Penyerbukan Cabai

Posted on

Cabai, cabai, cabai. Siapa yang tak kenal dengan bumbu dapur yang satu ini? Selain untuk menambah rasa pedas pada makanan, cabai ternyata juga memiliki fakta-fakta yang cukup menarik untuk diketahui. Berikut ini 9 fakta unik tentang cabai yang mungkin belum kamu ketahui:

Cabai Mengandung Zat Kimia yang Mampu Membuat Kita Ketagihan

cabai merah

Cabai mengandung zat kimia bernama capsaicin, yang memicu reseptor pada saraf kita untuk merasakan rasa panas dan pedas. Efeknya adalah otak kita akan mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang membuat kita merasa nikmat dan senang. Tidak heran jika banyak orang yang ketagihan makan makanan yang pedas karena efek endorfin ini.

Cabai Perah Ampasnya Bisa Mengatasi Serangan Hama Tanaman

ampas cabai

Siapa sangka bahwa ampas sisa perahan cabai yang biasanya kita buang bisa berguna untuk menyelamatkan tanaman kita? Ampas cabai ternyata mengandung zat alami yang bernama capsaicinoid, yang bisa melindungi tanaman dari serangan hama seperti kutu dan ulat.

Cabai Merah Mengandung Lebih Banyak Vitamin C Dibanding Buah Jeruk

cabai merah vs jeruk

Jeruk seringkali kita kenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Tapi, tahukah kamu bahwa cabai merah ternyata mengandung lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk? Satu buah cabai merah mengandung vitamin C sebanyak 127% dari kebutuhan harian tubuh kita, sementara buah jeruk hanya mengandung 90% saja.

Baca juga  Cara Tanam Bawang Daun

Cabai Pertama Kali Diketahui Tumbuh di Meksiko

cabai di meksiko

Tanaman cabai pertama kali ditemukan tumbuh di Meksiko kira-kira 6.000 tahun yang lalu dan kemudian menyebar ke seluruh Amerika. Bahkan, raja-raja Aztec di Meksiko pernah menggunakan cabai sebagai alat pertukaran dalam perdagangan, karena nilainya yang dianggap sangat berharga.

Cabai Dapat Membuat Mata Berair dan Hidung Tersumbat

orang makan cabai

Saat kita makan cabai, terkadang mata kita akan berair dan hidung kita tersumbat. Hal ini disebabkan oleh zat kimia capsaicin yang bisa merangsang selaput lendir hidung dan mata, sehingga membuat kita merasa tidak nyaman. Tapi, jangan khawatir, efek ini biasanya hanya bersifat sementara dan tidak membahayakan.

Cabai Bisa Baik untuk Kesehatan Jantung

jarum suntik isi cabai

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cabai secara rutin dapat menurunkan risiko serangan jantung. Zat kimia capsaicin dalam cabai diketahui bisa membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan kolesterol dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Cabai Bisa Menjadi Obat Pereda Nyeri Alami

wanita pemijat menggunakan cabai

Karena kandungan capsaicin di dalamnya, cabai bisa digunakan sebagai obat pereda nyeri alami. Beberapa obat oles untuk menghilangkan rasa sakit pada area tertentu (misalnya sakit punggung atau sendi) juga menggunakan capsaicin sebagai bahan aktifnya.

Cabai Ternyata Masuk dalam Satu Keluarga dengan Tomat dan Terong

tiga jenis sayuran

Siapa sangka, cabai, tomat, dan terong ternyata berasal dari keluarga yang sama yaitu keluarga Solanaceae. Walaupun memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda, namun ketiga jenis sayuran ini memiliki kemiripan dalam struktur bunga dan bentuk bijinya.

Cabai Bisa Menambah Energi dan Konsentrasi Kita

piring nasi goreng cabai

Bukan hanya membuat kita ketagihan makan, ternyata cabai juga bisa meningkatkan energi dan konsentrasi kita. Kandungan capsaicin dalam cabai bisa menjadi stimulan alami yang membantu membangkitkan energi serta meningkatkan fokus dan konsentrasi kita. Jadi, jangan ragu lagi untuk mencoba menambahkan cabai dalam hidanganmu!

Baca juga  Budidaya Kacang Panjang Pertiwi

Jadi, itulah beberapa fakta unik tentang cabai yang mungkin belum kamu ketahui. Selamat mencoba menikmati makanan dengan tambahan cabai dan nikmati manfaat kesehatannya!

Temukan postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *