Perbedaan Ekosistem dan komunitas yang wajib kamu tahu

Biologi, Perbedaan

Perbedaan Ekosistem dan komunitas. Ekosistem adalah organisme hidup dan faktor lingkungan yang berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu. Komunitas yang hanya organisme hidup yang berinteraksi dalam area tertentu.

Definisi Ekosistem

Ekosistem yang dapat didefinisikan sebagai kelompok organisme hidup dan semua faktor lingkungan abiotik yang berinteraksi di dalam area tertentu. Baik kelimpahan organisme dan sifat faktor lingkungan, memengaruhi ekosistem dan dapat menyebabkannya berubah. Manusia dapat berdampak pada ekosistem dengan mengatasi faktor lingkungan atau dengan memindahkan atau menambah spesies.

Ukuran Ekosistem

Ekosistem lebih besar dari komunitas dan mencakup komunitas plus parameter lingkungan yang berdampak pada anggota komunitas. Ini berarti bahwa selain biomassa organisme hidup yang ada, kami juga peduli dengan tanaman dan hewan yang ditemukan, dan nutrisi serta sumber daya terkait yang ada.

Kehidupan binatang

Semua hewan ditemukan di tanah atau air. Misalnya, lalat capung dapat ditemukan di aliran di mana oksigen tinggi. Ini juga merupakan larva capung yang juga beradaptasi dengan air yang mengalir deras. Setiap perubahan kadar oksigen dan dampak dari hewan-hewan ini dan karenanya seluruh ekosistem.

Tingkat trofik dalam Ekosistem

Ada tingkat trofik yang hadir di mana aliran energi biasanya menanam ke konsumen, yaitu hewan. Energi yang diambil oleh konsumen pertama yang memakan produsen dilewatkan melalui rantai makanan atau makanan ke hewan lain atau konsumen ketika dimakan oleh mereka. Ketika organisme mati mereka kembali ke lingkungan dan dengan demikian mempengaruhi faktor abiotik ekosistem.

Contoh Ekosistem

Ada banyak jenis ekosistem yang ditemukan di air dan di darat. Misalnya, ada ekosistem perairan sungai Nil. Di Afrika, Anda dapat memiliki ekosistem Acacia savannah dengan semua bentuk kehidupan dan tanah yang membentuk ekosistem ini.

Definisi Komunitas

Komunitas kelompok dan tanaman yang ditemukan di area tertentu yang semuanya berinteraksi dalam beberapa cara. Jumlah dan ukuran setiap populasi hewan sangat dipengaruhi oleh komunitas, dan dapat menyebabkannya berubah. Ekologi komunitas fokus pada interaksi biotik fauna dan flora. Manusia dapat berdampak pada komunitas dengan menghapus atau menambahkan spesies.

Ukuran Komunitas

Komunitas lebih dari sekedar ekosistem karena tidak termasuk faktor abiotik. Karena itu, ia terlibat dan substrat yang digunakan hewan dan tumbuhan.

Kehidupan binatang

Hewan berinteraksi dalam komunitas baik melalui predasi atau kompetisi, yang membantu menentukan struktur komunitas. Dengan kata lain, hewan dapat bersaing untuk memakan tanaman, atau untuk ruang. Spesies yang berbeda juga memangsa hewan lain dan membantu mengatur ukuran populasi. Misalnya, kami dapat membantu mengendalikan area dengan memakannya. Jika tidak ada predator untuk tikus, maka akan ada terlalu banyak di daerah itu.

Tingkat trofik komunitas

Komunitas juga mengandung level trofik dan makanan dari produsen ke konsumen hingga predator teratas tercapai. Mirip dengan suatu ekosistem, suatu komunitas mengandung banyak cara makan yang berbeda seperti herbivora, omnivora, dan karnivora.

Contoh Komunitas

Mungkin ada komunitas makroinvertebrata yang berbeda dalam satu aliran dibandingkan dengan yang lain. Contoh lebih lanjut adalah komunitas burung, pohon cemara, dan semua organisme lain yang ditemukan hidup di rawa Louisiana.

Perbedaan antara Ekosistem dan ekosistem

Ekosistem adalah semua bentuk kehidupan dan faktor lingkungan yang ditemukan di wilayah tertentu. Sebuah komunitas ditemukan di wilayah tertentu.

Terstruktur

Struktur ekosistem dipengaruhi oleh organisme hidup dan juga perubahan faktor lingkungan. Interaksi biotik antara terjadi di antara organisme hidup.

Faktor abiotik

Ekosistem mencakup semua faktor abiotik seperti tanah, air, dan pengaruh pada organisme hidup di daerah tersebut. Komunitas tidak memasukkan faktor aborsi atau dampaknya pada organisme hidup.

Ukuran

Ekosistem adalah komunitas karena mencakup faktor lingkungan, dan komunitas lebih kecil dari ekosistem karena hanya peduli dengan organisme hidup.

Dampak manusia

Manusia dapat berdampak pada ekosistem dengan memperkenalkan spesies asing, menghilangkan hewan dan tumbuhan, dan berdampak negatif terhadap sumber daya lingkungan melalui erosi tanah. Manusia dapat memengaruhi komunitas melalui remo.

Ringkasan Perbedaan Ekosistem dan Komunitas

  • Komunitas dan ekosistem memiliki organisme hidup.
  • Ekosistem mencakup semua tanaman, hewan dan bentuk kehidupan serta faktor lingkungan abiotik yang berinteraksi dengan mereka.
  • Komunitas hanya mencakup tanaman, hewan, dan bentuk kehidupan lainnya.
  • Ekosistem dipengaruhi oleh perubahan faktor abiotik dan interaksi antar organisme hidup.
  • Masyarakat hanya dipengaruhi oleh perubahan faktor biotik, seperti predasi dan kompetisi.