Pesan Cerita Timun Mas

Posted on

Dongeng adalah salah satu jenis cerita yang paling diminati oleh anak-anak. Dongeng tidak hanya dapat menjadi sarana hiburan, tetapi juga bisa memberikan pesan moral kepada pembaca atau pendengar. Dongeng Timun Mas merupakan salah satu dongeng tradisional yang sangat populer di Indonesia.

Timun Mas: Pengantar

Timun Mas

Dongeng Timun Mas bercerita tentang seorang ibu yang sangat ingin memiliki seorang anak yang cantik dan pandai. Ia kemudian berkumpul dengan dukun setempat untuk berdoa agar dikaruniai seorang anak. Bukannya seorang anak, ibu itu diberi sebutir timun besar yang harus dirawat selama tujuh hari. Setelah tujuh hari merawat, ternyata timun itu berubah menjadi seorang anak perempuan yang cantik rupawan.

Timun Mas: Plot Cerita

Timun Mas: Plot Cerita

Setelah tumbuh dewasa, Timun Mas pun disuruh untuk meninggalkan rumahnya dan mencari perlindungan di kampung lain untuk menghindari sang raja jelmaan harimau yang ingin memangsa dirinya. Timun Mas akhirnya menemukan jalan menuju kampung yang dihuni oleh seorang saudagar kaya.

Saudagar kaya tersebut kemudian menyuruh Timun Mas untuk tinggal bersamanya sebagai seorang pembantu. Setelah beberapa lama bekerja sebagai pembantu, Timun Mas harus melarikan diri karena saudagar tersebut ingin menikahinya.

Setelah melarikan diri dan menjumpai berbagai rintangan dalam perjalanan, Timun Mas akhirnya bertemu dengan seorang raksasa yang melakukan balas jasa atas perbuatan baik yang dilakukan oleh Timun Mas terhadap anak-anak raksasa yang kesulitan.

Dengan bantuan raksasa, Timun Mas berhasil melarikan diri dari sang raja jelmaan harimau dan kembali ke rumahnya.

Timun Mas: Pesan Moral

Timun Mas: Pesan Moral

Dalam cerita Timun Mas, terdapat beberapa pesan moral yang bisa dipetik, yaitu:

Baca juga  Daun Bawang Son

1. Kepedulian terhadap orang lain akan selalu dihargai.
2. Kepercayaan pada diri sendiri harus selalu dimiliki.
3. Kesabaran dan kejujuran dalam menjalankan kehidupan adalah hal yang penting.
4. Guna dan tujuan dalam hidup tidak selalu berdasarkan keinginan orang tua atau orang lain.
5. Tidak mudah menyerah dalam menghadapi rintangan dalam hidup.

Penutup

Penutup

Demikian cerita singkat dan pesan moral dalam dongeng Timun Mas. Semoga Dongeng ini dapat memberikan inspirasi dan pesan moral yang positif bagi pembaca dan pendengar terutama anak-anak serta juga bisa menjaga warisan budaya bangsa yang sangat penting.

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *