serta lalapan dan sambal yang lezat. Mungkin yang sering Anda temui yaitu ayam bakar Padang perpaduan dengan santan. Namun, bagi Anda yang sedang menghidari kuliner dengan campuran santan, Anda tidak perlu khawatir.

Mulai sekarang, Anda dapat membuat ayam bakar Padang tanpa santan sendiri di rumah, lho. Cara membuat ayam bakar Padang tanpa santan ini sangat mudah, bahan-bahannya pun dapat dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional maupun supermarket.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai resep ayam bakar Padang tanpa santan yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

resep ayam bakar padang tanpa santan

Sumber: https://jateng.tribunnews.com

Resep Ayam Bakar Padang Tanpa Santan yang Lezat dan Gurihnya Bikin Nagih…

Bahan Utama Ayam Bakar:
  • 1 ekor daging ayam
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 800 ml air
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 buah asam kandis
  • 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  • 1/ 4 sdt gula pasir
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak, untuk menumis
Bumbu Ayam yang Dihaluskan:
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 centimeter kunyit, bakar
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 3 centimeter jahe
  • 5 buah cabai merah besar
  • 1/ 4 sdt merica bubuk

resep ayam bakar padang tanpa santan

Sumber: https://flatwow.in

Tips Membersihkan Daging Ayam:
  1. Cuci daging ayam keseluruhan sampai bersih dengan air yang mengalir.
  2. Setelah itu, potong daging ayam menjadi sebanyak 4 potong ataupun sesuai selera kamu.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong kedalam wadah.  Bilas lagi daging ayam sampai bersih dengan air yang mengalir.
  4. Lumuri daging ayam dengan memakai jeruk nipis secara menyeluruh serta tambahkan taburan garam. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis yang melekat pada daging ayam secara menyeluruh.
Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Padang Tanpa Santan:
  1. Haluskan semua bumbu halus dengan ulekan ataupun blender.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan sedikit. Tumis bumbu halus sampai beraroma harum yang wangi dan lezat.
  3. Setelah itu, masukkan bawang putih, bawang merah, dan serai. Tumis merata.
  4. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong- potong. Masak daging ayam sampai berubah warna serta teksturnya menjadi setengah matang.
  5. Tuangkan air kedalam tumisan ayam bersama dengan bumbu-bumbu yang lain seperti gula merah, garam serta asam kandis. Aduk merata, masak daging ayam sampai mendidih dan daging ayam matang serta empuk secara menyeluruh. Angkat.
  6. Siapkan pembakaran untuk daging ayam, tunggu sampai panas.
  7. Setelah itu, bakar potongan daging ayam diatas bara api sampai matang. Jangan lupa oleskan sisa bumbu diatas daging ayam secara menyeluruh.
  8. Bolak balik ayam supaya tidak gosong. Jika sudah matang, angkat ayam bakar, serta hidangkan dalam piring saji.

Ayam bakar Padang tanpa santan siap dihidangkan, nikmati bersama nasi putih hangat, lalapan serta sambal pedas yang akan semakin menambah kelezatan menyantapnya. Cara membuat hidangan ayam bakar Padang tanpa santan ini sangat mudah bukan?

Anda dapat mempraktekan membuat ayam bakar Padang tanpa santan ini sendiri di rumah untuk keluarga tercinta. Semoga resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Soto Daging Bening Jogja