Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Posted on

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin – Ini perlu perhatian lebih supaya kenyamanan ketika mengemudi mobil tidak terganggu. Sebab, AC mobil sebenarnya menjadi satu bagian paling utama yang membuat pengemudi serta penumpang di dalamnya menjaadi nyaman.

AC Mobil Tidak Dingin

Bayangkan saja jika penyebab AC mobil tidak dingin belum sempat diperbaiki, maka hal tersebut mampu membuat orang-orang yang tersedia di dalam mobil jadi gerah dan tidak nyaman.

Sebenarnya, Dalam kasus ini mampu dialami oleh beragam jenis mobil, dan udah menjadi perihal yang cukup umum terjadi. Salah satu indikator dari AC yang jadi tak dingin umumnya mampu dirasakan dari AC yang mengeluarkan angin saja, tetapi condong tidak tersedia hawa dingin yang turut muncul.

Lalu, apa sebenarnya penyebab AC mobil tidak dingin tersebut? Berikut ini Caraprofesor.com telah merangkumkan artikel ini dari berbagai sumber yang mungkin bisa menjadi referensi anda untuk mengatasinya. Oke, langsung saja  kita baca penyebabnya :

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

1. Freon Habis

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin yang paling umum adalah habisnya freon. Ini akibat adanya kebocoran pada kelanjutan pipa atau selang. Sambungan berikut mampu saja bocor karena udah aus atau sebenarnya karena umur.

Lalu, satu hal yang termasuk membuat freon bocor karena ada rusaknya pada bagian relief valve kompresor. Semua kerusakan-kerusakan berikut mampu membuat freon atau yang biasa disebut refrigrant menjadi habis dan membuat AC mobil tidak cukup dingin.

2. Kondensor Kotor

Lalu, penyebab AC mobil tidak dingin yang selanjutnya karena keadaan dari kondensor yang kotor. Kondensor ini padahal mempunyai fungsi untuk mengikis panas yang dilepaskan kompresor. Apabila bagian dari kondensor terkandung kotoran, maka bakal membuat AC mobil tidak dingin ketika siang hari.

Biasanya penyebab kotor pada bagian ini akibat tidak teratur dibersihkannya bagian dari kondensor dan membuat menumpuknya kotoran atau timbul karat. Lalu, ketika kotoran berikut udah benar-benar berlebihan, maka bakal membuat proses pembuangan panas yang dihasilkan kompresor menjadi tidak sempurna.

3. Kompresor Mengalami Kerusakan

Biasanya, ketika kompresor yang merupakan satu bagian dari proses AC mobil ini mengalami aus atau rusaknya bakal keluar sight glass berwarna hitam. Hitamnya sight glass mengindikasikan bahwa receiver dryer atau expansion valve terhambat karena ada kotoran.

Jadi, misalnya Anda merasakan AC mobil udah jadi tidak dingin dan munculnya sight glass berwarna hitam, maka langsung bawa mobil ke bengkel AC terdekat dan melaksanakan pemeriksaan lebih lanjut. Jika terpaksa maka Anda mesti mengganti kompresor dari AC mobil Anda.

4. Motor Extra Fan Mati

Jika kondensor ternyata tidak mengalami keruskan, maka bisa saja penyebab AC mobil tidak dingin justru karena motor extra fan mati. Anda mampu melaksanakan pemeriksaan apakah extra fan berputar atau tidak. Sebab, extra fan yang rusak atau tidak berputar mampu memengaruhi proses kondensasi menjadi tidak berjalan bersama optimal.

Padahal, proses kondensasi merupakan proses yang benar-benar mutlak untuk menunjang penurunan suhu di dalam kondensor. Dengan kata lain, jika extra fan mati otomatis tidak tersedia penurunan suhu di dalam mobil. Itulah mengapa kabin mobil pada pada akhirnya mempunyai suhu yang panas.

5. Penyumbatan pada Evaporator

Salah satu penyebab dari tersumbatnya bagian pada evaporator disebabkan oleh debu. Jika debu udah jadi menyumbat, maka bakal membuat aliran hawa dari blower menjadi terhambat. Lalu, misalnya aliran hawa yang keluar dari blower terhambat, maka bakal membuat sirkulasi AC termasuk bakal terganggu.

Biasanya debu atau kotoran mampu masuk ke evaporator karena ada hisapan blower yang membuka ke evaporator. Selain itu, filter dari AC yang jarang dibersihkan termasuk mampu mengganggu kinerja evaporator. Kotoran yang melekat pada filter mampu saja mencegah aliran hawa dingin. Maka dari itu, pastikan Anda tetap bersihkan evaporator maupun filter AC secara teratur selama 3-4 bulan sekali.

6. Tekanan Berlebih pada Sistem AC Mobil

Pemilik mobil mesti melaksanakan servis berkala untuk komponen air conditioning. Tekanan yang berlebih ini maksudnya karena ada pengisian oli kompresor yang melebihi batas. Biasanya kapasitas dari oli kompresor yang berlebihan membuat tekanan pada freon justru bakal meningkat. Dan perihal berikut bakal membuat kompresor bakal benar-benar panas.

Jika udah begitu, maka bakal membuat proses kondensasi bakal terhambat. Dan, terganggunya kinerja dari kompresor maupun kondensor justru bakal membuat AC mobil tidak dingin.

7. Fan Belt Putus

Dan,  yang terakhir karena putusnya fan belt atau drive belt yang bermanfaat untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor. Apabila fan belt berikut mengalami putus, maka kinerja dari kompresor tidak mampu berjalan normal.

Dan, misalnya kompresor tidak mampu bekerja bersama normal, maka bakal membuat aliran dari freon tidak mampu bersikulasi. Hal inilah dapat memyebabkan AC mobil tidak dingin.

Demikian postingan kali ini tentang hal hal yang menyebabkan Ac mobil tidak dingin. semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dalam mengatasi masalah Ac mobil. Terimakasih atas kunjunganya. Baca juga artikel menarik lainya di Caraprofesor.com.