Pengertian modernisasi menurut para ahli serta contoh dan dampaknya

Pengertian modernisasi
Pengertian modernisasi

Pengertian modernisasi menurut para ahli serta contoh, tujuan dan dampaknya bagi masyarakat Indonesia.

Hampir semua dari kita pasti mengenal istilah modernisasi. Tapi tidak banyak orang yang mengetahui apa itu modernisasi serta dampaknya bagi kehidupan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih lengkap dan mendalam mengenai pengertian modernisasi serta ciri-ciri dan dampaknya bagi kehidupan. 

Pengertian modernisasi

Menurut istilah pengertian modernisasi adalah  sebuah proses atau perubahan masyarakat dari yang tadinya tradisional menjadi lebih modern atau maju.

Pada dasarnya modernisasi terjadi lantaran kebutuhan manusia yang semakin banyak sehingga menuntut masyarakat untuk berubah dari kehidupan atau pola pikir yang masih tradisional menuju ke arah yang lebih modern. Salah satu titik paling penting dari modernisasi adalah ditemukannya teknologi yang membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat juga menjadi faktor yang cukup penting dalam arus modernisasi. Diantara salah satu tujuan paling penting dari modernisasi adalah untuk meningkatkan taraf hidup manusia atau masyarakat secara umum menuju ke arah yang lebih baik dengan mengandalkan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Pengertian modernisasi menurut para ahli

Setelah Anda mengetahui mengenai definisi modernisasi di atas agar lebih jelas berikut kutipan beberapa ahli yang mencoba mendefinisikan arti dari modernisasi:

Modernisasi menurut Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto mendefinisikan modernisasi sebagai sebuah bentuk perubahan sosial masyarakat yang direncanakan secara khusus atau yang sering dinamakan dengan social planning.

Modernisasi menurut Widjojo nitisastro

Widjojo nitisastro mengatakan bahwa modernisasi merupakan sebuah perubahan total masyarakat dari era tradisional atau pra modern dalam hal teknologi atau organisasi sosial menuju ke arah yang lebih maju atau modern.

Modernisasi menurut Wilbert E Moore

Sedangkan Wilbert E Moore mendefinisikan bahwa modernisasi merupakan sebuah transformasi atau perubahan total yang terjadi pada masyarakat tradisional menuju ke arah pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan ekonomi suatu negara.

Modernisasi menurut Koentjaraningrat

Menurut Koetjaraningrat modernisasi adalah sebuah usaha dari masyarakat untuk menyesuaikan diri dari perkembangan zaman dan keadaan dunia saat ini. 

Contoh modernisasi di berbagai bidang

Contoh modernisasi

Perkembangan modernisasi yang berada di tengah-tengah masyarakat tentu memiliki ciri-ciri atau aspek yang tidak bisa dipisahkan beberapa di antaranya adalah:

Aspek sosial

Salah satu aspek yang paling penting dalam terjadinya modernisasi di suatu negara atau masyarakat adalah adanya perubahan sosial. Perubahan sosial ini akan membuat adanya kelompok sosial baru di mana mereka memiliki kepentingan bersama. 

Kelompok sosial ini pada dasarnya merupakan sebuah kelas sosial baru. Dimana Dengan adanya perubahan dari masyarakat tradisional menuju ke era modern ada banyak kelompok sosial yang tentunya akan berubah.

Misalnya saja kelompok para petani atau pengrajin tradisional akan mulai berkurang perannya dalam kehidupan modern. Akan tetapi sebaliknya kelompok masyarakat yang berkembang di sektor industri khususnya di bidang teknologi akan semakin banyak mengambil peran penting.

Selain itu, kelompok sosial masyarakat yang terdidik yang memiliki skill dan pengetahuan yang mumpuni secara umum akan mengambil peran penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini pada akhirnya tentu akan membawa perubahan sosial tersendiri bagi masyarakat secara umum.

Aspek ekonomi

Salah satu sektor yang juga paling merasakan dampak dari era modernisasi adalah di bidang ekonomi. Hal ini dikarenakan salah satu pengertian modernisasi adalah sebuah perubahan yang dilakukan masyarakat dari era tradisional menuju ke era modern untuk memperbaiki ekonomi.

Dari sini tentu akan sangat jelas sekali bahwa perubahan masyarakat akan selalu mengarah pada perubahan ekonomi. Dengan terjadinya modernisasi maka tentunya akan ada banyak bermunculan industri baru yang arahnya menuju pada pengembangan teknologi.

Industri ini akan berkembang secara pesat sejalan dengan arus modernisasi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Perkembangan industri ini tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Sehingga arus modernisasi yang sehat seharusnya bisa meningkatkan ekonomi suatu negara dengan perkembangan industri baru tersebut.

