Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi- kalian pasti sering mendengar kata TIK, atau yang memiliki kepanjangan dari Teknologi Informasi Komunikasi. Bahkan TIK sendiri menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah menengah pertama hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Pelajaran satu ini sangat penting, karena seiring dengan perkembangan zaman teknologi komunikasi juga akan makin berkembang dengan pesatnya. Buktinya pada saat ini, hampir semua kegiatan melibatkan dunia online dan juga menerapkan alat digital.

Sehingga, mau tak mau semua masyarakat harus belajar dan berkembang agar tercipta masyarakat yang unggul dan lebih modern.

Nah, pada kesempatan kali ini kami telah merangkumkan apa itu yang dimaksud dengan Teknologi Informasi Komunikasi dalam arti menyeluruh serta dalam arti terpisah. Berikut penjelasanya hanya di Caraprofesor.com.

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Pengertian dari Teknologi

Kata teknologi berasal dari bahasa Latin dasar yaitu kata texere, yang memiliki arti menyusun atau membangun.

Sedangkan arti dari teknologi sendiri ialah sebuah perangkat untuk membantu mempermudah aktivitas manusia dan bisa mengurangi ketidak sesuaian yang disebabkan oleh hubungan sebab dan akibat agar dapat mencapai suatu tujuan.

Teknologi memiliki 2 aspek penting, yaitu hardwere (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Pengertian Komunikasi

Untuk pengertian dari komunikasi sendiri memiliki banyak arti menurut ahlinya, yaitu sebagai berikut :

  • Josep A.Devito (2000) : Komunikasi adalah pelaksanaan, penyampaian dan penerimaan pesan antara dua orang atau dalam kategori kecil, dengan efek dan feed back segera.
  • Bernald Barelson dan Gery A. Steiner : mengemukakan bahwa komunikasi adalah pelaksanaan transmisi kabar, gagasan, emosional, keterampilan dan lain sebagainya yang mengaplikasikan sebuah simbol-simbol dalam proses pelaksanaan transmisi penyampaian suatu pesan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah suatu kegiatan penyampaian kabar, baik itu berupa pesan, ide, ataupun gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya yang dikerjakan secara langsung atau dalam jangka waktu tertentu.

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

TIK mengandung pengertian yang amat sangat luas, yakni mencangkup semua kegiatan yang terkait dengan suatu proses, pengelolaan, manipulasi, hingga memindahkan informasi antar media satu ke media lain.

Istilah TIK ini muncul pertama kali pada abad ke-20, tepatnya setelah adanya perpaduan antara komputer berupa software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) dengan teknologi komunikasi lainnya.

Dapat dikatakan bahwa TIK adalah sebuah payung yang dapat mencakup segala jenis peralatan teknis yang dipergunakan saat memproses dan menyampaikan suatu informasi. Sehingga hal tersebut mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang saling berkaitan erat.

Teknologi informasi meliputi semua hal yang terkait dengan proses pelaksanaan, penggunaan suatu alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Sedangkan pengertian teknologi komunikasi adalah segala hal yang berhubungan dengan pemakaian alat bantu untuk dapat melakukan pemrosesann, berupa mentransfer dan mengirimkan sebuah data dari satu perangkat ke perangkat lain. Oleh karena itu, dua konsep tersebut tidak dapat dipisahkan.

Bagaimanakah Perkembangan Teknologi Komunikasi Sekarang?

Kita bisa lihat dengan kasat mata perkembangan tersebut, seperti salah satunya ditandai dengan munculnya berbagai jenis perangkat teknologi komunikasi dengan teknologi tingkat tinggi.

Hal tersebut tercipta karena kebutuhan manusia yang kian hari kian bertambah, dan harus menghadapi keadaan mendesak tersebut dalam waktu yang singkat.

Salah satu contoh perkembangan teknologi informasi komunikasi sekarang adalah Hp, dahulu Anda hanya bisa melaksanakan komunikasi via suara dan pesan teks saja, tapi sekarang ini Ponsel semakin canggih dan menawarkan fitur-fitur menariknya serta hanya menggunakan data internet bukan pulsa.

Selain ponsel, contoh lainnya ialah kemunculan sosial media, yang memungkinkan kita untuk dapat saling bertukar kabar hingga antar bangsa atau dunia untuk mempermudah melaksanakan pertukaran tradisi dan kebudayaan.

Demikian pengertian teknologi informasi komunikasi adalah seperti yang sudah dikatakan di atas. Semoga ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat.

Baca juga : Sejarah Teknologi Informasi Komunikasi

Pencarian terkait:

  • 6 teknologi komunikasi