Perbedaan antara Kreatin dan Kreatinin

Biologi, Perbedaan

Perbedaan Kreatin dan Kreatinin. Baik Kreatin dan Kreatinin adalah dua protein yang ditemukan dalam darah di dalam tubuh. Keduanya berada di homeostasis, di tubuh manusia. Mereka diperoleh dari protein dan itulah mengapa tingkat kreatinin dan Kreatin lebih besar dalam daging. Oleh karena itu, tingkat ini lebih tinggi pada orang yang makan daging dibandingkan dengan orang yang vegetarian.

Apa itu Kreatin?

Kreatin adalah zat yang secara alami ada di vertebrata. Kreatin adalah asam amino yang sebagian besar disimpan di otot tubuh dan otak. Meskipun Kreatin dapat dibuat secara sintetis, sebagian besar berasal dari makanan laut dan daging merah. Ini dibuat di hati, pankreas dan ginjal dan itu adalah zat nitrogen dan memiliki kelompok karboksilat untuk itu. Kreatin dihasilkan dari glisin, L-arginine, dan asam amino L-metionin.

Orang mengkonsumsi Kreatin secara oral untuk mengobati gangguan dan kondisi otak, penyakit jantung dan masalah neurologis lainnya. Kreatin topikal digunakan untuk mengobati penuaan kulit.
Kreatin juga memperlakukan, depresi, fibromyalgia, myopathies inflamasi idiopatik, atrofi otot dan kram, trauma kepala, diabetes, skizofrenia, kerusakan otot di tulang belakang, sindrom Rett, atrofi bergigit (penyakit mata), penyakit Parkinson, multiple sclerosis, masalah pernapasan pada bayi selama tidur, dan pemulihan dari operasi.

Apa itu Kreatinin?

Kreatinin adalah produk limbah kimia yang dibentuk oleh pemecahan Kreatin dalam sel-sel otot. Produksi Kreatin phosphate tergantung pada massa otot individu dan dihilangkan dari tubuh melalui ginjal. Ini diangkut ke ginjal dan melalui aliran darah dan disaring dan dikeluarkan dari tubuh dalam urin. Kadar kreatinin pada pria lebih tinggi pada pria dibandingkan dengan wanita. Ini karena pria memiliki lebih banyak otot rangka daripada wanita.
Kadar kreatinin darah dan urin dinilai untuk menghitung bersihan kreatinin dan menunjukkan laju filtrasi glomerulus. Gangguan fungsi dan kerusakan ginjal Jika ginjal rusak berat dan tidak berfungsi, tingkat dispensasi kreatinin akan menunjukkan itu. Kadar kreatinin yang rendah menunjukkan atrofi otot, gaya hidup menetap, malnutrisi / kelemahan dan multiple sclerosis.

Beberapa manfaat dari pembersihan kreatinin adalah;

  • Itu tidak memerlukan administrasi
  • Ini dapat dengan mudah diperkirakan
  • Ini adalah metabolit normal tubuh
  • Pada tahap awal, ia mendapat keuntungan lebih dari S. Kreatinin.

Perbedaan antara Kreatin dan Kreatinin

Definisi

Kreatin

Kreatin adalah asam amino yang diproduksi secara alami di tubuh manusia oleh ginjal, hati dan pankreas.

Kreatinin

Ini adalah produk limbah biologis yang dihasilkan oleh otot oleh kerusakan senyawa yang disebut Kreatin.
Rumus molekuler dan nama ilmiah

Kreatin

Formula Molekuler – Rumus kimia untuk Kreatin adalah C4H9N3O2
Nama ilmiah – 2- (carboximidoyl-methyl- amino) asam asetat.

Kreatinin

Formula molekuler – Rumus kimia untuk kreatinin adalah C4H7N3O
Nama ilmiah – 2-amino-1-metil-5h-imidazol-4-satu

Kreatin

Kreatin sangat penting untuk tubuh. Ini adalah asam organik. Ini adalah senyawa alami yang dibuat di dalam tubuh dan diperoleh dari makanan melalui produk daging. Ini membantu jaringan otot menghasilkan lebih banyak energi, mempercepat pertumbuhan otot, membantu memerangi penyakit neurologis dan Parkinson, mengurangi diabetes dan meningkatkan kinerja latihan intensitas tinggi. Ini digunakan sebagai suplemen diet yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja atletik dan kekuatan otot.

Kreatinin

Kreatinin tidak melakukan fungsi vital apa pun di dalam tubuh. Ini bukan asam organik. Namun, kadar kreatinin dalam darah dapat membantu dokter Anda menilai seberapa baik kerja ginjal Anda. Tes ini membantu untuk mendiagnosis penyakit tertentu dan untuk memeriksa setiap masalah dan kondisi dengan fungsi ginjal Anda.
Jika ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bagaimanapun, kadar kreatinin dalam darah dapat meningkat. Ketika tes melaporkan bahwa jumlah senyawa ini sangat tinggi, dokter biasanya melakukan pengujian tambahan untuk memastikan sejauh mana masalah dengan ginjal seseorang.

Tujuan

Kreatin disimpan di otot dan meningkatkan massa otot.

Produksi kreatinin mengurangi massa otot.

Efek samping

Kreatin tingkat tinggi dapat menyebabkan;

  • Mual
  • Diare
  • Kram otot
  • Sakit perut
  • Detak jantung tidak teratur pada beberapa orang

Kreatinin tingkat tinggi dapat menyebabkan;

  • Kemungkinan kerusakan atau kegagalan ginjal
  • Pembengkakan atau edema
  • Kebingungan
  • Mual dan muntah
  • Sesak napas
  • Kelelahan
  • Dehidrasi

Struktur

Kreatin

Kreatin memiliki molekul linear.

Kreatinin

Kreatinin memiliki struktur heterosiklik.

Masa molar

Kreatin

Massa molar Kreatin adalah 131,13 g / mol.

Kreatinin

Massa molar kreatinin adalah 113,12 g / mol.