Pengertian tanaman hias, manfaat, serta contohnya

pengertian tanaman hias
pengertian tanaman hias
image from pixabay.com

Pengertian tanaman hias, manfaat, serta contohnya. Tanaman hias tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun pengertian tanaman hias, manfaat, serta contohnya tidak banyak yang mengetahuinya. Maka dari itu mari kita lihat apa itu tanaman hias.

 

Pengertian tanaman hias

Tanaman hias adalah tanaman dari berbagai jenis (tanaman pohon, tanaman daun, tanaman semak, dll) yang ditanam orang untuk menambah daya tarik suatu tempat atau benda lain. Makanya tanaman hias dijadikan sebagai penghias pakaian, bagian dari dekorasi ruangan, taman, halaman rumah, dan juga sebagai karangan bunga.

Tanaman hias pada umumnya adalah tanaman yang sedap dilihat atau memiliki nilai estetika yang tinggi misalnya memiliki bunga yang berwarna-warni, batang hijau yang segar, aroma bunga yang wangi, atau bentuk tanamannya yang unik. Karena tanaman hias kebanyakan digunakan sebagai penghias maka jarang sekali tanaman hias digunakan sebagai bahan konsumsi. Meski tidak menutup kemungkinan ada beberapa tanaman hias yang juga bisa dimakan atau dijadikan bahan obat-obatan tradisional.

 

Manfaat tanaman hias

Manfaat tanaman hias ada banyak seperti:

  • Menambah daya tarik ruangan atau benda lain.

Inilah manfaat utama tanaman hias. Tanaman hias memang sengaja ditanam untuk meningkatkan daya tarik suatu tempat misalnya bunga dalam vas ditaruh untuk mempercantik ruang tamu, bunga dan tanaman yang dipasang sebagai dekorasi gedung pernikahan, atau bunga yang dipasang sebagai aksesoris pakaian.

  • Menambah peluang usaha

Tanaman hias bisa bernilai jual tinggi jika dirawat dengan baik. Apalagi jika tanaman hias tersebut termasuk tanaman yang langka dan susah perawatannya misalnya saja bunga anggrek termasuk mahal di negara Eropa karena bunga ini hanya tumbuh di iklim tropis. Karena berdaya jual maka tanaman hias tentu saja merupakan komoditas bagus untuk dikembangkan menjadi peluang usaha.

  • Meningkatkan penghijauan.

Kebanyakan tanaman hias memang tanaman kecil tapi bukan berarti tanaman hias tidak turut berkontribusi dalam penghijauan lingkungan. Tanaman hias tetap membantu memperbanyak oksigen, menjaga kebersihan udara, menyuburkan tanah, membantu penyerapan air, dan membuat lingkungan sekitar menjadi lebih teduh dan enak dipandang.

 

Contoh tanaman hias

1. Tanaman hias bunga

Tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang nilai keindahannya terpusat pada bunganya. Bunga memang bagian paling cantik dari tanaman apalagi jika warnanya cerah. Tapi tidak semua tanaman berbunga merupakan tanaman hias. Contoh saja bunga Raflesia meski memiliki bunga tapi tanaman ini tidak dikategorikan sebagai tanaman hias. Contoh tanaman hias bunga adalah bunga mawar, melati, anggrek, tulip, lili, kamboja, dandelion, aster, sedap malam, bougenville, asoka, bunga matahari dan masih banyak lagi lainnya.

2. Tanaman hias daun

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang nilai estetikanya terletak pada lembar daunnya. Biasanya karena warna, bentuk, dan serat daunnya bagus jadi meskipun tidak memiliki bunga, tanaman hias daun tetap menarik dilihat. Contoh tanaman hias daun yang banyak diminati adalah palem, daun sri rejeki, lidah buaya, keladi red star yang berdaun merah, tanaman paku, daun kuping gajah atau anthurium, tanaman suplir, philodendron, sansevieria, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Tanaman hias buah

Tanaman hias buah adalah tanaman hias yang daya tariknya terletak pada buah yang dihasilkannya. Biasanya buah pada tanaman hias ini berwarna cerah dan bergerombol pada cabangnya sehingga menarik sekali saat dilihat. Contoh tanaman hias buah adalah tanaman tomat mini atau tomat cherry, tanaman jeruk, strawberry, lemon, buah tin, apel, cabai, nanas, dan lain sebagainya.

4. Tanaman hias akar

Tanaman hias akar adalah tanaman hias yang daya tarik utamanya terletak pada akar meski tanaman ini juga memiliki bunga atau daun yang juga cantik. Tanaman hias akar biasanya berakar besar dengan jalinan akarnya rumit sehingga terlihat unik. Contoh tanaman akar yang banyak diminati adalah Ficus benyamina dan Artacarpus altilis.

5. Tanaman hias batang

Tanaman hias batang adalah tanaman hias yang poin plusnya terletak pada batangnya. Meski jarang yang memiliki bunga, tapi batang dari tanaman hias ini juga tidak kalah memesona dari tanaman hias lain. Contoh tanaman hias batang adalah bambu, kaktus, dan tanaman kamboja.

6. Tanaman hias bonsai

Tanaman hias bonsai adalah tanaman hias yang berasal dari tanaman biasa yang dikerdilkan. Karena bentuknya yang kerdil inilah maka tanaman bonsai terlihat unik dan menarik. Namun karena proses pengerdilan yang rumit maka harga jual tanaman bonsai pada umumnya lebih mahal dari tanaman hias lainnya. Makanya jangan heran jika prestise tanaman bonsai sangat tinggi dan kebanyakan orang yang mengoleksinya merupakan orang dari kalangan menengah ke atas. Tanaman hias bonsai yang menjadi favorit banyak orang adalah tanaman bonsai beringin karet dan tanaman bonsai cemara duri.

Itulah pengertian tanaman hias, manfaat, serta contohnya. Menurut Anda mana tanaman hias yang paling menarik bagi Anda?