Penyebab dan 10 dampak pengangguran yang terjadi di masyarakat

Dampak negatif
dampak pengangguran
image via www.maxpixel.net

Penyebab dan dampak pengangguran yang terjadi di masyarakat yang perlu diketahui Agar menambah wawasan Anda. Ketersediaan lapangan pekerjaan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Begitu pula sebaliknya, akan ada banyak dampak  pengangguran yang dirasakan jika seandainya banyak masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan. Dampak negatif pengangguran bisa sangat serius bukan hanya pada menurunnya ekonomi masyarakat tetapi juga ada banyak hal akan sangat terganggu terutama kondisi sosial. Bagi anda ingin mengetahui apa saja dampak buruk atau negatif pengangguran yang meluas di masyarakat berikut ulasannya:

 

Dampak pengangguran di Masyarakat

1. Menurunnya pendapatan perkapita

Jika semakin banyak orang yang menganggur di Indonesia maka pendapatan perkapita negara ini akan mengalami penurunan. Hal ini tentunya akan berimbas pada menurunnya produk domestik bruto atau PDB. Jika hal ini terjadi maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di negara tersebut. Sehingga, tidak heran jika pemerintah Indonesia selalu mencari solusi untuk menangani masalah pengangguran tersebut.

2. Semakin tingginya biaya sosial

Jika pengangguran di Indonesia semakin banyak dan tidak terkendali maka pastinya akan ada beberapa gejala permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Salah satu contoh yang paling umum adalah meningkatnya angka kriminalitas dan juga stress. Jika kriminalitas meningkat maka kebutuhan akan tingkat keamanan akan menjadi semakin tinggi.

Belum lagi pemerintah juga harus mengeluarkan banyak biaya untuk menangani setiap terjadi kriminalitas di masyarakat seperti pencurian, perampokan, dan sebagainya. Selain itu, peningkatan stres di masyarakat akibat dampak pengangguran juga akan membuat rumah sakit jiwa semakin membeludak yang pada akhirnya juga akan berpengaruh pada pengeluaran pemerintah itu sendiri.

3. Meningkatnya angka kriminalitas

Diantara dampak pengangguran yang paling jelas terlihat adalah meningkatnya angka kriminalitas yang terjadi di suatu negara. Jika masyarakat mulai kesulitan dalam menemukan pekerjaan maka mereka akan menempuh jalan pintas agar tetap dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. Hal inilah yang terkadang membuat beberapa masyarakat yang tidak kuat dengan kondisi tersebut akan mencoba mencari uang dengan cara yang tidak halal seperti mencuri, merampok, dan melakukan penipuan. Oleh sebab itu. pemerintah benar-benar menangani masalah pengangguran ini dengan sangat serius karena akan berdampak sangat buruk sekali bagi kehidupan di suatu negeri.

4. Menurunnya penerimaan pajak

Jika semakin banyak orang yang menganggur maka pemerintah akan mengalami penurunan pendapatan pajak. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa negara kita saat ini mengandalkan pajak sebagai sumber pendapatan utama. Jadi seandainya banyak masyarakat yang menganggur maka pemasukan negara dari sektor pajak terutama PPH akan mengalami penurunan. PPH merupakan pajak yang diambil dari pendapatan perseorangan. Jadi semakin banyak yang menganggur maka akan semakin sedikit orang yang membayar pajak tersebut.

Selain PPH, salah satu pendapatan yang cukup besar dari pajak adalah PPN atau pajak pembelian. Pengangguran tentunya bukan hanya berdampak pada penurunan PPH saja tetapi juga PPN. Hal ini dikarenakan saat banyak terjadi pengangguran maka daya beli masyarakat juga akan menurun. Jika hal ini terjadi tentunya PPN akan mengalami penurunan akibat kurangnya daya beli masyarakat tersebut.

5. Semakin tingginya angka kemiskinan

Salah satu faktor yang menjadi penyebab utama tingginya jumlah kemiskinan di suatu negara adalah ketersediaan lapangan pekerjaan. Jika lapangan pekerjaan mencukupi maka biasanya kesejahteraan masyarakat juga akan baik yang itu artinya Angka kemiskinan menurun. Sebaliknya jika ketersediaan lapangan pekerjaan kurang memenuhi kebutuhan masyarakat, maka Angka kemiskinan juga akan meningkat. Jadi, bisa dikatakan pengangguran merupakan salah satu penyebab utama kemiskinan di suatu daerah atau negara.

6. Menurunnya tingkat kesehatan masyarakat

Nah di antara dampak pengangguran yang sering terjadi adalah menurunnya tingkat kesehatan masyarakat. Ketidakmampuan masyarakat dalam menemukan pekerjaan maka akan membuat Angka kemiskinan semakin tinggi. Hal inilah yang membuat masyarakat kurang memperhatikan kesehatan mereka. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kebutuhan nutrisi merupakan salah satu faktor yang sangat penting sekali untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Banyaknya pengangguran tentu akan membuat masyarakat miskin tidak mampu membeli buah dan sayuran atau makanan sehat yang dapat menunjang kesejahteraan mereka.

9. Menurunnya produktivitas tenaga kerja

Jika seseorang mulai kesulitan dalam menemukan sebuah pekerjaan maka mereka akan mencari pekerjaan apapun yang dirasa dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka. Hal ini tentunya akan membuat tingkat produktivitas masyarakat menjadi menurun karena banyak dari mereka yang bekerja bukan pada tingkat keahliannya.

10. Meningkatnya konflik yang terjadi di masyarakat

Dampak pengangguran yang terakhir adalah meningkatnya konflik yang terjadi di masyarakat. Sulitnya mencari lapangan pekerjaan akan membuat masyarakat bersaing begitu ketat dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Hal ini terkadang akan menimbulkan gesekan di masyarakat sehingga akan meningkatkan konflik yang terjadi. Belum lagi ketidakpuasan masyarakat akan kurangnya lapangan pekerjaan terkadang juga diluapkan dalam berbagai macam bentuk tindakan negatif termasuk melakukan demo anarkis.

Setelah anda mengetahui begitu banyak dampak negatif yang terjadi akibat pengangguran. Maka pastinya Anda bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab dari tingginya pengangguran tersebut?. Berikut beberapa hal yang menjadi faktor penentu tinggi atau rendahnya tingkat pengangguran di suatu negeri:

 

Penyebab pengangguran di Suatu negara

1. Ketersediaan lapangan kerja yang minim

Sudah jelas, salah satu faktor yang menjadi penyebab tingginya angka pengangguran adalah kurangnya lapangan pekerjaan. Sehingga membuat masyarakat banyak yang menjadi pengangguran.

2. Perkembangan teknologi yang tidak terkendali

Perkembangan teknologi yang terjadi di suatu negara pada dasarnya akan berdampak positif. Akan tetapi terkadang hal ini juga bisa berefek buruk bagi negara tersebut jika perkembangan teknologi tersebut tidak terkontrol. Salah satu dampaknya adalah meningkatkan angka pengangguran di masyarakat.

Hal ini dikarenakan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia akan diganti dengan mesin sehingga akan mengurangi kebutuhan tenaga kerja. Hal inilah yang menjadi salah satu masalah serius terutama di negara-negara maju yang lebih banyak mengandalkan teknologi dibandingkan penggunaan tenaga kerja manusia.

3. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pendidikan yang tinggi akan memberikan keahlian pada masyarakat. Jadi, jika masyarakat kurang begitu memperhatikan pendidikan maka keahlian masyarakat juga akan menurun. Di saat yang bersamaan perusahaan-perusahaan yang tumbuh membutuhkan tenaga profesional yang memiliki keahlian mumpuni. Meskipun demikian menyalahkan rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan juga kurang tepat.

Karena mahalnya biaya pendidikan terkadang juga membuat masyarakat memang sedikit kesulitan untuk menempuh pendidikan yang tinggi. Al hasil mereka banyak yang putus sekolah atau kurang memprioritaskan pendidikan sehingga mereka harus dipaksa bekerja dengan keahlian yang sangat minim.

Baca juga 8 Dampak negatif menonton televisi untuk dewasa dan anak-anak

4. Korupsi

Disadari atau tidak korupsi yang dilakukan oleh oknum pejabat negara akan berdampak sangat luas sekali bagi suatu Negeri. Salah satunya adalah meningkatnya angka pengangguran. Kenapa hal ini bisa terjadi? hal ini dikarenakan uang yang seharusnya digunakan untuk memperbanyak lapangan pekerjaan berkurang akibat dikorup oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, jika korupsi semakin tidak terkendali maka beberapa sektor termasuk pendidikan kurang mendapatkan suplay biaya yang cukup. Sehingga peningkatan pendidikan di suatu Negeri akan terganggu yang tentunya akan berdampak pada kurangnya keahlian masyarakat. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa keahlian masyarakat menjadi faktor yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan industri di sebuah negara. Jika pertumbuhan industri di sebuah negara berjalan baik maka penyerapan tenaga kerja juga maksimal sehingga mengurangi dampak pengangguran tersebut.