Aspek budaya

Terjadinya modernisasi juga bisa dilihat dari aspek budaya di mana dengan munculnya sebuah masyarakat yang lebih modern maka mereka akan lebih terbuka dengan hal-hal yang baru. Jadi masyarakat bukan hanya percaya pada sesuatu yang sifatnya mistis atau tahayul, mereka akan lebih berpikir realistis serta didasari dengan ilmu pengetahuan yang bisa diterima oleh akal ataupun nurani tanpa harus menghilangkan nilai-nilai agama.

Jadi arus modernisasi yang baik harus tetap berpegang pada agama serta norma-norma yang berlaku di masyarakat agar modernisasi tidak membawa dampak yang buruk bagi kehidupan masyarakat. Karena kemajuan di bidang teknologi tidak akan pernah membawa kebaikan sedikitpun pada suatu masyarakat jika agama hilang dari tengah-tengah mereka.

Syarat terjadinya modernisasi

Salah satu tujuan paling penting dari modernisasi adalah meningkatkan taraf hidup manusia secara umum, bukan semata-mata pada seberapa banyak penemuan yang bisa diciptakan oleh manusia. Untuk mencapai sebuah modernisasi tersebut tentu ada beberapa syarat yang perlu dipahami diantaranya seperti:

Memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi

Sebuah masyarakat yang telah beranjak dari era tradisional menuju ke arah yang lebih modern tentu harus memiliki sifat disiplin yang tinggi. Hal ini sangat penting sekali karena modernisasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kedisiplinan.

Mungkin anda sudah tidak asing lagi kenapa Jepang dikenal sebagai negara maju. Salah satu yang membuat Jepang menjadi negara yang modern dan maju adalah tingkat kedisiplinan masyarakat nya yang tinggi sehingga membuat negara secara umum lebih mudah dalam mengatur masyarakat.

Cara berpikir masyarakat yang ilmiah dan rasional

Salah satu syarat terjadinya modernisasi adalah masyarakat harus bisa berpikir secara rasional dan ilmiah. Hal ini juga mencakup kemampuan mereka dalam memahami sesuatu itu baik atau buruk. 

Jadi dengan demikian masyarakat akan lebih kritis dan juga tidak mudah termakan oleh berita bohong atau hoax yang bisa menciptakan kegaduhan di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, dengan cara berpikir yang rasional dan ilmiah masyarakat modern biasanya juga akan lebih dewasa dalam menyikapi sesuatu sehingga mereka tidak tergesa gesa dalam mengambil sebuah tindakan.

Sistem peraturan yang jelas dan mengikat

Salah satu syarat terpenting dalam menciptakan masyarakat yang lebih modern adalah dengan adanya peraturan yang jelas dan sifatnya mengikat. Sebuah modernisasi tidak akan pernah tercapai jika masyarakat masih menggunakan aturan tersendiri yang mereka buat tanpa adanya persetujuan oleh pemerintah atau pengambil kebijakan.

Dengan aturan yang jelas dan mengikat pada semua elemen masyarakat maka terciptalah sebuah iklim yang kondusif di tengah masyarakat. Kondisi ini pada gilirannya akan menciptakan perdamaian serta kenyamanan hidup masyarakat yang merupakan salah satu syarat paling penting dari modernisasi.

Meningkatnya taraf hidup masyarakat

Modernisasi tidak akan pernah tercapai jika sebuah masyarakat tidak merasakan kesejahteraan serta peningkatan taraf hidup mereka. Sehingga penciptaan sebuah teknologi harus sejalan juga dengan peningkatan taraf hidup masyarakat. Oleh sebab itu modernisasi jangan hanya dimaknai sebagai sebuah perkembangan teknologi yang baru dan canggih.

Dampak modernisasi

Karena modernisasi telah mempengaruhi banyak sektor seperti ekonomi, sosial, dan budaya tentu akan memberikan dampak tersendiri. Dampak tersebut tidak selamanya positif akan tetapi ada juga yang berdampak negatif. Lantas Apa saja dampak negatif dan positif dari modernisasi tersebut?. Berikut daftar dampak positif dan negatif modernisasi:

Dampak positif modernisasi

Kemajuan di bidang teknologi

Salah satu dampak positif di era modernisasi adalah kemajuan di bidang teknologi. Perkembangan teknologi ini diharapkan telah membawa kemudahan bagi masyarakat. Dengan adanya teknologi maka beban pekerjaan yang berat atau sulit dilakukan manusia bisa digantikan oleh mesin.

Meningkatkan laju ekonomi

Era modernisasi telah memberikan dampak yang sangat signifikan pada sektor ekonomi. Dengan modernisasi maka akan ada banyak industri yang memanfaatkan teknologi sehingga membuat produksi barang menjadi lebih cepat. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan industri di sebuah negara.

Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan di era modernisasi dapat membawa dampak yang positif terutama dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang bagus serta pelayanan kesehatan yang mencukupi menjadi salah satu target utama dari era modernisasi.

Keduanya merupakan salah satu faktor paling penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.

Kemajuan di bidang transportasi

Kemajuan di bidang transportasi yang saat ini kita rasakan merupakan hasil dari modernisasi terutama di bidang teknologi. Dengan perkembangan teknologi transportasi bukan hanya lebih cepat tetapi juga nyaman dan aman. 

Meningkatkan keamanan

Memberikan keamanan kepada masyarakat merupakan sesuatu hal yang sangat penting sekali terutama di era modernisasi. Era modernisasi di mana pemanfaatan teknologi dan juga sumber daya manusia yang bagus diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Dampak negatif modernisasi

dampak negatif modernisasi
dampak negatif modernisasi

Masyarakat menjadi lebih individualis

Salah satu dampak yang terjadi akibat modernisasi adalah masyarakat menjadi lebih individualis. Sikap ini biasanya banyak ditemui terutama di kota-kota besar di mana kehidupan mereka sangat keras sehingga membuat masyarakat relatif lebih protektif dan terkesan cuek.

Mulai menipis nya identitas bangsa

Salah satu kelompok masyarakat yang paling terkena dampak negatif modernisasi adalah para pemuda. Mereka biasanya sangat cepat dalam mengikuti arus modernisasi sehingga budaya luar lebih mudah mereka terima.

Sayangnya tidak semua budaya tersebut baik, karena ada banyak sekali budaya yang tidak sesuai dengan identitas bangsa kita yang santun serta berbudi pekerti tinggi. 

Terjadi kesenjangan sosial

Arus modernisasi yang tidak terkontrol terkadang dapat menyebabkan kesenjangan sosial bagi masyarakat. Sekelompok masyarakat yang mampu menguasai teknologi dan memanfaatkan laju modernisasi dengan baik dapat menguasai dan berperan penting dalam masyarakat.

Sedangkan mereka yang masih memegang budaya tradisional akan tergerus dengan perkembangan zaman. Akhirnya kesenjangan sosial pun tidak bisa dihindari. Terlebih lagi pemanfaatan teknologi untuk menggantikan manusia sedikit banyak telah merenggut lapangan pekerjaan sehingga membuat angka pengangguran menjadi semakin tinggi.

Faktor pendorong laju modernisasi

Laju modernisasi sangat ditentukan oleh beberapa hal berikut ini diantaranya adalah:

Adanya interaksi dengan budaya lain

Salah satu faktor pendorong terjadinya modernisasi adalah adanya kontak dengan budaya lain. Beberapa negara yang memiliki kebudayaan modern biasanya akan mempengaruhi negara lain yang sering berhubungan dengan negara tersebut.

Sistem pendidikan

Sistem pendidikan merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam meningkatkan laju modernisasi. Masyarakat yang memiliki strata pendidikan yang lebih tinggi akan memungkinkan modernisasi berjalan lebih cepat. 

Keterbukaan masyarakat

Masyarakat yang terbuka dengan masuknya budaya dari luar akan memungkinkan mereka lebih mudah dalam menuju arus modernisasi. Sebaliknya masyarakat tradisional biasanya akan lebih lambat dalam menerima arus modernisasi karena mereka masih berpegang teguh pada budaya yang ada di masyarakat.

Faktor penghambat modernisasi

Sedangkan faktor yang menghambat laju modernisasi di suatu masyarakat diantaranya adalah:

Menganggap budaya asing buruk

Jika suatu masyarakat telah menganggap jika budaya asing itu selalu buruk maka biasanya mereka akan lebih sulit untuk mengikuti arus modernisasi. Selain itu, biasanya masyarakat seperti ini sangat kuat dalam memegang kultur budaya sehingga membuatnya sangat takut jika budaya lain masuk dan menghilangkan budaya yang sudah ada.

Kurangnya hubungan dengan masyarakat luar

Salah satu faktor yang juga menjadi penghambat laju modernisasi adalah jarangnya masyarakat berinteraksi dengan budaya luar. Karena mereka hanya tahu budaya yang ada di lingkungan saja maka mereka akan sedikit sulit untuk beradaptasi dengan budaya baru.

Selain itu, interaksi dengan masyarakat luar akan memberikan mereka tambahan pengetahuan yang tentu akan berperan penting dalam meningkatkan laju modernisasi.

Pola pikir yang masih tradisional

Pola pikir masyarakat yang masih tradisional tentu akan menghambat modernisasi. Masyarakat yang sulit mengikuti perkembangan zaman di era modernisasi biasanya mereka memiliki pola pikir yang masih tradisional. Mereka sudah merasa cukup dan nyaman dengan apa yang mereka miliki sehingga membuatnya sulit berkembang.

Demikian tadi informasi mengenai pengertian modernisasi, ciri serta dampaknya yang perlu kamu tahu.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →