Peraturan bulu tangkis

Peraturan bulu tangkis (badminton) yang sesuai standar lengkap

Olahraga
Peraturan bulu tangkis
image: pexels.com

Peraturan bulu tangkis (badminton) yang sesuai standar serta beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemain bulu tangkis amatir yang mungkin masih belum Anda ketahui.

Sekilas mengenai bulu tangkis

Bulu tangkis atau badminton adalah salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia bahkan olahraga ini menduduki peringkat kedua setelah sepak bola menurut tingkat kepopulerannya. Olahraga bulu tangkis memang sangat mudah sekali dimainkan dan modalnya pun tidak terlalu banyak karena anda hanya membutuhkan raket kok. Untuk lapangan bulu tangkis sendiri juga tidak membutuhkan area yang luas halaman rumah Anda bisa juga digunakan. Hanya membutuhkan net dengan tiang seadanya yang penting tingginya sesuai standar.

Bermain bulu tangkis secara indoor atau outdoor tidak menjadi masalah. Akan tetapi sangat disarankan anda bermain bulu tangkis di ruangan tertutup karena terpaan angin akan membuat laju kok sulit ditebak. Jika anda tidak memiliki ruangan indoor, outdoor sebenarnya juga tidak begitu bermasalah asalkan Anda bermainnya pada pagi atau sore hari di mana angin sudah mulai berhembus tidak terlalu kencang.

Sejarah singkat bulu tangkis

Sebelum kita membahas terperinci mengenai peraturan bulu tangkis ada baiknya kita mengetahui sejarah olahraga yang satu ini terlebih dahulu. Badminton atau bulu tangkis telah lama dikenal di Yunani dan Mesir kuno.  Permainan yang disebut battledore dan shuttlecock dilakukan dengan cara dua pemain memukul-mukul shuttlecock berbulu dengan raket kecil.

Permainan bulu tangkis dimainkan di India selama abad ke-18, yang pada saat itu disebut “Poona”. Hingga pada 1860-an bulu tangkis diadopsi oleh perwira Angkatan darat Inggris yang ditempatkan di India. Para petugas membawa membawa permainan bulu tangkis kembali ke Inggris, di mana pada saat itu lah permainan bulu tangkis menjadi sukses di sebuah pesta yang diberikan oleh Duke of Beaufort pada tahun 1873 di tanah miliknya yang disebut “Badminton” di Gloucestershire.

Variasi permianan bulu tangkis atau badminton yang baru dikembangkan belum lama ini, yang disebut Speed Badminton atau Speedminton, dimainkan tanpa jaring, dan semakin populer terutama di Jerman.

Komponen dalam permainan bulu tangkis

Nah bagi Anda yang ingin mulai bermain bulu tangkis atau badminton tentunya sangat penting sekali untuk mengetahui peraturan bulu tangkis standar. Peraturan permainan bulu tangkis ini bisa anda jadikan acuan saat bermain, meskipun mungkin permainan yang anda lakukan hanya di halaman rumah saja. Berikut beberapa aturan bermain bulu tangkis yang sesuai standar:

Ukuran lapangan bulu tangkis

Ukuran lapangan bulu tangkis

Tidak lengkap rasanya jika kita berbicara mengenai peraturan bulu tangkis akan tetapi tidak membahas mengenai ukuran lapangan atau area yang akan digunakan. Lapangan bulu tangkis ini memiliki bentuk persegi panjang dengan beberapa garis yang tentunya memiliki fungsi masing-masing.

Secara umum ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional yaitu memiliki panjang 13,40 meter. Sedangkan lebar dari kiri ke kanan yaitu 6, 10 meter. Di dalam lapangan bulu tangkis terdapat beberapa garis diantaranya adalah garis depan dengan net memiliki panjang 1,98 meter. Sedangkan untuk panjang jarak garis depan net sampai ke belakang yaitu 3,9 meter. Sedangkan untuk jarak garis servis Tengah hingga garis samping lapangan yaitu 3,05 meter. Sedangkan jarak garis pinggir antara permainan tunggal dan ganda yaitu 0,46 meter.

Ukuran net bulu tangkis

Satu komponen lagi yang tidak bisa dilupakan dalam permainan bulu tangkis adalah net. Net bulu tangkis adalah sebuah jaring yang memiliki tiang setinggi 1,55 meter. Sedangkan untuk jaring dari net tersebut memiliki ketinggian 0,76 meter dengan lebar 6,10 meter (sama dengan lebar lapangan).

Peraturan bulu tangkis

Dalam artikel Berikut ini akan dijelaskan secara terperinci mengenai peraturan bulu tangkis. Mulai dari saat melakukan servis dan apa saja yang dilarang dalam permainan bulu tangkis.

