10 Manfaat serta peranan tumbuhan paku yang perlu kamu tahu August 2022
peranan tumbuhan paku

10 Manfaat serta peranan tumbuhan paku yang perlu kamu tahu

peranan tumbuhan paku
image wikimedia.org

Sekilas mengenai tumbuhan paku

Tanaman paku atau polypodiophyta merupakan tanaman yang masuk dalam kelompok tumbuhan vaskular. Tanaman jenis ini dapat bereproduksi melalui spora dan tidak memiliki biji atau bunga. tanaman paku sejati nya berbeda dengan lumut karena memiliki jaringan khusus yang menghantarkan air serta nutrisi. 

tanaman paku pertama kali muncul dalam catatan fosil sekitar 360 jutaan tahun yang lalu pada periode devonian Tengah. Tetapi kebanyakan dari spesies tanaman paku yang saat ini kita temui muncul di sekitar 145 juta tahun yang lalu pada awal zaman kapur.

Seperti sporofit tanaman biji tanaman paku juga terdiri dari batang, daun dan akar. akan tetapi secara umum tanaman paku berbeda dengan tanaman biji lainnya terutama dalam bereproduksi dengan spora dan bryofita.

Tumbuhan paku memiliki banyak peran penting dalam kehidupan manusia karena tumbuhan ini sering dimanfaatkan. untuk membuat kita mengenal lebih jauh mengenai manfaat serta kegunaan tumbuhan paku berikut daftarnya untuk anda:

Peranan tumbuhan paku dalam kehidupan

1. Sebagai tanaman hias

Tumbuhan paku memiliki berbagai macam jenis dimana diantaranya memiliki bentuk yang sangat menarik sekali. tidak heran karena bentuknya yang menarik tersebut banyak orang yang menggunakan tumbuhan paku sebagai tanaman hias.  Beberapa jenis tumbuhan paku yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias antara lain adalah nephrolepis, asplenium, Adiantum, dan Platycerum.

2. Digunakan sebagai tanaman obat

Peranan tumbuhan paku selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias juga bisa digunakan sebagai obat. Ada beberapa jenis tanaman paku yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diantaranya adalah cyclophorus yang bisa digunakan sebagai obat pusing. Sedangkan tanaman paku jenis Equisetum biasanya dimanfaatkan sebagai obat anti diuretik. 

3. Dimanfaatkan sebagai sayuran

Tanaman paku ini memiliki banyak sekali manfaat salah satunya bisa digunakan sebagai sayuran. Sayuran dari tanaman paku terutama yang berjenis semanggi dan paku garuda cukup lezat dan tentu memiliki banyak manfaat. 

4. Bisa menyuburkan tanah

manfaat tanaman paku yang lain adalah biasa digunakan sebagai pupuk alami untuk menyuburkan tanah. Tanaman paku jenis Azolla Pinnata mampu mengikat unsur nitrogen dari udara sehingga sangat berguna sekali untuk menyuburkan tanah. jadi tanaman paku jenis ini bisa dimanfaatkan sebagai pupuk.

5. Sebagai bahan pembuat kembang api

Bukan hanya digunakan sebagai sayuran dan pupuk, tanaman paku ternyata juga bisa dibuat menjadi kembang api. contoh tanaman paku yang bisa dimanfaatkan untuk kembang api adalah pyrotechnics. 

6. Digunakan sebagai tiang

kegunaan tanaman paku yang tidak kalah penting adalah batangnya bisa dimanfaatkan sebagai tiang bangunan. Contoh tanaman paku untuk tiang bangunan diantaranya seperti alsophila glauca. 

7. Sebagai sumber energi fosil

tanaman paku sudah ditemukan sejak ratusan juta  tahun yang lalu sehingga dianggap sebagai sumber energi fosil yang cukup baik. Tanaman paku diketahui menjadi salah satu dari sekian banyak komponen penyusun batubara.

8. Dimanfaatkan menjadi properti

diantara salah satu jenis tanaman paku yang bisa dimanfaatkan sebagai properti adalah jenis paku pakis haji. Beberapa serat tanaman paku bisa dimanfaatkan sebagai pengganti kapas pada kasur. Selain itu m, daun tanaman paku juga terkadang dijadikan atap pada rumah tradisional. jadi intinya tumbuhan paku memiliki banyak sekali kegunaan bukan hanya pada daunnya tetapi juga batang dan akarnya.

9. Digunakan sebagai bingkai karangan bunga

Di tangan para seniman tumbuhan paku bisa menjadi tanaman hias yang cukup menarik dan tentunya memiliki nilai ekonomis. Beberapa orang memanfaatkan tumbuhan paku sebagai bingkai karangan bunga sehingga membuatnya menjadi semakin menarik. 

10. Bisa digunakan sebagai penggosok

Manfaat tanaman paku yang tidak kalah penting adalah sebagai penggosok atau amplas. Siapa yang menyangka jika tanaman paku berjenis equisetum bisa digunakan sebagai penggosok alami. Tumbuhan paku jenis ini juga disebut sebagai paku ekor kuda.

Nah demikian tadi beberapa peranan tumbuhan paku bagi kehidupan manusia. Tanaman yang terlihat tidak berharga tersebut ternyata memiliki banyak sekali kegunaan, tentunya bagi mereka yang bisa memanfaatkannya akan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.