Pengolahan Jagung

Posted on

Pernahkan kita berpikir betapa banyaknya produk yang dapat dihasilkan dari jagung? Terlihat seperti sepele, namun faktanya pemanfaatan jagung sebagai bahan baku hasil olahan bisa menghasilkan produk yang bervariasi. Berikut adalah beberapa contoh produk olahan jagung yang bisa kita temukan di pasaran.

Popcorn

Popcorn atau cemilan yang dibuat dari bahan dasar jagung memang sudah tidak asing lagi. Selain murah, popcorn juga termasuk salah satu cemilan yang ramah lingkungan karena kemasannya yang tidak mengandung plastik. Tak hanya itu, popcorn juga menjadi cemilan favorit bagi mereka yang sedang menonton film. Yakin deh, setiap kali kamu nonton bioskop pasti akan ada yang pesan popcorn!

popcorn

Nah, pernah nggak kamu berpikir untuk membuat popcorn di rumah? Cara membuatnya pun cukup mudah kok. Pertama-tama, siapkan biji jagung popcorn yang akan digunakan. Kemudian, panaskan 2 sendok makan minyak di wajan dan masukkan biji jagung popcorn. Pastikan untuk menutup wajan agar popcorn tidak melompat ke mana-mana.

Minuman Beralkohol

Selain memenuhi kebutuhan makanan, jagung juga bisa diolah menjadi minuman beralkohol, seperti whisky dan vodka. Cara pembuatan minuman beralkohol dari jagung ini tidaklah mudah karena memerlukan ketelitian dan pengalaman yang cukup. Adapun nilai ekonomi dari jagung sebagai bahan dasar minuman beralkohol ini cukup tinggi karena harganya yang cenderung fluktuatif.

whiskey

Meskipun begitu, minuman beralkohol yang dihasilkan dari jagung justru memiliki rasa yang lembut dan nikmat. Tak heran bila minuman beralkohol yang satu ini menjadi favorit bagi banyak orang.

Bioplastik

Jagung juga bisa diolah menjadi bahan dasar pembuatan bioplastik. Bioplastik adalah jenis plastik yang terbuat dari bahan-bahan organik dan dapat diurai oleh lingkungan. Dalam pembuatannya, jagung diubah menjadi polihidroksialkanoat (PHA), yaitu salah satu jenis polimer bioplastik yang ramah lingkungan. Selain itu, bioplastik yang terbuat dari jagung juga lebih tahan terhadap panas daripada plastik konvensional.

Baca juga  Berikut Yang Bukan Merupakan Contoh Kerajinan Dari Kulit Jagung Adalah

bioplastik

Menggunakan bioplastik juga memiliki banyak keuntungan bagi lingkungan karena bioplastik dapat diurai oleh lingkungan dan tidak mencemari alam. Selain itu, bioplastik juga dapat diperbarui lebih cepat daripada jenis plastik konvensional yang mempunyai umur hingga ratusan tahun.

Mie Instan

Siapa sangka, mie instan ternyata juga mengandung jagung sebagai bahan dasar pembuatannya. Proses pembuatan mie instan sendiri cukup kompleks dan melibatkan beberapa bahan kimia, seperti bahan pengawet dan pewarna. Namun, jagung memberikan peran penting dalam pembuatan mie instan karena dapat membantu menambah kekenyalan pada mie.

mie instan

Meskipun mengandung beragam bahaya dalam pengonsumsiannya, mie instan menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang karena waktu masaknya yang relatif cepat dan harga yang terjangkau.

Churros

Churros atau kue yang diolah dari adonan tepung, gula, dan kayu manis ternyata juga mempunyai kandungan jagung loh! Churros yang biasanya dijadikan sebagai sarapan atau cemilan ringan mempunyai cita rasa yang gurih dan renyah. Bahan-bahan untuk membuat churros yang mengandung jagung antara lain tepung jagung, tepung terigu, garam, baking powder, minyak, air, dan telur.

churros

Cukup mudah kok cara membuat churros dengan jagung. Pertama-tama, campurkan semua bahan menjadi satu. Adonan kemudian dimasukkan ke dalam cetakan khusus untuk membuat churros. Setelah itu, goreng churros hingga matang dan berubah warna kekuningan. Terakhir, keluarkan churros dari cetakan dan beri taburan gula bila suka.

Itulah beberapa contoh produk olahan jagung yang bisa kita temukan di pasaran. Dahsyat, bukan? Selain rasanya yang enak, jagung juga mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita, baik sebagai bahan makanan maupun sebagai bahan alternatif bagi lingkungan. Jadi, selalu jaga kesehatan dan lingkungan ya!

Baca juga  Jagung Burung

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *