Pengertian Pameran, Manfaat, Tujuan dan Jenis-jenisnya

pengertian pameran
pengertian pameran
image from maxpixel.net

Pengertian Pameran, Manfaat, Tujuan dan Jenis-jenisnya. Kegiatan pameran hampir selalu diselenggarakan di berbagai tempat di Indonesia. Mestinya sudah tidak perlu ditanya lagi sampai sejauh mana pemahaman seseorang tentang pameran hingga bentuk pameran itu sendiri. Setiap kali kegiatan pameran dilakukan, selalu ada euforia yang menyertainya. Pasalnya dalam setiap pameran selalu ada karya yang dipamerkan dan ditunjukkan untuk mengundang antusiasme khalayak ramai.

 

Pengertian Pameran

Pameran sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyajikan sebuah karya seni rupa. Karya seni ini disajikan untuk dikomunikasikan sehingga nantinya dapat dinikmati sekaligus diapresiasi oleh masyarakat secara luas. Namun pameran tidak hanya diartikan sebagai kegiatan untuk mempertontonkan karya seni rupa saja. Melainkan juga sebagai tempat bertemunya para pelaku usaha dalam memperkenalkan produk mereka.

Sebagai tempat bertemunya para pelaku usaha, pameran seringkali diartikan sebagai sebuah bentuk usaha yang mempertemukan produsen dan juga pembeli. Dengan kata lain, pameran dalam arti yang lebih luas juga diartikan sebagai kegiatan promosi. Kegiatan promosi ini dapat dilakukan siapa saja baik produsen itu sendiri, kelompok sosial, sebuah organisasi hingga perkumpulan tertentu. Pada akhirnya pameran itu sendiri sebagai ajang display produk.

Berdasarkan pengertian pameran di atas, dapat disimpulkan bahwa pameran tidak selalu berbentuk display karya seni saja. Namun pameran juga dapat berupa show, expo, fair, bazaar, exhibition hingga pasar murah. Bentuk display dapat berupa apa saja dari kendaraan seperti mobil, motor hingga barang-barang berteknologi canggih semisal ponsel dan laptop. Tujuannya menampilkan sebuah display produk kepada pembeli hingga relasi yang datang ke pameran.

 

Manfaat Pameran

Baik sebagai tempat untuk memamerkan karya seni hingga tempat bertemunya para pelaku usaha dalam rangka memperkenalkan produknya kepada pembeli, pameran memiliki banyak manfaat. Terutama untuk mereka yang datang berkunjung. Salah satu manfaat paling besar dari pameran membuka wawasan masyarakat terhadap karya seni dan juga produk-produk anak bangsa sehingga apresiatif terhadap hasil karya orang lain. Selain itu pameran juga memiliki manfaat lain seperti:

  • Membuka wawasan masyarakat menjadi lebih luas terhadap kualitas sebuah karya seni dan produk-produk lain sehingga dapat mengulas lebih obyektif.
  • Menjadi tempat bagi masyarakat untuk refreshing terutama dengan berbagai display karya seni hingga produk-produk lain yang terbaru.
  • Untuk panitia penyelenggara, pameran memberikan manfat melatih kekompakan dalam merencanakan, mewujudkan hingga menyelenggarakan suatu acara dengan baik.
  • Pameran juga menjadi ajang untuk memperkenalkan suatu karya seni hingga produk untuk dapat dinikmati hingga dibeli masyarakat.
  • Melatih kerja sama antar panitia penyelenggara dalam melaksanakan kegiatan yang sifatnya cukup besar dan membutuhkan kerja keras dalam menyukseskannya.

 

Tujuan Diadakannya Pameran

Penyelenggaraan pameran memiliki beberapa jenis tujuan. Salah satunya adalah tujuan sosial. Pameran baik yang diselenggarakan dalam skala besar ataupun kecil, dapat dilakukan dengan tujuan sosial. Baik itu charity hingga tujuan sosial lainnya. Beberapa pameran yang dilakukan untuk tujuan sosial dapat diwujudkan dengan cara menggunakan uang penjualan tiket masuk hingga produk yang terjual untuk disumbangkan. Selain itu pameran juga diselenggarakan dengan beberapa tujuan sebagai berikut:

  • Tujuan komersial. Pameran yang diselenggarakan untuk tujuan komersial tidak lain dilakukan dalam rangka mengejar angka penjualan. Bertujuan mendapatkan keuntungan terutama bagi pihak yang menyelenggarakan pameran hingga peserta dari pameran itu sendiri. Biasanya jenis pameran dengan tujuan komersial adalah pameran mobil, pameran motor hingga pameran barang-barang elektronik seperti komputer, laptop dan ponsel.
  • Tujuan kemanusiaan. Pameran yang diselenggarakan untuk tujuan kemanusiaan tidak berbeda jauh dengan tujuan sosial. Penyelenggaraannya dimaksudkan untuk memberikan pembinaan terhadap nilai-nilai dalam sebuah masyarakat, hingga pelestarian dari nilai itu sendiri terhadap karya seni. Biasanya semua keuntungan pameran akan disumbangkan untuk kepentingan kemanusiaan seperti korban bencana alam.
  • Tujuan utama dari pameran pada intinya adalah memperkenalkan sebuah karya seni hingga produk. Tentunya tujuan dari memperkenalkan tersebut tidak lain untuk mendapatkan ulasan atau apresiasi dari masyarakat yang banyak berkunjung. Dari sebuah ulasan hingga apresiasi ini dapat menjadi sebuah masukan yang baik bagi peserta pameran untuk menghadirkan karya seni hingga produk yang lebih baik juga dibutuhkan masyarakat.

 

Jenis-Jenis Pameran

Ada banyak jenis pameran yang seringkali diselenggarakan pada waktu-waktu khusus dan tetap. Selain waktu penyelenggaraannya yang membedakan, pameran juga dibedakan atas skala besar dan kecil. Belum lagi dengan jenis karya atau produk yang dipamerkan, pameran juga dapat digolongkan ke dalam beberapa bagian. Namun berdasarkan waktu penyelenggaraannya, pameran dibedakan menjadi:

  • Pameran tetap berarti diselenggarakan secara tetap, periodik. Minimal waktu penyelenggaraannya adalah satu tahun sekali. Dapat berupa pameran dengan karya-karya seni dari sebuah galeri nasional. Dapat juga berupa pameran dengan produk-produk mobil yang diselenggarakan satu tahun sekali.
  • Pameran temporer biasanya diselenggarakan dalam beberapa waktu tertentu. Namun waktu penyelenggaraannya tidaklah tetap satu tahun sekali atau dua tahun sekali. Biasanya diselenggarakan sesuka hati sesuai dengan momen. Durasi dari pameran temporer ini berlangsung dari 10 hari maksimal diselenggarakan selama 30 hari.
  • Pameran keliling ini biasanya menyajikan karya-karya seni rupa dan karya atau produk lain yang berasal dari berbagai daerah. Tidak hanya berasal dari lokal Indonesia saja namun juga dapat berasal dari luar negeri. Penyelenggaranya dapat sebuah galeri nasional yang sama hingga bekerja sama dengan galeri lain. Biasanya waktu penyelenggaraannya minimal selama 10 hari.

Demikian tadi ulasan mengenai pengertian pameran serta beberapa jenisnya yang munkin belum anda ketahui.