Preparat Akar Bawang Merah

Posted on

Pertanian hidroponik menjadi salah satu alternatif solusi dalam mengatasi masalah pengolahan tanah yang semakin terbatas. Salah satu tanaman yang pernah saya tanam secara hidroponik adalah bawang merah. Menanam bawang merah hidroponik terbilang cukup mudah, namun membutuhkan kehati-hatian dan ketelatenan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menanam bawang merah hidroponik:

1. Persiapan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum menanam bawang merah hidroponik antara lain: wadah hidroponik, netpot, hidronet, substrat hidroponik, larutan nutrisi hidroponik, bibit bawang merah, dan alat ukur pH dan EC.

2. Penyemaian Bawang Merah

Mulailah dengan menyiapkan bibit bawang merah. Anda bisa membeli bibit bawang merah di toko pertanian atau memperolehnya dari bawang merah hasil panen sebelumnya yang telah tumbuh tunas. Ambil bibit bawang merah dan masukkan ke dalam netpot yang telah diisi dengan hidronet. Siram bibit dengan air bersih hingga hidronet basah kemudian taruh netpot pada wadah hidroponik.

3. Pemeliharaan Tanaman

Pastikan larutan nutrisi hidroponik yang digunakan sesuai dengan kebutuhan bawang merah. Jangan lupa untuk mencampurkan larutan dengan air bersih sesuai proporsi yang dibutuhkan. Letakkan hidroponik di tempat yang terkena sinar matahari selama 6-8 jam sehari dengan suhu sekitar 25-27 derajat Celsius. Pasang sistem aerator agar oksigen dapat terlarut sempurna di dalam larutan nutrisi.

4. Pemangkasan Tunas

Setelah 8-10 hari, bawang merah akan tumbuh tunas. Pemangkasan tunas dilakukan untuk memastikan pertumbuhan umbi bawang merah yang optimal. Pemangkasan tunas dilakukan sekitar 2-3 kali dengan jarak waktu 7-10 hari. Pastikan setiap pemangkasan dilakukan dengan hati-hati dan bersih untuk menghindari kerusakan pada bibit bawang merah.

Baca juga  Masak Daging Kentang Kecap

5. Penuaian Bawang Merah

Setelah sekitar 70-80 hari, umbi bawang merah siap dipanen. Panen dilakukan dengan mudah dengan cara mengangkat hidroponik beserta dengan bawang merah. Buang hidronet dan substrat, lalu pisahkan umbi bawang merah dari tunas dan akar.

Menanam bawang merah hidroponik memang mengharuskan ketelatenan dan kehati-hatian, namun hasil yang didapatkan sangat memuaskan. Selain itu, menanam tanaman secara hidroponik juga lebih efisien karena tidak perlu menggunakan lahan yang luas dan hasil panennya pun lebih cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba menanam bawang merah hidroponik di rumah Anda!

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *