Pengertian Kangkung

Posted on

Halo teman-teman, hari ini saya ingin berbagi resep masakan yang simple namun nikmat sekali rasanya. Kita akan membahas tentang Kangkung, sayuran hijau yang terdapat di sebagian besar pasar tradisional di Indonesia. Kangkung memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, di antaranya membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, sangat mudah untuk mengolah kangkung menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Ayo kita lihat resepnya!

Cah Kangkung

Cah Kangkung

Cah kangkung adalah masakan populer di Indonesia yang mudah sekali dibuat. Untuk membuat masakan ini, pertama-tama kita harus mencuci kangkung hingga bersih. Selanjutnya, rebus kangkung selama beberapa menit hingga matang. Jangan direbus terlalu lama, karena kangkung akan mudah sekali layu. Setelah itu, tiriskan kangkung dan sisihkan.

Selanjutnya, kita siapkan bahan-bahan lainnya seperti bawang putih, cabai merah, dan garam secukupnya. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum. Setelah itu, masukkan kangkung yang telah direbus sebelumnya dan aduk merata. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera. Terakhir, angkat dan sajikan cah kangkung dalam mangkuk atau piring saji yang telah disiapkan. Cah kangkung siap dinikmati!

Gado-Gado Kangkung

Gado-gado Kangkung

Selain digunakan sebagai bahan masakan sendiri, kangkung juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan gado-gado. Gado-gado kangkung adalah salah satu varian gado-gado yang cukup populer di Indonesia. Untuk membuat gado-gado kangkung ini, kita memerlukan bahan-bahan seperti kangkung, tahu, tempe, kentang, telur, dan saus kacang.

Pertama-tama, rebus kangkung hingga matang dan tiriskan. Selanjutnya, kukus tahu, tempe, dan kentang hingga matang. Sementara itu, rebus telur hingga matang dan kupas kulitnya. Setelah itu, siapkan saus kacang dengan mencampurkan kacang tanah yang telah dihaluskan dengan bahan-bahan lainnya seperti gula merah, bawang putih, dan air. Aduk hingga merata.

Baca juga  Lahan Bawang Merah

Setelah semua bahan matang, susun kangkung, tahu, tempe, kentang, dan telur dalam satu wadah. Siram dengan saus kacang hingga merata. Tambahkan kerupuk sebagai pelengkap dan sajikan gado-gado kangkung dalam piring saji. Gado-gado kangkung siap dinikmati sebagai hidangan sehari-hari atau pada acara-acara khusus.

Orek Kangkung

Orek Kangkung

Untuk membuat menu selanjutnya, Orek kangkung, kita memerlukan bahan-bahan seperti kangkung, bawang putih, cabai merah, kecap manis, dan garam secukupnya. Pertama-tama, rebus kangkung selama beberapa menit hingga matang. Tiriskan kangkung dan sisihkan.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah, kangkung yang telah direbus, serta kecap manis dan garam secukupnya. Aduk hingga merata. Tunggu beberapa menit hingga orek kangkung matang dan sajikan dalam piring saji yang telah disiapkan. Orek kangkung siap dinikmati!

Itulah tiga resep masakan kangkung yang simple namun nikmat sekali rasanya. Selain enak, kangkung juga kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat masakan kangkung di rumah ya! Selamat mencoba, teman-teman!

Baca artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *