Perbedaan debat dan diskusi, pengertian, serta ciri-cirinya

Perbedaan debat dan diskusi
Perbedaan debat dan diskusi

Perbedaan debat dan diskusi, pengertian serta ciri-cirinya yang perlu kamu tahu agar bisa membedakan dan tidak rancu dalam memahaminya.

Memang banyak dari kita yang ternyata masih belum mengetahui perbedaan antara diskusi dan debat karena beberapa orang masih menganggapnya sama. Ataupun kalau mereka menganggap berbeda masih belum tahu poin-poin apa saja yang membuat diskusi dan debat itu beda.

Dalam artikel kali ini kita akan mencoba mencari tahu pengertian serta perbedaan dari debat dan diakusi tersebut. Sebelum kita membahas mengenai perbedaan diskusi dan debat ada baiknya mengetahui pengertian dari kedua istilah tersebut. Berikut ulasannya:

Pengertian debat dan diskusi

Pengertian diskusi adalah sebuah aktivitas untuk membicarakan atau membahas sebuah topik dengan seseorang dengan maksud untuk memperjelas atau menemui titik terang dari permasalahan tersebut. Sedangkan debat merupakan sebuah aktivitas dalam mengutarakan sebuah argumentasi yang secara umum bertentangan dengan lawan bicara tersebut. 

Dalam proses debat biasanya masing-masing orang akan mengutarakan alasan atau pendapatnya dengan tujuan untuk mencari yang paling benar. Meskipun demikian terkadang beberapa debat yang tidak sehat justru memicu pertengkaran lantaran masing-masing dari individu mencoba untuk mempengaruhi lawan debat nya bukan untuk mencari kebenaran.

Tujuan debat dan diskusi

Debat

Secara umum tujuan debat adalah mempertahankan pendapat pribadi atau kelompok serta mencoba mempengaruhi lawan debat untuk mengikuti dan mengatakan bahwa pendapatnya lah yang benar.

Diskusi

Sedang diskusi lebih ke mencari jalan keluar untuk mencari titik temu dari permasalahan yang ada dengan cara membicarakannya secara baik-baik. Diskusi biasanya lebih menggunakan musyawarah serta alasan-alasan yang objektif karena tujuannya adalah mencari kebenaran bukan mengalahkan argumen lawan.

Perbedaan debat dan diskusi

Dari pengertian dan tujuan tersebut maka sekilas anda bisa memahami apa perbedaan debat dan diskusi. Berikut ulasan singkat mengenai perbedaan antara debat dan diskusi:

Dua orang atau kelompok yang bertentangan

Sebuah diskusi bisa dikatakan menjadi debat jika ada dua orang atau kelompok yang saling bertentangan dan masing-masing ingin menguatkan argumentasinya. Dari perbedaan pandangan ini maka muncullah sebuah diskusi yang mengarah kepada perdebatan.

Selain itu terkadang perdebatan juga lebih banyak tidak didasari pada ilmiah melainkan ego semata. Sehingga islam sangat melarang seseorang untuk sering melakukan debat.

Debat mempertahankan pandangan

Sesuatu bisa dikatakan debat jika memenuhi syarat yang kedua yaitu berusaha untuk mempertahankan pendapat sendiri. Dalam proses perdebatan biasanya seseorang akan sangat kuat dalam mempertahankan argumen dan mencoba untuk mematahkan argumentasi lawan.

Sedangkan diskusi biasanya lebih mencoba untuk mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan dengan keterbukaan pandangan. Jadi dalam proses diskusi masing-masing orang siap untuk menerima pendapat dari lawan diskusinya jika dirasa argumen dari lawan diskusi tersebutlah yang memang benar.

Debat lebih ke arah kepentingan pribadi atau kelompok sendiri

Perbedaan debat dan diskusi yang selanjutnya adalah biasanya dalam prosesnya lebih mementingkan pendapat pribadi atau kelompoknya. Selain itu biasanya dalam debat mereka lebih meninggikan ego sekaligus menjadi suatu selebrasi atau menunjukkan keunggulan dari kelompok tersebut. 

Ini sangat berbeda jauh dengan diskusi di mana masing-masing dari keduanya sama-sama menerima apapun pendapat dari lawan diskusi selama itu masuk akal dan mendekati kebenaran. Masing-masing orang dalam proses diskusi akan mencoba mendengarkan dan menerima masukan dari lawan diskusi tersebut serta mencoba untuk mengecilkan ego masing-masing.

Etika dalam debat dan diskusi

Diskusi merupakan sebuah proses yang baik oleh sebab itu agar membuatnya tetap baik dan terarah dibutuhkan beberapa etika. Beberapa etika dalam berdiskusi antara lain adalah:

Lapang dada

Salah satu hal yang harus anda persiapkan saat mencoba untuk berdiskusi adalah lapang dada. Lapang dada ini sangat penting sekali untuk menerima apapun pendapat dari lawan diskusi jika memang benar dan sesuai dengan keadaan.

Menggunakan bahasa yang baik dan sopan

Dalam proses debat dan diskusi kita harus mencoba untuk menggunakan etika serta bahasa yang sopan. Hal ini sangat penting sekali karena dengan bahasa yang sopan akan memungkinkan lawan diskusi kita untuk bisa menerima pendapat yang kita utarakan.

Sesuai tema yang dibahas

Ini merupakan hal yang sangat penting sekali dalam proses diskusi atau debat. Membahas sesuatu hal yang sesuai dengan tema debat atau diskusi akan membantu proses pemecahan masalah menjadi semakin cepat dan terarah. 

Tetapi sayangnya terkadang banyak orang yang mencoba untuk keluar dari topik atau pembahasan terutama saat mereka mulai kalah dalam debat. Membahas sesuatu yang keluar dari topik selain akan menghalang-halangi proses penyelesaian masalah juga akan memicu pertengkaran sehingga proses debat atau diskusi menjadi tidak sehat.

Ciri-ciri debat dan diskusi

Untuk memperjelas perbedaan antara debat dan diskusi berikut ciri-ciri dari keduanya:

Ciri-ciri debat

  • Dalam proses debat moderator bertindak sebagai penengah.
  • Setiap individu atau kelompok memberikan argumentasi masing-masing mengenai topik yang sedang dibahas.
  • Masing-masing anggota debat memiliki pandangan yang berbeda mengenai suatu masalah
  • Dalam proses debat biasanya ada pihak yang kalah atau menang. Kemenangan atau kekalahan ini bisa dipilih berdasarkan hasil voting atau penilaian dari sebuah dewan juri yang telah dibentuk sebelumnya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi debat kusir terutama yang tidak tertata seperti purba di dunia maya.

Ciri-ciri diskusi

  • Moderator hanya bertindak sebagai pemandu jalannya diskusi berfungsi sebagai penengah.
  • Dalam sebuah diskusi tidak ada pro dan kontra seperti halnya debat.
  • Hasil dari diskusi untuk kebaikan kedua belah pihak dan bisa diterima pula oleh keduanya.
  • Tidak ada kemenangan atau kekalahan dari sebuah diskusi, yang ada hanya penyelesaian sebuah permasalahan.

Dampak buruk debat

Terkadang debat yang tidak sehat dapat menyebabkan banyak masalah serta dampak negatif. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari debat hanya menguatkan argumentasi nya saja tanpa mendengarkan pendapat dari orang lain. Beberapa dampak buruk dekat di antaranya adalah:

Memicu pertengkaran

Banyak dari proses debat terutama yang dilakukan oleh orang yang tidak berilmu justru akan memicu pertengkaran. Mereka biasanya hanya mengedepankan ego semata dan tidak mengedepankan akal serta ilmu.

Debat yang semacam ini harus dihindari dan sangat tercela karena tidak memiliki manfaat apa-apa. Biasanya perdebatan yang tidak sehat sering dilakukan oleh para pengguna jejaring sosial dimana mereka bisa dengan mudah menjudge pendapat orang lain tanpa mau menerima kritik dan saran.

Masalah tidak terselesaikan

Karena proses perdebatan yang tidak sehat kedua belah pihak saling mengutarakan pendapat tanpa menggunakan ilmu maka permasalahan tidak bisa diselesaikan dengan baik. Hal ini sangat berbeda dengan diskusi di mana dalam prosesnya lebih mengedepankan pengetahuan serta ilmu.

Selain itu rasa tidak ingin mengalah pada masing-masing anggota debat juga akan menghambat proses penyelesaian masalah itu sendiri. 

Pemicu bermusuhan

Setelah proses debat selesai yang ada bukan masalah yang terselesaikan melainkan adanya permusuhan. Debat kusir biasanya memang lebih banyak memberikan dampak negatif karena hanya berdasarkan pada ego masing-masing individu saja.

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai perbedaan debat dan diskusi serta pengertian dan ciri-cirinya yang mungkin belum anda ketahui.