Peraturan badminton dalam hal penskoran

Pertandingan badminton atau bulu tangkis secara umum dilakukan dengan format 2 kali kemenangan atau maksimal 3 set. Dimana pada masing-masing set atau game terdiri dari 21 poin. Pertandingan akan dimenangkan saat salah satu dari pemain dapat mencapai poin 21 dengan selisih dua angka. Jika selisihnya hanya satu angka maka akan diberikan tambahan dua angka lagi, begitu juga seterusnya sampai salah satu dari pemain dapat mengungguli lawannya dengan selisih 2 angka.

Peraturan saat melakukan servis

Dalam permainan bulu tangkis servis merupakan sesuatu hal yang sangat penting sekali. Jika anda salah dalam melakukan servis maka selain akan menguntungkan lawan Anda juga bisa dihukum oleh wasit. Berikut beberapa ketentuan saat melakukan servis dalam permainan badminton atau bulu tangkis:

  1. Saat melakukan servis dalam permainan badminton kaki anda tidak diperbolehkan untuk bergerak atau melompat sebelum kok dipukul;
  2. Dalam melakukan servis pada permainan bulu tangkis Anda juga tidak diperkenankan melempar ke atas lalu melakukan smash. Berbeda halnya dengan permainan tenis yang Anda harus melempar bola ke atas untuk melakukan servis;
  3. Saat melakukan servis daun raket anda harus berada di bawah dari pegangan raket;

Beberapa pelanggaran dalam bulu tangkis

Dalam permainan bulu tangkis ada beberapa hal yang tidak diperkenankan atau jika dilakukan menjadi sebuah pelanggaran diantaranya adalah:

  1. Memukul kok saat belum sempat menyebrangi net;
  2. Raket menyentuh net entah itu disengaja atau tidak;
  3. Melakukan servis dengan cara melempar kok ke atas lalu memukulnya dengan keras;
  4. Melakukan servis dengan cara melompat atau kaki bergerak ke depan sebelum kok dipukul;
  5. Saat melakukan pukulan atau menangkis kok, raket berada lebih dari net atau masuk ke area lawan;
  6. Memprovokasi lawan atau berbicara kasar;
  7. Terlalu memprotes keputusan wasit;
  8. Memukul kok dua kali

Teknik dasar bermain bulu tangkis

Jika anda ingin mahir bermain bulu tangkis ada beberapa teknik dasar yang harus anda kuasai diantaranya adalah:

Melakukan servis

Servis bisa dilakukan dengan berbagai macam cara asalkan mengikuti pedoman servis di atas. Ada beberapa jenis servis dalam permainan bulu tangkis dan yang paling sering dilakukan adalah pukulan servis mendatar, servis pendek, dan servis panjang. Semua jenis servis tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi Anda bisa memilihnya tergantung dari karakteristik lawan anda.

Melakukan pukulan forehand

Pukulan forehand sesuai namanya fore yang berarti depan sedangkan hand yang berarti tangan. Forehand artinya adalah Anda memukul dengan arah ke depan atau bagian luar tangan anda.

Melakukan pukulan backhand

Sedangkan pukulan yang kedua adalah pukulan backhand. Sesuai dengan namanya pukulan backhand berarti anda menggunakan sisi dalam dari tangan anda. Pukulan backhand ini secara umum sedikit lebih sulit dibandingkan forehand terutama bagi mereka yang baru pertama kali belajar bulu tangkis.

Pukulan lob

Pukulan lob dalam permainan bulu tangkis merupakan sebuah teknik untuk memukul kok agar melambung ke atas terutama pada bagian belakang area permainan lawan. Tujuannya adalah agar bola tidak tanggung atau mudah di SMASH oleh lawan. Pukulan lob ini bisa dilakukan dengan cara melambungkan kok dengan memukulnya dari bawah hingga membuatnya melambung tinggi ke atas. Anda bisa menggunakan forehand atau backhand untuk melakukannya

Pukulan smash

Sesuai namanya smash artinya memukul. Jadi pukulan smash merupakan cara untuk melakukan pukulan keras pada kok. Untuk memaksimalkan kecepatan saat melakukan smash biasanya ditunjang dengan cara melompat sambil mengayunkan raket dengan cepat. Untuk melakukan smash yang baik dalam permainan bulu tangkis, sebaiknya anda jangan terlalu kaku dalam memegang raket. Usahakan tangan anda lebih rileks, hal ini bertujuan agar membuat bola lebih terarah.

Nah demikian tadi peraturan bulu tangkis yang mudah-mudahan dapat membantu menambah wawasan Anda seputar olahraga yang satu ini. Jika anda suka dengan artikel di atas jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman atau kerabat Anda. Semoga sukses selalu.