Pengertian Statis dan Dinamis Untuk Kehidupan Masyarakat

Pengertian

Pengertian Statis dan Dinamis

Pengertian statis dan dinamis sering dibahas bersamaan karena kedua kata tersebut merupakan kata yang berlawanan atau anonim. Walaupun begitu, dua kata tersebut memiliki pengertian masing-masing yang perlu dibahas satu per satu. Untuk statis sendiri merupakan suatu keadaan dalam diam, tidak bergerak, tidak berubah keadaannya, tidak aktif, tetap, tidak mau menyesuaikan hidup dengan perkembangan zaman. Pada umumnya manusia hidup tidak dalam keadaan statis dan akan selalu dinamis.

Sementara untuk kata dinamis memiliki pengertian berlawanan dari kata statis yaitu sesuatu hal yang aktif, terus berubah, tidak diam, berkembang dengan aktif, mampu mengikuti dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Kata dinamis sering kali digunakan dalam kehidupan masyarakat seperti yang paling sering ditemui yaitu, motor dinamis, mobil dinamis, dan masih banyak lagi. Dinamis lebih mengarah pada teknologi dan beberapa produk yang digunakan oleh manusia.

Secara etimologi, dinamis berasal dari kata yang berasal dari bahasa Prancis yaitu dynamique yang berarti tenaga atau kekuatan. Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata dinamis diartikan sebagai suatu keadaan yang penuh dengan semangat, kekuatan, dan tenaga sehingga dapat bergerak cepat dan dapat menyesuaikan diri dengan mudah pada situasi dan kondisi. Dengan begitu, suatu kehidupan pastinya bergerak dengan dinamis.

Oleh karena itu, dinamis memiliki pengertian dari berbagai sumber dengan bermacam-macam bidang yang dilakoni oleh masyarakat. Berikut pengertian lain dari dinamis yang sesuai dengan bidang dijalani.

 

Dinamis Dalam Sosiologi

Pengertian dari dinamis dalam sosiologi secara umum adalah pola hidup masyarakat yang selalu berubah dan terus berkembang. Dalam ilmu sosiologi sendiri yang menjabarkan hubungan antar makhluk sosial terdapat istilah yang sering muncul yaitu dinamika sosial. Dinamika sosial ini mengkaji seluruh perubahan yang terjadi di dalam komponen masyarakat terkait kehidupan bersosial. Menurut Selo Soemardjan dinamika sosial merupakan segala perubahan yang terjadi di dalam lembaga kemasyarakatan mampu mempengaruhi sistem sosial seperti, nilai-nilai sikap dan pola perilaku.

 

Dinamis Dalam Psikologi

Jika di dalam sosiologi dikenal dengan dinamika sosial maka, di psikologi dikenal dengan istilah pemikir dinamis. Pemikir dinamis yaitu kumpulan orang yang memiliki kepercayaan diri dan menjadi orang yang mandiri. Orang-orang seperti itu sangat menyukai akan sesuatu hal yang penuh dengan tantangan, tangguh dalam hidup, bertangung jawab, berjiwa pemimpin, mudah bergaul, serta mampu membangkitkan semangat setiap orang. Orang yang memiliki ketangguhan dan keteguhan dalam dirinya ini biasanya susah untuk dihasut dan keras kepala.

 

Dinamis Dalam Administrasi

Bidang adminstrasi mendominasi di setiap pekerjaan dan kehidupan manusia. Di dalam administrasi perkantoran dikenal dengan istilah dinamis aktif. Dinamis aktif adalah istilah mengenai kearsipan yang berisi arsip-arsip penting terkait dengan tugas dari pekerjaan sehari-hari. Arsip tersebut pastinya masih berada di instansi terkait yang nantinya akan dibutuhkan pada suatu keadaan karena terjadinya perubahan dan perkembangan di dalam perkantoran tersebut.

 

Dinamis Dalam Pendidikan Kewarganegaraan

Dalam bidang pendidikan kewarganegaraan, dinamis lebih merujuk pada keadaan suatu hal terkait peraturan dan perundang-undangan yang selalu berubah dan bergerak mengikuti perkembangan zaman.

Dengan mengetahui apa itu statis dan dinamis dalam kehidupan sehari-hari diharapkan masyarakat dapat membawa hidup lebih baik dan maju. Terutama manusia akan selalu berubah-ubah atau dinamis yang pastinya dibawa ke dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kehidupan masyarakat tidak akan lepas dari pengertian statis dan dinamis.

Demikian informasi mengenai Pengertian Statis dan Dinamis Untuk Kehidupan Masyarakat semoga bermanfaat untuk para pembaca.